6 Trik Mencari Kartu Kredit Pertama

Ibarat mencari cinta pertama, memilih kartu kredit perdana juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab Anda harus menyesuaikan kebutuhan Anda dengan preferensi yang dimiliki dari produk tersebut.

Kartu kredit, sebuah instrumen pembayaran non tunai yang terdengar seperti barang berkelas. Banyak orang, khususnya wanita ingin memilikinya untuk kemudahan bertransaksi.

Tidak hanya itu, hampir tiap bank yang menawarkan produk keuangan ini sebagai layanannya pasti akan menyertai berbagai macam promosi atau promo yang menggiurkan. Misalkan saja diskon bila kita berbelanja pakaian atau makan di restoran tertentu, asyik bukan?

Nah, berbagai keunggulan itu yang sering membuat orang bingung untuk memilih kartu kredit bank mana yang ingin dimilikinya, apalagi untuk mereka yang baru pertama kali ingin memilikinya.

Maklum saja, hampir tiap bank selalu menawarkan penawaran berbeda pada salah satu produknya itu. Memang, menggunakan layanan keuangan ini merupakan langkah finansial yang cukup besar, mengingat Anda akan harus pintar-pintar menggunakannya kalau tidak mau terlilit utang.

Berbagai Macam Kartu Kredit

Ya utang, seperti yang sudah diketahui, bila bertransaksi menggunakan alat ini, maka Anda akan langsung berutang kepada pihak bank.

Nah, untuk itu, bagi yang baru pertama kali ingin menggunakan produk ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk bisa menggunakan instrumen pembayaran tersebut secara maksimal. Berikut ulasannya.

1. Ketahui dasar-dasar dan prosedur pemakaiannya

Sebelum mengajukan penggunaannya ke bank, Anda sebaiknya harus mengetahui berbagai dasar-dasar kerja, prosedur pemakaian, keunggulan, dan kerugian yang dimilikinya. Dengan begitu,kesempatan untuk bisa memaksimalkan penggunaan kartu kredit semakin besar.

Untuk bisa mengetahui hal tersebut, Anda bisa mencari tahu dengan membaca panduan penggunaannya dan browsing di internet.

2. Buat tujuan yang jelas

Karena produk keuangan ini memiliki keunggulan berbeda-beda, buatlah tujuan mengapa ingin membuatnya.

sebagai contoh, bila Anda adalah seorang shopaholic, sebaiknya cari yang memberikan promo diskon atau cashback di berbagai merchant perbelanjaan. Namun bila suka travel, cobalah cari yang banyak menawarkan potongan harga menginap di hotel atau tiket pesawat.

3. Batasi jumlah maksimal penggunaannya

Setiap kartu kredit pasti selalu memiliki jumlah maksimal penggunaan (plafon) yang bisa ditagihkan kepada pemiliknya.

Namun, biasanya pihak bank tidak akan memberikan plafon bernilai tinggi kepada orang yang baru pertama kali menggunakannya karena performa pelunasan utangnya masih belum terbukti.

Dengan plafon yang belum terlalu tinggi, Anda tidak akan memiliki beban transaksi yang bisa menyulitkan ke depannya.

4. Cari yang bersuku bunga rendah

Nah ini dia yang sering dilakukan orang, carilah penawaran dengan bunga terendah agar tidak menyulitkan pelunasan tagihan utang bulanan Anda.

Perhatikan Bunga Tagihan Kartu Kredit

Bila ada bank yang menawarkan produk ini dengan bekerjasama dengan berbagai merchant untuk memberi cicilan 0 persen, cobalah untuk menggunakannya. Namun, teliti sebelum memakai ya, jangan sampai tertipu rayuan para marketing yang hanya membicarakan keunggulan produk bank mereka saja, tanpa memberi tahu ancaman kerugian yang akan kita terima.

5. Temukan yang bebas iuran tahunan

Bila ada bank yang menggratiskan pembayaran biaya tahunan untuk kepemilikan kartu kredit di tahun pertama, ambilah. Karena hal ini akan membuat jumlah tagihan utang Anda menjadi lebih ringan.

Namun, cobalah cari tahu apakah bank akan mengenakan penalti jika produk mereka itu tidak digunakan atau malah sebaliknya.

Tidak hanya gratis biaya tahun pertama, cobalah cari penawaran serupa lain bila Anda sering menggunakan alat ini hingga batas plafon di tahun berikutnya.

6. Banyak promo = lebih baik

Carilah bank yang sudah melakukan banyak kerjasama dengan merchant tertentu untuk memberikan promo, diskon, cashback, dan point reward bila rajin berbelanja memakai alat transaksi tersebut.

Meski nantinya jarang dipakai, namun produk yang menawarkan berbagai layanan tersebut akan sangat berguna bila Anda ingin berhemat.

Sebagai saran lain, jangan tergoda untuk memakai fitur cicilan dan minimum payment yah. Kalau ingin memakainya, tanyalah teknis pembayarannya seperti apa. Sebab sudah banyak orang yang bermasalah di kemudian hari karena utang yang semakin menggunung.

Karena itu, pilihlah kartu kredit yang sesuai dengan tujuan kebutuhan Anda ya.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama