5 Alasan Orang Takut Memiliki Kartu Kredit

Sebagian orang masih merasa takut untuk memiliki kartu kredit karena beberapa alasan. Lima alasan berikut ini yang umumnya orang katakan ketika ditawarkan kartu kredit.

Bunga kartu kredit

Walaupun kartu kredit sudah menjadi gaya hidup sebagian orang tetapi masih banyak juga yang takut memiliki kartu kredit. Alasan utama adalah karena persepsi buruk yang mereka anggap kartu kredit hanya akan menambah beban keuangan.

Memang kartu kredit sama juga dengan kartu utang tetapi bukan berarti ini merupakan hal yang buruk. Jika Anda mempelajari secara seksama fitur dan penawaran kartu kredit, benda plastik ini akan memberikan keuntungan lebih untuk Anda.

Misalnya jika Anda sering berbelanja; fitur seperti cashback, atau reward dapat dimanfaatkan, dan juga banyak diskon yang ditawarkan jika bertransaksi dengan kartu kredit saat belanja di supermarket. Ataupun jika Anda suka traveling rutin ke luar negeri, wajib memanfaatkan kartu kredit yang ada program airmiles, airport lounge, dan asuransi perjalanan.

Tetapi diluar manfaat yang ditawarkan memang tidak bisa juga dipungkiri memiliki kartu kredit sering menjerumuskan orang pada jeratan utang, terutama jika Anda tidak paham cara menggunakannya. Nah, ada beberapa alasan yang membuat orang masih takut untuk memiliki kartu kredit.

1. Bunganya Tinggi

Kartu kredit memiliki suku bunga yang relatif tinggi. Bunga yang berlaku sesuai peraturan BI yakni 2.95%/bulan dari total tagihan. Belum lagi dengan sistem bunga berbunga yang diterapkan jika Anda tidak membayar tagihan secara full atau melebihi tanggal jatuh tempo.

Sebagian pengguna kartu kredit terjebak pada beban bunga yang tinggi sehingga tagihan membengkak. Hal tersebut disebabkan karena pengguna tidak melakukan pembayaran pada saat jatuh tempo, melakukan pembayaran kurang dari total tagihan kartu kredit dan melakukan pembayaran penuh setelah tanggal jatuh tempo pembayaran.

Tapi tidak semua kartu kredit menggunakan bunga untuk mencas nasabahnya, ada juga kartu kredit Syariah. Kartu kredit Syariah menawarkan fitur lain tanpa beban bunga. Keuntungan yang ditawarkan pun tidak berbeda dengan kartu kredit konvensional.

2. Takut Berutang

Kartu kredit sama saja dengan produk pinjaman lainnya, intinya Anda dipinjamkan sejumlah dana dan harus melunasinya sesuai jangka waktu yang disepakati. Beberapa orang takut berutang karena dibayangi oleh beban bunga yang tinggi.

Tetapi sebenarnya jika Anda cermat dan paham dalam penggunaannya Anda tinggal bayar saja tagihan sebelum jatuh tempo, sehingga beban bunga tidak berat. Kuncinya hanya kedisiplinan dan pemahaman akan poduk kartu kredit itu sendiri.

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Mengajukan Kartu Kredit?

3. Iuran tahunan

Iuran tahunan Kartu Kredit

Iuran tahunan (annual fee) juga sering menjadi salah satu alasan orang menolak menggunakan kartu kredit. Iuran tahunan kartu kredit yang paling kecil mungkin nilainya Rp 75.000 per tahun sedangkan yang paling tinggi mungkin Rp 1.500.000 per tahun.

Ketentuan ini tergantung dengan kebijakan masing-maing penerbit kartu kredit. Semakin banyak benefit atau kelebihan kartu kredit tersebut biasanya semakin tinggi iuran tahunannya. Tetapi ada beberapa produk yang menawarkan bebas biaya iuran untuk tahun pertama bahkan ada yang selamanya.

Semua itu tergantung dari pilihan kartu kredit Anda. Kenalilah produk kartu kredit yang bisa mendatangkan keuntungan lebih dan tidak memberatkan keuangan Anda. Setidaknya limitnya masih sesuai dengan pendapatan Anda.

4. Membuat Hidup lebih Boros

Sebagian orang menganggap kartu kredit hanya akan membuat hidup menjadi lebih boros. Apakah alasan tersebut benar? Produk kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran sama seperti uang tunai. Hanya saja ada kelebihan semacam waktu penundaan pembayaran saja.

Jadi tidak ada jaminan bahwa orang yang menggunakan atau tidak menggunakan kartu kredit maka kondisi finansialnya akan selalu oke atau malah bertambah boros. Hal ini tergantung dari cara hidup penggunanya bukan pada kartu kreditnya.

5. Debt Collector Mengintai

Debt Collector

Seorang Debt Collector akan mendatangi Anda jika Anda tidak sanggup lagi melunasi cicilan kartu kredit. Jasa debt collector ini memang digunakan oleh hampir seluruh bank-bank yang memberikan fasilitas kredit kepada nasabahnya agar segera melunasi pembayaran kredit.

Bersikap tegas kepada bank dan bernegosiasi dengan baik diperlukan dalam menyelesaikan utang kartu kredit.

Memiliki kartu kredit bukan hal yang perlu ditakuti, asalkan Anda bijak dalam memilih produk keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda maka kartu kredit tidak akan merugikan. Banyak manfaat yang dapat digunakan, yang penting ingat saja untuk disiplin dan terbiasa berhemat.

Baca juga: Tipe Orang yang Tidak Cocok Gunakan Kartu Kredit

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama