Mau Kerja Freelance? Siapkan Dulu Hal Ini

Ragu untuk mulai berkarir sebagai Freelancer? Tenang saja, asal dipersiapkan dengan baik, karir Anda sebagai pekerja lepas bisa berjalan dengan lancar.

Lelah terjebak dalam lalu lintas yang sangat macet? Atau bosan dengan pekerjaan yang membuat Anda harus pulang malam terus? Banyak orang yang sudah merasakannya. Pertanyaannya, apakah Anda mau merubahnya atau tidak? Bagi yang ingin merubah kehidupan tersebut, ada satu cara yang bisa dilakukan. Yaitu dengan menjadi freelancer atau pekerja lepas.

Dalam artikel mengenai Freelancer sebelumnya yang berjudul “Belum punya pekerjaan? Coba saja jadi Freelancer!”. Kami menyebutkan kalau pekerja lepas bisa menjadi solusi atas masalah pekerjaan yang tidak kunjung datang. Meski tidak terikat dengan sebuah badan usaha, namun bekerja sebagai freelancer memiliki banyak keunggulan lho! Salah satu yang paling utama adalah memberikan lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas waktu dari perusahaan-perusahaan konvensional.

Sayangnya, tidak semua orang mau menjalani hal tersebut. Salah satu alasan yang sering diungkapkan kenapa mereka ogah menjadi freelancer adalah karena pendapatan yang tidak tetap. Tidak salah memang, tapi dibalik ketakutan itu ternyata sudah banyak orang yang sudah menjalaninya. Sekarang, apakah Anda mau atau tidak dan siap atau tidak? Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan agar kita menjadi lebih siap menjalani kehidupan sebagai seorang freelancer. Apa saja? Ini dia

Punya Tabungan

Ini sangat penting untuk dilakukan. Ketika menjalani kehidupan sebagai freelancer, Anda sebenarnya tidak jauh beda dengan pekerja serabutan yang sering tidak memiliki pekerjaan. Apalagi saat awal berkarir sebagai pekerja lepas, Anda belum tentu mendapatkan proyek atau pekerjaan dari orang lain. Nah, untuk itu, siapkan tabungan paling tidak untuk bisa hidup minimal 3 kali gaji anda sekarang. Jadi, Anda tidak perlu terkatung-katung atau malah terpaksa mengutang ketika belum mendapat pekerjaan.

Berhitunglah Dengan Cermat

Walaupun memiliki keahlian khusus yang bisa membuat Anda sukses sebagai seorang freelancer. Tapi, Anda belum tentu memiliki keterampilan dalam mengatur keuangan. Banyak yang bilang, kalau bekerja dari rumah membuat pengeluaran menjadi lebih hemat. Sayangnya, hal itu tidak sepenuhnya benar. Kenapa? Karena lebih banyak waktu di rumah berarti kita akan punya lebih banyak waktu kosong untuk dimanfaatkan. Waktu kosong itulah yang kadang-kadang membuat pengeluaran menjadi meningkat.

Itu baru masalah pengeluaran dalam memanfaatkan waktu luang. Belum termasuk masalah tagihan rutin seperti cicilan kartu kredit, pembayaran listrik, air, dan sebagainya. Dalam hal ini, ketika memutuskan bekerja sebagai pekerja lepas, pastikan pendapatan rutin yang didapat sama atau lebih baik dibanding ketika masih menjadi pegawai kantoran.

Bagaimana kalau ternyata pendapatannya lebih rendah? Hal ini umumnya terjadi pada orang-orang yang baru menjadi pekerjaan sebagai freelancer. Salah satu hal yang bisa dilakukan ketika menghadapi fase ini adalah dengan berhemat. Terdengar klise, namun itulah solusi pertama yang harus dilakukan ketika pemasukan masih sangat terbatas.

Apa Anda Seorang Pekerja Yang Baik?

Itu adalah pertanyaan yang mesti Anda jawab sebelum memutuskan menjadi seorang freelancer. Apa hanya ingin lepas dari tanggung jawab ketika bekerja kantoran? Ingin memiliki waktu fleksibel dalam melakukan pekerjaan? Atau ada alasan lainnya. Jangan dipikir bekerja sebagai freelancer, maka tanggung jawab terhadap pekerjaan menjadi hilang. Itu salah besar, justru sebenarnya tanggung jawab yang mesti dijalani malah lebih besar. Karena apa yang Anda kerjakan, sepenuhnya adalah tugas dari klien. Kalau gagal dilaksanakan, atau hasil pekerjaan tidak memuaskan, maka nama Anda juga yang akan jelek.

Kalau sudah begitu, bagaimana bisa menjual kemampuan diri kalau sudah tidak dipercayai orang? Nah, itulah yang mesti dipikirkan. Karena tidak ada pekerjaan yang tidak menuntut tanggung jawab besar.

Siapkan Plan B

Katakanlah Anda sudah siap untuk menjadi seorang freelancer. Di mana Anda menjadi bos terhadap diri sendiri dan memiliki waktu luang Anda sendiri. Namun, itu hanya satu sisi dari mata uang saja, atau hanya sisi positif dari menjadi seorang pekerja lepas. Bagaimana dengan sisi lainnya? Nah ini dia posisi yang berpotensi memberi kesulitan besar. Karena Anda berisiko tidak mendapatkan pekerjaan selama waktu tertentu, bahkan bisa berbulan-bulan.

Untuk mempersiapkan hal itu, kami menyarankan kalau Anda sebaiknya juga memiliki pekerjaan tambahan. Tidak perlu mencari pekerjaan kantoran lagi, cari saja yang bisa dilakukan dari rumah. Salah satunya dengan berdagang. Selain itu, kalau memiliki keahlian selain bidang selain yang dilakukan saat menjadi freelancer, itu mungkin bisa menjadi solusi.

Sebagai contoh, ketika menjadi seorang freelancer, pekerjaan Anda adalah sebagai ahli IT. Namun di lain pihak, Anda juga memiliki keterampilan bagus di bidang fotografi. Kalau begitu, buatlah kemampuan tersebut sebagai ladang pemasukan bagi Anda. Siapa tahu hasilnya malah lebih menguntungkan.

Tidak perlu takut menjadi seorang pekerja lepas. Hanya, perlu persiapan matang sebelum menjalaninya. Jadi, siapkah Anda berkarir sebagai freelancer?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama