7 Istilah Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui

Mau mengajukan kartu kredit? Beberapa istilah di bawah ini tentu perlu diketahui.

Harus diketahui, kartu kredit memang memiliki kemudahan dalam aktivitas pembayaran, terutama pembayaran internasional. Baik itu untuk beli buku, beli peralatan sepeda, atau kirim valuta asing. Sebagai pengguna awam, agar Anda tidak kaget dalam penggunaan kartu kredit, berikut adalah daftar biaya-biaya kartu kredit yang mungkin dapat dijumpai di sebagian besar bank di Indonesia.

Biaya Tahunan

Biaya tahunan (annual fee) adalah biaya yang dikeluarkan agar Anda bisa menggunakan kartu Anda. Biaya ini ada yang ditagihkan langsung pada tagihan pertama Anda ketika menggunakan kartu kredit. Tapi, ada juga yang ditagihkan ketika Anda sudah menggunakan kartu itu selama 1 (satu) tahun. Untuk diketahui, biaya ini bergantung dari level kartu, misalnya Classic, Gold, dan Platinum. Beberapa bank ada yang mengenakan biaya tahunan untuk kartu kredit tambahan.

Biaya Materai

Biaya ini biasanya dibebankan pada batas tertentu pemakaian kartu kredit Anda. Berdasarkan regulasi PP No 24 Tahun 2000 tentang Perubahan Bea Materai dan Besarnyba Pengenaan Harga Nominal, biaya yang dikenakan untuk materai hanya berlaku untuk nominal di atas 250.000. Biaya materai untuk pembayaran nominal antara Rp 250.000 – Rp 1 juta adalah Rp 3 ribu. Sementara itu untuk pembayaran di atas Rp 1 juta akan dibebankan biaya materai Rp 6 ribu.

Denda Keterlambatan Pembayaran

Biaya ini dibebankan kepada pemegang kartu kredit apabila terlambat melakukan pembayaran sesuai batas waktu yang sudah ditetapkan. Pada umumnya, biaya ini memiliki jumlah 3% dari total tagihan. Namun, beberapa penerbit kartu ada yang menetapkan batas maksimum.

Biaya Kelebihan Pemakaian

Biaya ini dibebankan apabila pemakaian kartu kredit yang dimiliki melebihi batas limit yang sudah diberikan. Biasanya biaya overlimit ini dikenakan 5% dari overlimit kartu. Tapi, beberapa penerbit kartu (bank) menetapkan batas maksimum dan minimum yang berbeda sesuai dengan level kartu.

Biaya Tarik Tunai

Seperti yang diketahui, kartu kredit bisa digunakan seperti kartu debit. Untuk itu, kartu kredit bisa digunakan untuk melakukan tarik tunai di ATM yang bekerja sama dengan jaringan kartu kredit yang Anda miliki.

Biaya Konversi Mata Uang Asing

Biaya ini biasanya dikenal sebagai biaya transaksi asing atau biaya konversi mata uang. Biaya ini dikenakan setiap kali Anda melakukan pembelian yang dilakukan di luar negeri atau ketika melakukan belanja online dari situs asing. Saat ini, ada banyak penerbit kartu kredit yang memberikan promo untuk biaya ini. Saran praktis, periksa promo yang ditawarkan masing-masing kartu kredit tersebut dan gunakan kartu kredit dengan benefit yang ditawarkan. Untuk diketahui, beberapa kartu kredit menawarkan nilai tukar mata uang lebih baik daripada tempat pertukaran mata uang.

Biaya Salinan Tagihan

Biaya ini biasanya dibebankan ketika Anda ingin mendapatkan (meminta) lembar tagihan kartu kredit. Permintaan tagihan pada kartu tambahan juga memiliki biaya ini. Besarannya? Nominalnya berbeda-beda untuk tiap penerbit kartu. Kisaran biayanya antara Rp 5.000 – Rp 30.000 untuk permintaan tagihan bulanan. Untuk ringkasan tagihan tahunan, biayanya lebih besar. Tapi jangan salah, ada banyak bank yang menerbitkan kartu kredit menetapkan biaya gratis apabila Anda menggunakan fasilitas e-billing/e-statement, layanan pemberian tagihan yang dikirim melalui surat elektronik (email), dan itu diberikan gratis (tanpa biaya).

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama