5 Tips Pilih Kartu Kredit Untuk Bisnis UKM

Bagi pengusaha UKM, kartu kredit harus bisa menunjang aktivitas bisnis. Ketahui lima langkah dalam memilih kartu kredit dengan fitur yang menguntungkan di sini!

Bukan tanpa alasan, pihak bank membuat beberapa produk kartu kredit yang berbeda-beda. Masing-masing individu punya kebutuhan yang beda, dilihat dariprofesi serta pendapatan yang jugatak sama.

Misalnya, fitur kartu kredit yang berguna untuk pengusaha UKM pasti berbeda dengan yang dibutuhkanpekerja kantoran. Sebab, adabeberapa fitur kartu yang memang ditujukan khusus untuk para pelaku bisnis UKM.

Fungsi Kartu Kredit Bagi UKM

Banyak pengusaha UKM pemula yang tidak memiliki kartu kredit. Alasan utamanya adalah tak ingin menambah beban biaya bulanan yang akan dikeluarkan.

Padahal, jika dipelajari dengan seksama, memiliki kartu kredit bisa mendatangkan banyak manfaat seperti:

1. Lebih Mudah Pinjam Tanpa Agunan

Masih belum banyak pengusaha UKM yang memanfaatkan produkKTA (Kredit Tanpa Agunan). Kebanyakan, lebih akrab dengan Kredit Multiguna yang menggunakan jaminan berupa aset berharga.

Sama seperti Kredit Multiguna, dana KTA juga bisa bantu menambah modal usaha untuk mengembangkan bisnis yang telah berjalan. Namun, KTA tidak seperti kredit multiguna.

Model pinjaman tanpa agunan ini tak mengharuskan Anda untuk memberikan jaminan. Syarat utamanya, Anda hanya perlu memiliki kartu kredit.

Saat mengajukan KTA, pihak bank akan melihat terlebih dahulu riwayat transaksi kartu kredit Anda selama satu tahun terakhir. Jika Anda sering menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan bisnis, pastinya hal tersebut bisa menjadi nilai plus untuk memperlancar persetujuan KTA Anda.

Baca juga: 5 Langkah Gunakan Marketplace Untuk UKM

2. Proses Transaksi Cepat dan Efisien

Bagi seorang pengusaha, ada banyak hal yang harus dikerjakan. Sebagaipemilik bisnis UKM, Anda perlu lebih cermat dalam mengelolafinansial. Hal ini penting, agar dana perusahaan tidak tercampur dengan keuangan pribadi.

Bisnis yang baru berjalan dapat beroperasi dan Anda pun bisa memantau sejauh mana perkembangan bisnis tersebut.

Dengan memiliki kartu kredit, Anda bisa memisahkan dan mengelompokkan pembayaran tagihan untuk bisnis dan yang digunakan secara pribadi. Selain itu, tidak perlu lagi khawatir melewati waktu jatuh tempo karena akan terbayar secara otomatis.

Tips Pilih Kartu Kredit Untuk Pengusaha UKM

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat hendak memilih kartu kredit agar bisa mendukung aktivitas berbisnis Anda, yaitu:

1. Limit Kredit Tinggi

Limit kartu kredit jadi hal yang harus diperhatikan pertama kali. Kartu kredit dengan limit yang tinggi bisa sangat berguna bagi jika sewaktu-waktu Anda kekurangan modal, atau membutuhkan dana cadangan yang mendeksa.

Sebab, selain bisa digunakan untuk transaksi pembayaran, limit tersebut juga bisa Anda cairkan jadi dana tunai.

2. Fitur Andalan yang Menguntungkan

Kartu kredit memang sengaja didesign dengan fitur-fitur yang berbeda. Dari fitur cashback yang bisa Anda pergunakan untuk mendapatkan promo menarik di tempat-tempat tertentu, hingga point rewards yang bisa dikumpulkan dan ditukar dengan tiket pesawat untuk perjalanan bisnis.

Baca juga: Fitur Andalan Pinjaman Tunai Kartu Kredit

Cicilan 0% pun bikin tidak khawatir tagihan akan membengkak setiap bulan. Ketiga jenis layanan fitur ini harus Anda miliki dalam kartu kredit pilihan Anda nanti.

3. Tarik Tunai yang Efisien

Limit kartu sudah tinggi, tapi akan jadi percuma jika batasan tarik tunainya kecil.Biasanya bank memberikan persentase tarik tunai mulai dari 20% hingga 50% dari total limit kartu kredit Anda.

Dalam situasi kebutuhan dana yang mendesak dan tidak ada saldo dalam tabungan, tarik tunai kartu kreditdi ATM yang tak perlu menunggu approval tentu akan sangat memudahkan Anda dalam mendapatkan modal tambahan.

Selain batasan tarik tunai, Anda juga perlu memperhatikan bunga yang diberikan. Standard yang diberikan adalah 2.25% - 3%, malah kartu kredit Bukopin menawarkan suku bunga lebih rendah cuma 2% untuk penarikan tunai di ATM dengan tambahan bonus 5% cashback.

4. Sesuaikan dengan Jenis Usaha

Memilih kartu kredit yang tepat untuk pengusaha UKM haruslah menyesuaikan dengan jenis usaha yang dijalankan. Sebelum mengajukannya, Anda harus survei terlebih dahulu ke beberapa tempat mitra bisnis Anda.

Baca juga: CPNS Banyak Saingan, Bisnis Franchise Jadi Rencana Cadangan

Misalkan saja, Anda seorang pengusaha kue dan Anda sering membeli bahan-bahan di Toko A, maka perhatikan apakah tempat tersebut menerima pembayaran dengan kartu kredit tertentu.

Dengan begitu, kartu kredit yang Anda pilih tidak akan sia-sia karena bisa bermanfaat untuk transaksi pembayaran bisnis Anda seperti mendapatkan point rewards, potongan diskon promo, dan lain sebagainya.

5. Kenali Persyaratan yang Diajukan

Saat mengajukan kartu kredit kepada bank, memberikan slip gaji sebagai persyaratan memang mudah dilakukan bagi karyawan, tapi bagaimana untuk pebisnis UKM?

Para pengusaha yang tidak memiliki slip gaji ini bisa menyertakan riwayat tabungan aktif dengan aliran dana yang sehat. Maksud dari aliran dana sehat adalah rekening bank yang Anda gunakan haruslah memiliki perputaran dana setiap bulannya.

Lebih bagus lagi jika rekening tersebut adalah rekening utama di mana semua dana bisnis Anda berputar sebelum akhirnya dialihkan untuk post-post operasional usaha. Selain rekening aktif, adanya jaminan pada bank juga bisa mempengaruhi persetujuan kartu kredit Anda. Jaminan ini bisa berbentuk deposito.

Baca juga: Pahami 5 Alasan Bank Tolak Pengajuan Pinjaman

Dalam menentukan kartu kredit yang tepat memang diperlukan kejelian agar Anda bisa merasakan manfaat yang maksimal. Semoga penjelasan di atas bisa mempermudah Anda dalam memilih kartu kredit yang tepat untuk Anda para pengusaha UKM.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama