5 Hal Penting Sebelum Menggunakan Kartu Kredit Tambahan

Catatan kredit Anda baik dan bank menawarkan sebuah kartu tambahan, apakah Anda akan menerimanya? Sebelum itu cek dulu 5 hal berikut ini.

 kartu kredit tambahan

Kartu kredit sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat kota metropolitan. Dari tahun ke tahun pertumbuhan pengguna kartu kredit terus meningkat. Per awal September 2015, jumlah kartu kredit yang beredar mencapai 2,68 juta kartu.

Angka pertumbuhan kartu kredit ini, mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan realisasi pertumbuhan kartu kredit tahun 2014 yang hanya sebesar 4%. Fakta ini menandakan semakin bertambahnya pengguna kartu kredit dari tahun ke tahun.

Peningkatan angka tersebut disebabkan dengan pengajuan kartu kredit yang semakin mudah. Anda dapat dengan mudah menemukan marketing atau sales kartu kredit di pusat-pusat perbelanjaan hingga ke perkantoran. 

Mereka menawarkan langsung pengajuan kartu kredit dengan berbagai promosi. Untuk menambah pengguna, penerbit kartu kredit dengan gencar memberikan berbagai macam penawaran yang menggiurkan. 

Salah satunya adalah dengan menawarkan kartu kredit tambahan untuk para pemegang kartu kredit. Terlebih lagi jika Anda memiliki riwayat peminjaman yang baik penawaran kartu kredit tambahan dari bank yang sama ataupun berbeda akan datang, baik untuk suami, istri, atau anggota keluarga lainnya. 

Jika Anda mendapatkan penawaran untuk menambah kartu jangan langsung termakan oleh promosi dan mengajukan langsung untuk semua anggota keluarga, tetapi perhatikan dulu 5 hal dibawah ini

Biaya Tahunan

gratis biaya tahunan untuk kartu tambahan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah biaya tahunan. Sebelum Anda menerima penawaran kartu kredit tambahan coba hitung dan pertimbangkan biaya administrasi tahunan yang perlu dibayar setiap tahun.

Masing-masing bank penerbit kartu memiliki biaya tahunan yang berbeda-beda ada yang tinggi, rendah bahkan gratis biaya tahunan untuk kartu tambahan. Contohnya adalah kartu kredit Standard Chartered Visa Black Platinum.

Anda harus cermati kembali apakah biaya tahunan tersebut sesuai dengan manfaat yang diberikan? Contohnya seperti memberikan fasilitas airport lounge, fasilitas cicilan 0%, dan lain sebagainya

Limit Kartu

Limit Kartu

Berikutnya perhatikan limit kartu kredit. Biasanya kartu kredit utama dan tambahan memiliki limit gabungan. Jadi limit kartu kredit utama dibagi dengan kartu kredit tambahan, jangan sampai penggunaan kartu kredit tambahan tidak terkontrol sehingga terjadi over limit.

Contohnya jika limit kartu utamanya Rp20 juta dan limit untuk kartu kredit tambahan Rp5 juta berarti pemakaian kartu tambahan tidak boleh melebihi Rp5 juta.

Suku Bunga

Suku Bunga

Jika Anda sering memanfaatkan kartu kredit untuk meminjam uang Anda bisa meminta suku bunga khusus apabila ada penerbit kartu kredit yang menawarkan kartu kredit tambahan. Penerbit kartu kredit biasanya bisa memberikan suku bunga khusus dibawah standar selama jangka waktu tertentu.

Pengguna Kartu

n pembayaran tagihan kartu kredit tambahan

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah pemegang kartu kredit tambahan. Apakah orang yang akan kita daftarkan sebagai pemegang kartu kredit tambahan memiliki tanggung jawab dan mampu mengontrol penggunaan kartu kredit.

Sebagai pemegang kartu kredit utama Anda akan bertanggung jawab atas penggunaan dan pembayaran tagihan kartu kredit tambahan, sehingga Anda harus pintar menentukan kepada siapa Anda berikan kartu kredit tersebut.

Yang paling utama, Anda dan pemegang kartu kredit tambahan harus sama-sama mengerti aturan seputar pengunaan kartu kredit utama dan kartu kredit tambahan.

Manfaatkan Promosi

Berbagai penerbit menawarkan promosi yang menarik bagi pengguna. Seperti diskon merchant, poin reward, layanan gratis dan cashback. Kesemua promosi tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri.

Misalnya diskon merchant, lihat apakah merchant yang bekerjasama dengan kartu kredit tersebut mudah Anda jangkau. Periksa setiap promosi yang ditawarkan apakah dapat Anda manfaatkan secara maksimal.

Setelah Anda membaca dan mempertimbangkan 5 hal diatas jika ingin menambahkan kartu kredit tambahan untuk anggota keluarga, sesuaikan dahulu kebutuhan kartu kredit dengan kemampuan finansial Anda. Jangan sampai ini akan membebani Anda dan membuat masalah lain di kemudian hari.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama