4 Tanda Penggunaan Kartu Kredit yang Tidak Wajar

Kartu kredit sering dianggap negatif karena menimbulkan banyak masalah jika penggunaannya yang tidak wajar. Berikut adalah pemaparan penggunaan kartu kredit yang tidak wajar.

Kartu kredit hadir untuk mempermudah transaksi banyak orang. Namun sering kali kartu kredit dianggap hal yang negatif dan merusak kondisi keuangan seseorang. Sisi negatif tersebut sebenarnya bukan dari kartu kreditnya tetapi dari sisi penggunaan masing-msing pemegang kartu kredit.

Anggapan banyak orang yang salah dalam menggunakan kartu kredit sering kali menjebak mereka pada penggunaan yang tidak wajar. Penggunaan kartu kredit yang tidak wajar dan tidak disiplin bisa mengundang berbagai masalah. Nasabah bisa dikenakan denda atau bunga pembayaran hingga mengundang debt collector.

Perlu diketahui bahwa kartu kredit tidak selamanya buruk. Anda harus memahami bahwa perilaku penggunaan kartu kredit lah yang dapat mendatangkan masalah. Untuk menghindari masalah, ada beberapa tanda-tanda penggunaan kartu kredit yang tidak wajar.

Jika tanda-tanda berikut ini terjadi pada Anda maka berhentilah menggunakan kartu kredit. Berikut ini adalah 4 tanda penggunaan kartu kredit yang tidak wajar.

1. Belanja untuk Menghilangkan Kesedihan

Shopping online

Hal ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Saat Anda mendapatkan masalah yang membuat perasaan sedih, tertekan atau stress semisal putus cinta atau dimarahi oleh atasan, maka Anda memutuskan untuk berbelanja. Dengan berbelanja, Anda merasa lebih senang dan kesedihan hilang.

Ini adalah bentuk pelampiasan, bisa jadi ketika belanja dalam kondisi hati yang sedang kacau Anda cenderung membeli apa saja yang diinginkan bukan yang dibutuhkan. Inilah penggunaan kartu kredit yang salah sehingga nantinya akan menimbulkan masalah pada keuangan.

Jika Anda merasa seperti ini dan akan berbelanja dengan kartu kredit untuk menghilangkan kesedihan maka Anda harus berhenti. Sebab saat kondisi ini terjadi secara tidak langsung logika sudah tertutupi oleh kesedihan. Pada akhirnya, Anda akan membeli barang yang tidak diperlukan dan menambah tagihan serta bunga kartu kredit.

Baca juga: Tipe Orang yang Tidak Cocok Gunakan Kartu Kredit

2. Belanja Kebutuhan Sehari-Hari

Diskon supermarket

Apabila Anda sering membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari, misalnya camilan, makanan maupun kebutuhan mandi, dengan menggunakan kartu kredit, Anda harus segera berhenti melakukannya. Memang salah satu manfaat dari kartu kredit adalah untuk memberikan kenyamanan dalam berbelanja.

Namun tidak untuk menjadi penopang kebutuhan sehari-hari Anda. Bila Anda terus menggunakan kartu kredit dengan cara ini, maka tagihan yang didapat pun juga akan membengkak. Kartu kredit baik digunakan untuk belanja kebutuhan yang terlalu sulit untuk dibeli dengan uang tunai.

Tidak ada salahnya memang jika Anda menggunakan kartu kredit untuk berbelanja bulanan karena ada beberapa promo dari kartu kredit yang bisa dimanfaatkan. Tetapi, Anda juga harus membatasi pengeluaran untuk barang-barang seperti ini agar tidak melebih limit kartu kredit Anda.

3. Lupa

Tagihan Kartu Kredit

Lupa disini adalah kondisi Anda tidak merasa menggunakan kartu kredit untuk pembelian sebuah barang dikarenakan Anda tidak merinci dan mengetahui barang-barang apa saja yang Anda beli. Kebiasaan seperti inilah yang dapat memberikan lebih banyak masalah keuangan.

Bila Anda terkejut saat menerima rincian tagihan kartu kredit padahal Anda tidak merasa menggunakannya untuk pembelian dalam rincian tersebut, maka Anda pun perlu berhenti menggunakan kartu kredit tersebut.

Jika memiliki kebiasaan ini solusinya adalah dengan membuat daftar belanja khusus untuk barang-barang yang akan Anda beli dengan kartu kredit. Dengan cara ini, Anda dapat mengontrol pengeluaran kartu kredit dan menghindari terjadinya tagihan yang membengkak.

4. Point dan Reward

Point dan Reward

Ini adalah salah satu keuntungan jika menggunakan kartu kredit dengan promo hadiah dan bonus yang diberikan. Bonus-bonus seperti ini bahkan dapat menghemat pengeluaran Anda. Untuk itu Poin  Reward menjadi salah satu cara bagi perusahaan kartu kredit untuk menarik konsumen.

Namun, bila Anda hanya berbelanja atau menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan bonus ini, maka hal tersebut sangatlah salah. Anda harus mulai meninggalkan dan tidak menggunakan kartu kredit Anda. Penggunaan kartu kredit dengan cara ini hanya akan menambah bunga yang harus Anda bayar. Dampaknya, beban keuangan yang harus Anda tanggung semakin berat.

Hal utama yang kerap menjadi sumber masalah kartu kredit adalah ketidakmampuan pemegang kartu kredit mengendalikan emosi mereka dalam menggunakan kartu tersebut. Jadilah nasabah yang disiplin dalam penggunaan kartu kredit, dengan begitu, Anda akan tetap dapat mendapatkan manfaat dari memiliki kartu kredit.

Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Manfaat Kartu Kredit

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama