Tips Mengisi Waktu Luang Bagi Fresh Graduate

Duh, baru lulus kuliah nih, tapi belum dapat panggilan kerja juga. Tenang, hampir setiap fresh graduate mengalami fase ini. Kami memiliki tips mengisi waktu luang bagi Anda.

Menganggur adalah sesuatu hal yang tidak mengenakkan taktala lulus dari perguruan tinggi. Apalagi jika Anda sudah di targetkan untuk segera mempunyai penghasilan sendiri oleh orangtua Anda. "Cepatlah kerja supaya engkau bisa mandiri dan merasakan bahwa cari uang itu susah." 

Begitulah kira-kira apa yang kedua orangtua kita katakan manakala kita yang baru lulus kuliah. Umumnya selepas lulus dari kampus mahasiswa tidak langsung mendapatkan pekerjaan, karena masih tertahannya beberapa persyaratan untuk melamar pekerjaan, seperti ijazah atau transkrip nilai. Pihak Fakultas hanya memberikan Anda "kelulusan sementara" dalam selembar kertas yang menyatakan bahwa Anda telah lulus kuliah. 

Dalam masa tersebut biasanya muncul kejenuhan karena Anda berada dalam posisi tidak punya pekerjaan dan tidak mempunyai kesibukan. Tentu Anda tidak ingin hal ini terus berlanjut, mungkin kini saatnya Anda mencari peluang dan mencari kesibukan saat Anda menunggu ijazah atau panggilan kerja oleh perusahaan yang telah Anda lamar.

1. Menulis Blog

Suka menulis? Buat saja blog pribadi dan kembangkan segala ide yang muncul di kepala kamu untuk dijadikan tulisan atau cerita. Tidak punya ide? Mulailah mengisi waktu dengan memikirkan ide- ide. Apakah itu sebuah ide untuk perencanaan keuangan, penghematan biaya, strategi komunikasi atau bahkan digital marketing

Nah, dari sini biasanya mulai bermunculan peluang, apalagi jika domain website Anda memakai dot com, sudah tentu itu akan memudahkan Anda untuk ikut kompetisi blog atau blogger outreach. Anda juga dapat membangun jejaring sosial di Facebook, Twitter, Google Plus, dll untuk mengembangkan website Anda.

2. Mengikuti Kursus

Alangkah lebih baiknya jika Anda mengikuti kelas atau kursus yang dapat menunjang karir Anda, apapun itu. Sebagai gambaran Anda mungkin bisa mencoba untuk mengikuti kursus web design. Mengapa? Anda tentu sudah menyadari bahwa saat ini semua sudah serba digital, mulai dari belanja hingga mengajukan KTA pun bisa lewat website. Web design bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi Anda dalam menjalani kehidupan yang sangat bergantung terhadap teknologi.

Setelah lulus, ilmu/keterampilan jadi jarang terpakai. Kelamaan menganggur bisa membuat kamu mulai jenuh dengan perkembangan tren di bidangmu. Refresh otak dan update keterampilan dengan mengikuti kursus. Ini memang memerlukan biaya, namun anggap saja sebagai investasi demi mendapat karir yang lebih baik.

3. Relawan

Relawan saat ini menjadi sebuah kegiatan yang penuh prestise dan dikelilingi orang-orang yang memang ahli di bidangnya dan merupakan kumpulan orang-orang dengan integritas tinggi. Bayangkan saja jika Anda ikut kegiatan sosial ini dengan Greenpeace, Anda akan diterjunkan langsung ke dalam sebuah struktur organisasi yang jelas. Anda juga akan memiliki posisi yang jelas, lengkap dengan tanggung jawab, mendapatkan pengalaman bekerja, sekaligus kesempatan memperluas networking.

Ini menunjukkan bahwa Anda jenis manusia mempunyai kepedulian akan sosial, sekaligus orang yang memiliki semangat membantu orang lain dan suka berorganisasi. Hal ini juga menunjukkan bahwa uang bukanlah hal yang paling penting bagi Anda. Ketika perusahaan mencari karyawan, mereka tidak hanya mencari orang yang mampu menyeleaikan pekerjaan yang diberikan, tetapi juga orang dengan karakter dan integritas.

4. Mengajar

Menjadi guru memang sulit, tapi ini dapat memberikan Anda banyak manfaat dan ilmu. Berbagi ilmu adalah salah satu cara untuk tetap menjaga agar pengetahuan yang Anda miliki tidak hilang seiring waktu lamanya Anda menganggur. Terlebih ini akan menjadi keuntungan bagi Anda yang merupakan lulusan Pendidikan atau Keguruan. Anda dapat memanfaatkan mengisi luang waktu Anda dengan mengajar les private mulai dari tingkatan SD hingga SMA. Tentunya ini akan menjadi nilai plus Anda ketika akan melakukan wawancara dengan perusahaan yang tertarik dengan Anda. Anda akan dilihat sebagai orang yang ahli dalam bidang yang Anda ajar dan mampu membaginya kepada orang lain. Sebuah kesan bagus juga akan mencerminkan bahwa Anda qualified untuk kepimpinan, kerja tim dan inisiatif.

5. Wiraswasta

Wiraswasta dapat membangun jiwa kepimpinan Anda. Tidak percaya? Untuk memulai bisnis memang membutuhkan modal dan mengonsumsi banyak tenaga serta waktu Anda. Akan tetapi jika Anda memiliki sarana untuk melakukannya hal ini akan terlihat bagus dalam CV Anda. Gali jiwa entrepreneur Anda dengan membangun bisnis kecil-kecilan seperti online shop atau jualan pulsa. Selain jadi produktif karena menghasilkan uang, Anda sedang menciptakan alternatif karir Jika Anda ternyata tidak cocok bekerja kantoran.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama