Wirausaha VS Kerja Kantoran, Pilih Mana?

Mana yang lebih baik: berwirausaha atau bekerja di kantor? Sebelum memutuskan, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan. Yuk!

Baru saja lulus kuliah? Selamat! Kehidupan dewasa kini menanti Anda. Tiba saat untuk menyusun rencana selanjutnya.

Untuk melangsungkan hidup, ada 2 opsi yang bisa dipilih: memulai usaha sendiri dan menjadi  pengusaha atau menjadi karyawan kantoran. Masing-masing pilihan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Apa saja kelebihan dan keuntungan masing-masing pilihan? Simak ulasannya di sini.

Modal

Kedua pilihan membutuhkan modal. Untuk melamar kerja, Anda harus memiliki keterampilan dan ilmu yang sesuai. Sedangkan untuk memulai usaha, bukan hanya ketrampilan dan ilmu yang harus dimiliki, tapi juga modal materi baik uang maupun barang.

Modal materi inilah yang biasanya menjadi penghambat. Jika mengalami masalah ini ketika memulai usaha sendiri, coba pertimbangan KTA sebagai modal usaha sebagai solusi.

Penghasilan

Dari segi penghasilan, seorang karyawan memiliki sumber pemasukan yang lebih pasti dibandingkan seorang wirausaha karena mendapatkan pemasukan yang jumlahnya sama setiap bulan. 

Sedangkan seorang wirausaha, apalagi jika baru memulai usahanya, belum tentu mendapatkan pemasukan setiap bulan. 

Fasilitas

Selain gaji bulanan, setiap pekerja biasanya mendapatkan fasilitas tertentu dari kantor, seperti perlindungan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, serta jaminan masa tua. Jika sang karyawan sakit, kantor akan menanggung biaya perawatannya.

Seorang wirausaha tidak memiliki fasilitas ini. Semua harus disediakan sendiri. Anda harus bertanggung jawab penuh atas diri sendiri karena tak ada perlindungan asuransi atau jaminan hari tua.

Pola Kerja

Selain harus mematuhi aturan kerja, seorang karyawan juga memiliki target yang harus dicapai. Target kerja bisa dalam bentuk tahunan, bulanan, mingguan, bahkan harian. 

Jika karyawan tidak mampu memenuhi ekspektasi perusahaan, maka risiko yang harus siap ditanggung adalah kehilangan pekerjaan.

Lain halnya dengan wirausaha. Anda adalah atasan diri Anda sendiri. Oleh karena itu, kemandirian sangat berperan di sini. Meski berhak mengatur semuanya sendiri, tetap tidak boleh seenaknya. Jika tidak bisa mengelola dengan baik, usaha bisa hancur seketika.

Waktu Kerja

Seorang pekerja kantoran harus siap mengikuti jam kerja yang telah ditentukan. Anda tidak bisa leluasa mengatur jam kerja sendiri. Semua sudah ada sistemnya. 

Sanksi kerja siap menanti jika tidak mematuhi jam kerja, mulai dari pemotongan gaji hingga PHK. Hal ini tidak berlaku bagi wirausaha. 

Anda akan bebas menentukan jam kerja sendiri. Tak ada istilah jam masuk dan jam pulang. Semua tergantung kesediaan Anda untuk menyediakan waktu bagi usaha yang sedang digeluti. 

Risiko

Masing-masing pilihan juga memiliki risiko. Menjalani profesi wirausaha berarti siap menanggung kerugian jika usaha tidak berjalan sesuai harapan. Tidak jarang, aset pribadi harus dikorbankan untuk menutup kerugian.

Bagi seorang karyawan, risiko yang harus siap ditanggung adalah terkena  PHK. Penyebabnya beragam, mulai dari perusahaan mengalami kerugian, hinggap performa kerja yang dianggap tidak maksimal.

Nah, sudah tahu kan apa saja kelebihan dan kekurangan menjadi karyawan kantoran dan wirausaha? Sekarang pilihan ada di tangan Anda. Selamat memutuskan! 

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • sukmawati

    Cara pengajuan ya gimana ya, dan persyaratannya apa aja??
    Terima kasih

    Reply
    • naililhuda

      Terimakasih atas infonya sangat bermanfaat. Untuk referensi artikel wirausahanya silahkan kunjungi http://www.wirausaha.gunadarma.ac.id/

      Reply