4 Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit Saat Diskon

Bila digunakan secara bijak, kartu kredit dapat memberikan manfaat lebih bagi nasabah. Apalagi jika digunakan saat momen-momen musim diskon di mall atau merchant.

Tak bisa dipungkiri, kini kartu kredit sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Berbagai kemudahan bisa didapatkan bila bertransaksi menggunakan kartu kredit. Sebut saja berbagai diskon menarik di restoran, supermarket, tiket pesawat, dan masih banyak lagi.

Belum lagi, kartu kredit juga dapat digunakan sebagai ‘dana darurat’. Misalnya, ketika ada anggota keluarga Anda yang sakit dan kebetulan tidak memiliki dana tunai. Dalam situasi tersebut, kartu kredit berfungsi sebagai alat pembayaran darurat.

Atau saat ingin membeli barang elektronik dan dana tunai belum mencukupi, maka Anda bisa memanfaatkan kartu kredit dengan memanfaatkan fasilitas cicilan.

Apapun manfaatnya, memiliki kartu kredit memang memberikan kelonggaran keuangan. Namun tetap harus ingat, kartu kredit juga memberikan kewajiban bagi nasabah untuk membayar tagihan plus bunga kartu kredit. Hindarilah kelalaian dalam melunasi tagihan kartu kredit.

Pengguna kartu kredit yang bijak tentu tahu mana waktu tepat untuk menggunakan kartu kredit. Ketika bisa menggunakan dan menguasai kartu kredit dengan baik, maka itu akan membuat Anda memperoleh keuntungan lebih.

Nah, salah satu keuntungan bertransaksi menggunakan kartu kredit adalah saat sedang berbelanja barang diskon. Apa sajakah keuntungannya?

Diskon Tambahan

Saat berbelanja barang diskon lalu pembayarannya menggunakan kartu kredit, Anda biasanya akan diberikan keuntungan tambahan seperti diskon atau promo tertentu.

Saat ini, sudah banyak kartu kredit yang bekerja sama dengan berbagai merchant, baik offline ataupun online untuk mengadakan diskon tambahan ini. Misalnya, diskon awal 50% + diskon tambahan 10% dengan menggunakan jenis kartu kredit tertentu.

Anda bisa berbelanja mulai dari produk fashion, gadget, lifestyle, peralatan elektronik hingga peralatan rumah tangga, dengan harga yang makin miring. Hal ini tentu menguntungkan bagi pengguna kartu kredit.

Cashback

Selain diskon tambahan, keuntungan berikutnya adalah mendapatkan cashback. Setiap kali melakukan pembelian barang diskon di merchant tertentu menggunakan kartu kredit yang menawarkan fitur cashback, maka Anda langsung mendapatkan bonus mulai dari 0,2% hingga 20% dana tunai.

Lantas, bagaimanakah cara kerja cashback? Misalnya, jika Anda bertransaksi senilai Rp 2 juta dengan menggunakan kartu kredit yang menawarkan cashback senilai 5%, maka rumusnya adalah:

Rp 2 juta x 5% = Rp 100 ribu.

Maka, jumlah tersebutlah yang akan dikembalikan pada rekening kartu kredit Anda di bulan selanjutnya. Sehingga keuntungan menggunakan kartu kredit pun menjadi berlipat ganda.

Point Reward

Salah satu program menarik dari kartu kredit adalah layanan point reward. Dimana, setiap melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, Anda akan memperoleh poin. Poin tersebut nantinya dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik.

Setelah point reward terkumpul, Anda dapat menukarkannya dengan hadiah atau potongan harga tertentu saat berbelanja, menginap di hotel, hingga makan di restoran. Misalnya, Anda dapat berbelanja hemat hingga 20% dengan menukarkan point reward.

Cicilan 0%

Keuntungan selanjutnya adalah adanya fasilitas cicilan 0%. Sudah banyak kartu kredit yang bekerja sama dengan berbagai merchant untuk memberikan fasilitas ini.

Bahkan, beberapa jenis kartu kredit memberikan promo cicilan 0% yang dapat digabungkan dengan program lainnya yang berlaku di merchant, misalnya saat diskon. Jadi, Anda bisa berbelanja barang diskon dengan kemudahan fasilitas yakni cicilan 0%.

Kartu Kredit yang Berikan Point Reward dan Cicilan 0% Terbaik

Salah satu kartu kredit yang berikan fasilitas point reward dan cicilan 0% terbaik adalah kartu kredit HSBC, yaitu HSBC Visa Gold, HSBC Visa Platinum, dan HSBC Visa Signature. Untuk setiap transaksi menggunakan kartu kredit tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan lebih.

Anda bisa berbelanja fashion terbaru di 24 merek terkemuka lewat beragam penawaran menarik sepanjang tahun. Anda bisa mendapatkan cicilan 0% 6 bulan (bisa digabung dengan promo di merchant), diskon 10% untuk semua koleksi fashion, hemat hingga 20% dengan poin, dan diskon belanja akhir pekan hingga Rp 100 ribu.

Itulah 4 keuntungan menggunakan kartu kredit saat momen diskon. Namun, tetaplah gunakan kartu kredit secara bijak agar tagihan tidak membengkak.

Baca juga: 5 Kartu Kredit untuk Penghasilan Rendah

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama