Karir Mandeg? Coba Main The Sims

Merasa karir sedang mentok dan tidak berkembang ? sebagai saran, cobalah main game The Sims. Selain mampu menghilangkan penat serta bosan, permainan virtual ini juga bisa membantu Anda meningkatkan jabatan kerja loh !

Tips Meningkatkan Karir

Merasa karir sedang mandeg dan ingin segera meningkatkannya ? Setiap orang yang bekerja mungkin pernah merasakan masalah ini. Namun ada satu cara unik untuk untuk bisa mewujudkan hal tersebut loh, yaitu dengan bermain game The Sims.

Lucu bukan ? Bagi yang belum mengenal The Sims, game ini merupakan sebuah permainan virtual yang mengajak Anda untuk mengatur hidup karakter sesuai dengan ambisinya. Caranya hanya dengan memenuhi kebutuhan Sims lewat berbagai instruksi agar dia bisa mencapai tujuan hidupnya.

The Sims

Esensinya, bermain game, terutama The Sims memang ditujukan untuk me-refresh otak agar kembali segar. Namun di samping itu, ada kegunaan lain yang mungkin yang tidak disadari orang ketika memainkannya. Di mana The Sims memiliki beberapa pesan sederhana yang bisa diterapkan untuk menggapai karir lebih baik.

Apa saja pesan yang bisa kita ambil dari game tersebut, ini dia :

Berpikirlah secara Simpel. Jangan Banyak Pertimbangan

Ketika bermain The Sims, semua tujuan hidup karakter akan dimulai dengan 1 (satu) langkah, yaitu hanya dengan melaksanakannya. Di kehidupan nyata, Anda mungkin mengalami hal berbeda karena memiliki banyak pertimbangan sebelum memutuskan langkah.Padahal kalau dipikir-pikir lagi, pertimbangan-pertimbangan tersebutlah yang menjadi penghambat seseorang untuk mengembangkan diri.

Menurut Walt Disney, cara terbaik memulai sesuatu adalah dengan berhenti berbicara dan lakukan. Kesalahan terkadang memang tidak bisa dihindari, tapi bisa dijadikan pengalaman untuk membuat kita menjadi lebih baik.

Bersosialisasi dan Berkomunikasilah dengan Rekan Kerja

Bekerja dengan giat dari siang sampai malam saja belum tentu menjamin kesuksesan karir loh. Sebab ternyata ada kriteria lain yang dibutuhkan untuk meningkatkan jabatan. Yaitu dekat dengan rekan kerja.

Di The Sims, Anda akan diminta untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman atau atasan, karena itu akan menjadi salah satu faktor peningkat performa. Maka dari itu, mulailah terapkan hal itu di dunia nyata, kenali banyak rekan kerja dan akrabkan diri dengan bos (bukan jadi penjilat loh!).

Fokus pada Bidang Keahlian

Setiap kemampuan yang dikuasai dengan baik, pasti akan memberikan hasil yang maksimal pula. Itu juga terjadi di The Sims, karakter Anda akan memiliki beberapa pilihan keahlian (skills) yang perlu dikembangkan sesuai dengan tujuan dan ambisinya. Jika meningkatkan kemampuan tersebut secara tidak seimbang, maka tujuan yang diinginkannya tidak akan tercapai.

Di kehidupan nyata juga begitu, kalau ingin mendapat karir lebih baik, maka Anda harus fokus mengembangkannya. Sebab, semakin baik keahlian (skill) yang kita miliki, kesempatan menduduki posisi lebih tinggi juga ikut terbuka lebar.

Jangan cuma Bekerja, Seimbangkan Hidupmu

Sukses saja tidak cukup, Anda juga harus bahagia. Ya, faktor psikologis juga bisa menentukan kesuksesan seseorang. Sama seperti manusia pada umumnya, yang membutuhkan hiburan untuk menyeimbangkan karir dan kehidupan pribadi. Karakter The Sims juga membutuhkan hal-hal yang bisa membuat hidupnya senang.

Di mana dalam permainan ini si karakter juga mempunyai faktor psikologis yang harus selalu dijaga pada level baik. Caranya dengan memberinya hiburan, bersosialisasi dengan teman lama, membuatnya nyaman di rumah, dan berbagai kegiatan lain yang bisa memenuhi unsur tersebut.

Rancang Masa Depan yang Lebih Baik

Apa sih tujuan dari mengembangkan karir ? Tentunya untuk mendapat kehidupan yang diimpikan, bukan saat ini saja tapi juga di masa depan. Itu juga terjadi di The Sims, selain meningkatkan karir, Anda juga diminta membantu mengatur keuangan si karakter. Di awal permainan, Anda hanya dimodalkan sedikit uang yang harus digunakan untuk membeli beberapa kebutuhan penunjang hidup seperti tempat tidur, kloset, kompor, dan lainnya. Seiring dengan berkembangnya jenjang posisi, maka kualitas hidupnya juga akan semakin baik.

Sama seperti permainan itu, Anda juga harus bisa mengatur keuangan agar tidak berkehidupan boros. Utamakan kebutuhan primer, dan mulailah tidak menghambur-hamburkan uang untuk keperluan tidak penting. Sebab hidup bukan hanya untuk diri sendiri dan saat ini saja, tetapi juga keluarga serta masa depan.

Mungkin ulasan di atas terlalu jauh dari kenyataan, sebab dunia virtual yang dibuat menggunakan komputer jelas berbeda dengan kehidupan nyara. Namun, tidak ada salahnya juga kan kalau mau dilakukan.Jadi, siap untuk mendapat karir lebih baik ?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama