3 Jenis Bunga Kartu Kredit dan Manfaatnya

Setiap kartu kredit memberikan jenis bunga yang berbeda-beda. Anda perlu mengetahuinya agar tidak kaget saat menerima tagihan kartu kredit. Baca selengkapnya di sini!

Salah satu faktor terpenting yang perlu diperhatikan saat ingin memiliki kartu kredit adalah suku bunga. Sebab, nantinya suku bunga akan sangat mempengaruhi pengeluaran Anda. Sehingga perlu dicek secara detail komponen dan jenis bunga kartu kredit yang akan Anda ambil.

Sebenarnya, hampir seluruh jenis kartu kredit memberikan suku bunga yang tidak jauh berbeda. Namun, Anda perlu mengetahui pasti jenis bunga yang ditawarkan agar Anda tidak terkejut saat menerima tagihan kartu kredit. Selain itu, Anda juga perlu menghindari kesalahan dalam pembayaran kartu kredit

Inilah 3 jenis bunga kartu kredit beserta manfaatnya.

Bunga Cicilan Tetap

Bunga cicilan tetap jauh lebih murah dibandingkan bunga kartu kredit. Saat ini, ada bank yang memberikan bunga cicilan tetap 0,99 persen per bulan, bahkan hingga 0 persen per bulan. Tentunya jenis bunga ini jauh dibawah bunga kartu kredit yang rata-rata 2,95 persen per bulan.

Berikut adalah simulasi untuk pembayaran kartu kredit dengan metode cicilan tetap.

Sinta membeli smartphone dengan harga Rp 6 juta. Kartu kredit yang ia miliki mendapatkan promo cicilan tetap 0 persen selama 6 bulan. Berapa tagihan yang harus ia bayar per bulannya?

Limit kartu kredit Sinta: Rp 8 juta

Jumlah pembelanjaan: Rp 6 juta

Bunga: 0 persen per bulan

Tenor cicilan: 6 bulan

Jatuh tempo: tanggal 25

Pembayaran bulan pertama adalah:

Rp 6 juta / 6 bulan = Rp 1 juta

Biaya materai = Rp 6 ribu

Total pembayaran = Rp 1.006.000 per bulan

Jadi, selama 6 bulan, total cicilan Sinta akan dikenakan sejumlah Rp 1.006.000 per bulan. Hal ini berlaku jika Sinta membayar tagihan tidak lewat dari tanggal jatuh tempo.

Bunga Rendah

Beberapa bank memberikan menawarkan kartu kredit dengan bunga rendah. Tentunya layanan ini dapat meringankan nasabah dari sisi jumlah tagihan pembayaran. Bunga rendah yang ditawarkan kartu kredit mulai dari 2,69 persen hingga 2,85 persen.

Berikut adalah simulasi untuk pembayaran kartu kredit dengan metode bunga rendah dan minimum payment.

Sinta membeli smartphone dengan harga Rp 6 juta. Kartu kredit yang ia miliki mendapatkan fasilitas bunga rendah yakni 2,69 persen selama 6 bulan. Berapa tagihan yang harus ia bayar per bulannya?

Limit kartu kredit Sinta: Rp 8 juta

Jumlah pembelanjaan: Rp 6 juta

Bunga: 2,69 per bulan

Tenor cicilan: 6 bulan

Jatuh tempo: tanggal 25

Pembayaran bulan pertama adalah:

Pembayaran minimum payment: 10 persen dari Rp 6 juta= Rp 600 ribu.

Rp 6 juta x 2,69 persen = Rp 161.400

Jumlah pembayaran = Rp 600 ribu + Rp 161.400 = Rp 761.400

Biaya materai = Rp 6 ribu

Total pembayaran Sinta adalah Rp 761.400 + Rp 6 ribu = Rp 767.400 per bulan

Jadi, selama 6 bulan, total cicilan Sinta akan dikenakan sejumlah Rp 767.400 per bulan. Hal ini berlaku jika Sinta membayar tagihan tidak lewat dari tanggal jatuh tempo.

Bunga Retail

Bunga retail adalah biaya bunga yang berpatokan pada penggunaan kartu kredit untuk keperluan seperti berbelanja. Bukan karena penggunaan kartu kredit lalu dikenakan bunga, melainkan karena Anda menunda pembayaran tagihan yang datang atas penggunaan kartu kredit tersebut.

Biaya ini tidak terjadi atau tidak dialami setiap pemilik kartu kredit. Biaya ini hanya terjadi bagi yang tidak membayar full total tagihan kartu kredit.

Misalnya, bulan Oktober Anda menggunakan kartu kredit untuk berbelanja baju, kosmetik, beli tiket pesawat, makan-makan, dan lain sebagainya dengan total senilai Rp 10 juta. Otomatis di bulan November tagihan kartu kredit akan datang senilai Rp 10 juta.

Jika Anda membayar full Rp 10 juta maka semuanya menjadi selesai. Namun jika Anda hanya membayar sebagian, katakanlah Rp 5 juta, lalu sisanya Rp 5 juta di bulan Desember akan dikenakan biaya bunga ritel. Biasanya, bunga ritel kartu kredit mulai dari 2,85 persen per bulan. 

Apakah Anda ingin membeli barang dan mencicilnya dengan kartu kredit? Sebelum memutuskannya, perhatikan 5 Hal Penting Sebelum Mencicil Barang dengan Kartu Kredit

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Kartu Kredit?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama