5 Hal Menarik yang Ditemui Pada Hari Kemerdekaan Tahun Ini

Hari Minggu ini rakyat Indonesia akan merayakan HUT Kemerdekaan yang ke 69. Sama seperti sebelumnya, untuk tahun ini, ternyata ada momen menarik yang akan terjadi loh. Apa saja? Ini dia ulasannya.

“17 Agustus tahun ’45, itulah hari Kemerdekaan kita. Hari Merdeka, Nusa dan Bangsa, Hari Lahirnya Bangsa Indonesia,” itu adalah sedikit penggalan lagu nasional berjudul dua kata pertama tulisan ini. Memang, di akhir pekan ini, Tanah Air kita akan merayakan hari jadinya yang ke 69. Seperti tahun-tahun sebelumnya, momen tersebut biasanya selalu ada hal-hal menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Nah, apa saja sih yang menarik di Hari Kemerdekaan tahun ini? Ini dia ulasannya.

Lahan Bisnis Menarik

Bukan momen menarik namanya kalau tidak membuka peluang bisnis. Sama seperti tahun sebelumnya, peluang usaha jelang Hari Kemerdekaan mungkin tidak jauh-jauh dari yang namanya pohon pinang, bendera, dan pakaian. Namun, khusus dua nama pertama selalu muncul musiman jelang 17 Agustus.

1. Bendera Merah Putih

Seperti di mojoketo, mengutip dari Detik,com (12/8) peringatan HUT kemerdekaan RI ke 69 telah memberikan berkah tersendiri bagi pengrajin bendera merah-putih di sana. Omset dan jumlah pesanan pengrajin sang saka merah putih dari para perajin di Kota tersebut meningkat 30% dibandingkan tahun lalu. Bahkan, mereka mengaku kewalahan melayani pesanan yang datang.

Salah satunya adalah Suboko (52), yang merupakan salah seorang pengrajin bendera merah putih asal Mojokerto. Setiap hari kemerdekaan RI, ia mengaku selalu kebanjiran pesanan. Tak hanya pesanan bendera merah-putih, dirinya juga selalu melayani pesanan umbul-umbul. "Tahun lalu, pesanan bendera sekitar 1.750 dengan umbul-umbul sekitar 2.100. Pesanan tahun ini meningkat 30%, sehingga omsetnya juga naik. Di tahun 2013 saya mendapat sekitar Rp 166 juta, alhamdulillah tahun ini saya prediksi bisa melonjak hingga mencapai Rp 237,5 juta," ungkap Suboko.

2. Pohon pinang

Pelaksanaan lomba panjat pinang yang sering diadakan pada hari Kemerdekaan memang sering mendatangkan rejeki bagi para penjualnya. Mengutip dari Merdeka.com, jelang 17 Agustus, mereka sudah mulai kebanjiran order.

“Satu batang saya jual Rp350.000, tapi masih bisa dinegosiasikan jika ada yang membeli dalam jumlah banyak. Selain itu, pesanan yang datang sudah banyak, bahkan saya sampai kehabisan stok pohon pinang,” kata Gunawan, pedagang pohon pinang di kawasan Jalan Panglima Denai. Ia memprediksi, orderan akan terus melonjak jelang 17 Agustus.

Hal-Hal yang Akan Kita Temui di 17 Agustus Tahun Ini

Promo dan Diskon

Tidak jauh berbeda dibandingkan dengan Idul Fitri dan hari-hari penting lain. HUT Kemerdekaan juga sering dijadikan lahan promosi oleh banyak toko ritel dan perusahaan lain untuk meningkatkan penjualan dengan cara memberikan diskon.

1. Honda

Pabrikan motor terbesar di Indonesia ini menawarkan potongan harga hingga Rp 13 juta untuk model CBR 150 selama bulan Agustus. Diskon ini berlaku untuk pembelian barang secara cash dan kredit. Namun, promo ini berlaku untuk barang yang jumlahnya terbatas, so, grab it fast!

2. Air Asia

Sementara bagi Anda para travelers, coba untuk melihat promo dari Air Asia. Maskapai penerbangan ini lagi mengadakan diskon 20% untuk semua rute lho! Jadi, bagi yang ingin liburan atau punya keperluan pergi ke luar kota dalam minggu-minggu ini. Buruan beli tiket sekarang.

3. Informasi

Kedua promo di atas hanya sebagian kecil dari banyak informasi diskon yang dilakukan banyak perusahaan. Nah, bagi yang ingin mengetahui penawaran lainnya, coba saja buka situs-situs yang memberikan keterangan tersebut seperti giladiskon.com, adadiskon.com, dan sebagainya.

Upacara 17 Agustus

Di HUT Kemerdekaan, salah satu hal yang sering dilakukan adalah upacara bendera. Hampir setiap instansi seperti sekolah, kantor pemerintahan, perusahaan milik negara maupun swasta juga sering mengadakan kegiatan ini.

Namun, yang paling menarik adalah yang diadakan di Istana Merdeka. Di sana selalu diadakan upacara bendera setiap tahunnya, namun perbedaannya terletak dari kelengkapan protokolernya. Bagi yang sering menyaksikannya di televisi, Anda mungkin sudah sering melihat bagaimana hebatnya para petugas pembawa bendera dalam mengerjakan tugasnya, begitu juga rapinya para aparat TNI dan Polisi dalam berbaris di lapangan.

Namun, tahukah Anda kalau upacara bendera di Istana Negara ternyata juga menyedot biaya yang sangat besar? Menurut Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), anggaran HUT Kemerdekaan di Istana menghabiskan dana di atas Rp 5 miliar. Bahkan tahun 2012, anggaran yang dihabiskan mencapai Rp 7,8 miliar.

Dana yang besar itu dialokasikan untuk beberapa kebutuhan, yang tertinggi digunakan untuk pengadaan souvenir sebesar Rp 1.7 miliar, shooting kamera Rp 1.1 miliar, pemasangan tenda Rp 829 juta, pekerjaan dekorasi Rp 818 juta, dan lainnya. Banyak pihak yang memprotes tingginya biaya yang dihabiskan. Namun, berapapun dana yang digelontorkan, tentunya jangan sampai merusak nilai hari Kemerdekaan itu sendiri.

Pelaksanaan Lomba

Kegiatan ini hampir tidak pernah lepas dari meriahnya Hari Kemerdekaan. Pertanyaannya, untuk menyelenggarakannya tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit, dari mana panitia memperolehnya? Sebagian berusaha mencarinya dengan cara meminta sumbangan dari masyarakat sekitar. Sayangnya, ada sebagian pihak yang memanfaatkan hal tersebut untuk kepentingan dirinya sendiri.

Inilah yang membuat pemerintah mulai membatasi kegiatan meminta dana secara swadaya untuk kegiatan 17 Agustus, terutama di jalan-jalan. Menurut Republika, salah satu yang sudah memutuskannya adalah Kota Bandung. Melalui Walikotanya, Ridwan Kamil, penggalangan "kencleng" Agustusan atau menghimpun dana untuk perayaan HUT Kemerdekaan di jalanan tidak mencerminkan masyarakat kreatif.

"Pemuda Kota Bandung berhenti minta-minta sumbangan di jalan, minta saja ke wali kota nanti kami koordinasi dan upayakan," katanya. Ayo, siapa yang tertarik untuk meminta?

Uang NKRI

Nah, ini dia yang paling ditunggu-tunggu di Hari Kemerdekaan. Di mana rakyat Indonesia akan menyaksikan hadirnya uang baru yang diberi nama uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keistimewaannya adalah untuk kali pertama pemerintah ikut menandatangani uang kertas.

Karena belum dikenalkan kepada public, BI mengatakan uang NKRI memiliki ciri umum sebagaimana diatur dalam UU No 7 tahun 2011 tentang Mata Uang.

1. Gambar lambang negara 'Garuda Pancasila'

2. Frasa "Negara Kesatuan Republik Indonesia"

3. Sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya

4. Tanda tangan pihak Pemerintah dan Bank Indonesia

5. Nomor seri pecahan

6. Teks 'DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MENGELUARKAN RUPIAH SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH DENGAN NILAI …'

7. Tahun emisi dan tahun cetak.

Bila ingin mendapatkan uang ini, Anda bisa datang ke Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau menukarnya di bank. Penasaran dengan bentuknya,tunggu saja 17 Agustus nanti.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama