Sosok Wanita Dibalik Awal Kesuksesan Mercedes Benz

Jangan sepelekan orang-orang di sekitar Anda ketika berbisnis, bisa jadi mereka dapat menjadi motivator yang baik ketika Anda sedang putus asa.

Bagi seorang pebisnis, sokongan dari lingkungan sekitar merupakan sebuah dukungan yang penting. Lingkungan yang positif dari dukungan orang-orang terdekat seperti keluarga dan kenalan bisa jadi penyemangat yang signifikan bagi prospek bisnis Anda. Tak terkecuali bagi merek-merek terkenal dunia yang awalnya memang justru muncul akibat faktor pihak ketiga yang memberikan dorongan bagi sang pencipta merek.

karlbenz

Mau tahu salah satu contohnya? Ya. Pastinya Anda sangat mengetahui merek otomotif yang telah mendunia yaitu Mercedes Benz, salah satu merek mobil mewah terbesar di dunia yang berasal dari Jerman. Besarnya imej Mercedes Benz tidak datang dengan sendirinya. Sang pendiri, Karl Benz bahkan awalnya sempat putus asa untuk menciptakan sebuah mobil dengan kapasitas yang diinginkan pada saat itu. Keinginan Benz untuk menciptakan sebuah mobil pribadi berbahan bakar akhirnya terhenti ditengah jalan seiring dengan sulitnya memperoleh bahan bakar yang cocok untuk digunakan.

Ide Kreatif Membuahkan Hasil

Keputus asaan yang dialami oleh Karl Benz rupanya direspon oleh istrinya, Bertha, yang justru memanfaatkan momentum tersebut untuk memotivasi suaminya untuk kembali bersemangat. Selain sebagai motivator, Bertha juga menciptakan ide bagaimana mobil yang diciptakan oleh suaminya dapat berjalan dengan jarak yang jauh.

Kronologi mengenai hal tersebut muncul secara sistematis dan tidak didukung oleh ide yang terlalu rumit. Suatu ketika pada saat Karl Benz putus asa, Bertha memiliki keinginan untuk berjalan jauh dengan menggunakan mobil ke rumah kerabatnya. Diam-diam, Bertha menggunakan mobil tanpa sepengetahuan miliknya. Sebelumnya, ia merancang sebuah strategi bagaimana cara yang ia lakukan agar ia dapat menemukan bahan bakar yang bisa menunjang perjalanan dengan jarak yang jauh hingga mencapai 106 km.

Secara iseng, ia mencoba menggunakan alkohol sebagai bahan bakar dan ternyata mobil buatan suaminya dapat hidup dan melaju. Setelah itu, ia memikirkan bagaimana konsumsi alkohol bagi mobilnya

berthabenz

dapat ia peroleh. Menyiasati hal tersebut, Bertha menyiapkan rute dimana selama perjalanan ke tempat tujuan diharuskan melewati beberapa apotek yang menjual alkohol, sehingga ia dapat memenuhi kebutuhan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mobil buatan suaminya.

Disaat suaminya masih terlelap tidur, ia pun menulis surat bahwa dirinya dan anaknya akan berkunjung kerumah orang tua di pagi hari. Rencana yang dirancang sebelumnya akhirnya berjalan lancar dengan melewati beberapa apotek.

Sejak saat itu, Bertha berhasil meyakinkan suaminya bahwa penemuan yang dilakukannya merupakan sebuah investasi yang bernilai tinggi untuk kelangsungan penemuan mobil disaat itu. Karl Benz yang sebelumnya putus asa, kini kembali bersemangat akibat sokongan motivasi dari istrinya.

Penghargaan Khusus Bagi Sang Istri

Bersama dengan Karl, Bertha meluangkan sebagian waktunya untuk mengurusi sisi pemasaran dari produk mobil yang dibuat oleh suaminya. Dan disaat yang bersamaan, ia juga sampai mengurusi keuangan untuk merek Mercedes Benz diawal-awal bisnis. Sebagai “assisten” pribadi yang berperan penting dalam mengembangkan Mercedes Benz, Bertha bahkan dinobatkan sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia sektor otomotif.

Beberapa penghargaan yang sempat dianugerahkan kepada Bertha Benz di antaranya ialah :

  • Bertha Benz meorial Route di tahun 2008. Dimana pemerintah Jerman membangun sebuah area pariwisata berdasarkan rute yang dijalani oleh Bertha Benz selama pertama kali mencoba mobil milik suaminya. Rute yang diambil sesuai dengan rute sesungguhnya yaitu dari Baden – Wurttemberg yang sepanjang 194 km. Wahan wisata tersebut sangat diminati oleh turus karena lanskap yang disajika cukup indah dan memiliki nilai sejarah abad pertengahan.
  • The Bertha Benz Challenge, sebuah penghargaan terhadap Bertha Benz yang dihadirkan pada acara Automobile Summer 2011, sebuah acara yang difokuskan kepada peringatan 125 tahun penemuan otomotif yang dilakukan oleh Karl Benz. Motto yang dihadirkan pada Bertha Benz Challenge yaitu Sustainable Mobility on the World’s Oldest Automobile Road.
  • Di tahun 2011 pula, salah satu stasiun televisi terkemuka di Jerman, Deutsche Welle (DW-TV) yang membuat acara khusus dalam memberikan penghargaan kepada Karl dan Bertha Benz yang bertajuk Made in Germany. Tayangan dokumenter yang menjelaskan perjalanan hidup dan penemuan Mercedes Benz oleh kedua tokoh tersebut. Disaat yang bersamaan, salah satu sutradara film dokumenter, Ulli Kampelmann yang membuat film dokumenter berjudul The Car is Born yang mengisahkan tentang penemun mobil Mercedes Benz.
  • Masih di tahun 2011, film layar lebar yang mengisahkan mengenai perjalanan hidup kedua tokoh tersebut. Film yang diputar khusus di Jerman tersebut diberi judul “Karl & Bertha”.

Nah, bagaimana dengan penjelasan diatas, apakah sudah memberikan inspirasi bagi Anda. Secara singkat penjelasan diatas memberikan pandangan bahwa seorang istri pun dapat memberikan kontribusi yang penting bagi kesuksesan suami. Dan pastinya dapat diaplikasikan ke seluruh bidang. Berani mencoba?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama