3 Fasilitas Kartu Kredit untuk Dana Darurat

Kebutuhan mendesak selalu datang tanpa pernah diduga. Dalam situasi genting seperti itu kartu sakti ini bisa digunakan sebagai ‘dana darurat’

kartu kredit sebagai dana instant

Jaman modern seperti sekarang kartu kredit menjadi alat pembayaran dan sumber keuangan yang paling populer. Hal ini karena kartu kredit yang sifatnya sangat mudah didapatkan. Produk bank yang satu ini mampu menjadi solusi Anda untuk berbagai aktivitas. 

Baik untuk kebutuhan bisnis ataupun konsumsi. Namun tak sedikit dari pengguna kartu kredit yang memiliki gaya hidup konsumtif dan tidak terkontrol. Akibatnya adalah tagihan membengkak dan tumpukan hutang kartu kredit terjadi. 

Beberapa pengguna kartu kredit mengetahui persis fungsi kartu kredit. Mereka menggunakan kartu kredit untuk hal yang benar-benar diperlukan. Contohnya adalah jika keluarga Anda ada yang sakit dan kebetulan tidak memiliki dana tunai.

Dalam satu kesempatan mereka dihadapkan pada pilihan menggunakan uang tunai atau kartu kredit, di situasi tersebut mereka memanfaatkan fungsi kartu kredit sebagai dana instant. Seperti pembelian barang elektronik dengan memanfaatkan fasilitas cicilan.

Fasilitas dan Keuntungan

Beberapa fasilitas dan keuntungan yang ditawarkan oleh kartu kredit dapat Anda manfaatkan untuk digunakan saat benar-benar diperlukan. Contohnya seperti fasilitas cicilan, cash advance, cash back, point reward, fasilitas airport lounge, dan promosi lainnya. 

Berikut inilah 3 fasilitas yang bisa Anda manfaatkan ketika kartu kredit benar-benar dibutuhkan :

1. Bunga Rendah

suku bunga yang rendah

Dengan tingkat suku bunga yang rendah, Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Salah satunya adalah untuk meringankan beban keuangan yang ditujukan untuk membayar cicilan bulanan.

Selain itu, dengan keunggulan ini pula, kesempatan Anda untuk berbelanja di toko ritel atau melakukan cash advance lebih banyak juga semakin besar.

Produk kartu kredit yang menawarkan bunga rendah adalah kartu kredit OCBC-NISP Titanium. Produk ini menawarkan suku bunga senilai 2,69% atau lebih rendah dari suku bunga bank lain di Indonesia.

2. Fasilitas Cicilan Tetap

Cicilan 0<span class=% kartu kredit ">

Hampir sebagian besar Kartu Kredit yang diterbitkan oleh bank-bank di Indonesia memiliki fasilitas cicilan, ditambah juga ada beberapa jenis kartu kredit yang secara otomatis mengubah transaksi menjadi cicilan.

Umumnya semua transaksi dilakukan minimal Rp 500 ribu bisa diubah menjadi cicilan dengan tenor berfariasi mulai dari 3, 6, sampai 12 bulan. Tapi ada beberapa Bank yang menetapkan minimal transaksi lebih besar, yaitu Rp 1 juta.

Setiap transaksi cicilan akan dikenakan bunga, tingginya bunga tergantung dengan jangka waktu cicilan yang Anda pilih. Fasilitas cicilan ini dapat digunakan untuk kebutuhan seperti pembelian barang elektronik, peralatan rumah tangga, sampai biaya rumah sakit

Anda dapat menggunakan untuk pembelian barang elektronik ataupun biaya rumah sakit yang tidak bisa ditunda. Ada dua jenis kartu kredit pilihan yang menawarkan fasilitas cicilan untuk kebutuhan darurat seperti diatas.

Kartu kredit yang pertama adalah ANZ kartu cicilan, memberikan fasilitas cicilan pembayaran untuk pembelanjaan Anda dimana saja dengan minimum pembelanjaan Rp 30o ribu. Besarnya bunga cicilan tergantung pada seberapa lama Anda memilih jangka waktu.

Bunga 0% per bulannya berlaku untuk cicilan 3 bulan, bunga 0,88% per bulannya berlaku untuk cicilan 6 bulan, dan bunga 0,99% per bulannya berlaku untuk cicilan 12 bulan.

Yang kedua adalah kartu kredit Standard Chartered Black Platinum, Anda tidak perlu khawatir terhadap pembiayaan rumah sakit yang sangat mahal. Karena dengan kartu kredit Standard Chartered Black Platinum, Anda akan menikmati kemudahan untuk mengkonversikan pembayaran dengan fasilitas cicilan 0% dengan jangka waktu 6 (enam) bulan.

3. Cash Advance

Tarik Tunai Bunga Ringan

Kebanyakan orang disaat mendadak yang dibutuhkan adalah ketersediaan dana tunai. Sebagai pengguna kartu kredit Anda dapat memanfaatkan fasilitas cash advance. Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk mengambil dana tunai dengan menggunakan kartu kredit.

Fasilitas tarik tunai dapat Anda lakukan di ATM Bank penerbit kartu kredit dengan besaran atau limit yang ditentukan, itu berbeda pada tiap bank. Salah satu contohnya adalah BRI MasterCard Gold.

BRI MasterCard Gold memiliki batas penarikan tunai per harinya sebesar 40% dari limit kartu dengan biaya penarikan tunai minimum Rp50.000 atau 4% dari limit kartu.

Dari ketiga fasilitas diatas dapat Anda gunakan disaat kartu kredit benar-benar dibutuhkan. Pilihlah kebutuhan yang tepat untuk menggunakan fasilitas kartu kredit, karena pada dasarnya kartu kredit bukanlah sumber dana tambahan melainkan tempat peminjaman sementara.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama