Inilah 4 Freelance dengan Gaji Tinggi

Jangan anggap remeh pekerjaan seorang freelance, siapa sangka perkerjaan sambilan seperti ini justru lebih menghasilkan. Inilah 4 pekerjaan freelance bergaji tinggi.

work from home

Anda bosan terjebak dalam kemacetan setiap hari, ingin memiliki waktu lebih banyak untuk keluarga, atau pusing berdesak-desakan dalam kereta dan bis kota, mungkin pekerjaan ini bisa menjadi alternatif yaitu menjadi seorang freelance.

Yang kita ketahui tentang freelance adalah pekerjaan ini tidak terikat oleh suatu kontrak dalam waktu yang panjang, dan bisa dilakukan dimana saja serta kapanpun waktu dimiliki. Anda bisa berkerja dimana saja dan kapan saja tanpa perlu mengikuti sistem dan formalitas di sebuah instansi.

Seorang karyawan swasta di sebuah perusahaan dengan gelar sarjana akan mendapatkan gaji sebesar, katakanlah sebesar Rp 5 juta. Sedangkan, seorang freelance dengan keahlian tertentu tanpa gelar bisa mendapatkan gaji setara.

Inilah beberapa pekerjaan freelance yang bisa mendapatkan gaji tinggi melebihi seorang karyawan.

Social Media Specialist

Social Media Specialist

Dunia marketing yang semakin berkembang menawarkan profesi baru yaitu sebagai social media specialist. Saat ini hampir setiap perusahaan dengan brand ternama atau agency iklan membutuhkan seorang social media specialist.

Peran seorang social media spesialist adalah menangani akun media sosial sebuah brand atau perusahaan seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, atau Google+. Mereka dituntut untuk selalu kreatif dan update dengan berbagai ide untuk selalu bisa mencuri perhatian publik.

Sekarang profesi ini cukup menjanjikan mengingat era digital yang semakin berjaya. Tahukah Anda di Amerika Serikat, profesi ini diganjar honor yang amat menggiurkan. The United States Bureau of Labor menyatakan, seorang social media specialist dalam setahun bisa menghasilkan USD 51, 280 atau lebih dari Rp 400 juta.

Blogger

Blogger

Profesi lainnya adalah blogger, Jika Anda menyukai dunia Sastra dan Jurnalistik, menjadi seorang bloger akan sangat menyenangkan. Kerjanya hampir sama dengan writer tetapi jika writer menulis untuk klien, seorang blogger menulis untuk dirinya sendiri.

Melalui kesenangan menulis di blog tak jarang blogger mencari keberuntungan dari aktivitas blogging mereka. Mereka menggunakan beberapa cara seperti menjalankan Program Google Adsense sebuah metode untuk menaruh iklan di blog/website Anda. Anda akan mendapat bayaran berdasarkan banyaknya orang yang mengklik iklan tersebut.

Ataupun menggunakan Affiliate Program adalah program untuk mendapatkan komisi dengan membantu memberikan traffic kepada website pemberi komisi. Contoh: Agoda.com, Amazon.com, Ebay.com dan banyak lainnya. Pengasilan rata-rata seorang blogger bisa mencapai 10 juta.

Programmer

Programmer

Programmer adalah pekerjaan paling fleksibel. Anda bisa bekerja di perusahaan, ataupun bekerja sendiri. Sudah ada banyak sekali kisah sukses dari seorang freelance progammer, contohnya adalah Bill Gate (pendiri microsoft), dari seorang freelance kini menjadi miliuner.

Selain itu adalah pendiri Facebook, MarkZuckerberg yang memutuskan untuk keluar dari Harvard University. Kemudian ia memilih untuk menjadi seorang Freelance Programmer dan akhirnya kini menjadi salah satu orang terkaya.

Di beberapa perusahaan gaji seorang programmer untuk ukuran fresh graduate kebanyakan dibayar ‘hanya’ sebesar UMR, berkisar dari 1,5 jt hingga 2,5jt. Jika Anda yakin dengan kemampuan yang dimiliki, langsung saja coba bersaing dengan programmer luar.

Sebagai contoh, jika Anda suka membuat theme wordpress, coba masukan theme Anda ke themeforest.net, standar harga 1 theme sekitar US $40 – 50, yakni sekitar 550rb – 700rb. Jika mampu terjual 10 saja setiap bulan, anda sudah mengantongi Rp 7 juta/bulan

Animator

Animator

Menjadi seorang freelance animator memang sangat menjanjikan. Pasalnya kuantitas permintaan konsumen jasa animasi terus meningkat seiring dengan perkembangan perekonomian suatu Negara. Saat ini dunia animasi Indonesia pun semakin berkembang, banyak animasi buatan anak bangsa yang sudah mampu bersaing.

Selain itu, gaji seorang freelance animator juga cukup menggiurkan. Bagi pemula, rata-rata pendapatan mereka bisa mencapai Rp10 juta per proyek. Nilai tersebut akan terus merangkak naik sejalan dengan tingkat kepuasan pelanggan, jam terbang dan kualitas karya animasi Anda.

Nah, Anda mau pilih yang mana? bekerja sebagai karyawan atau menjadi freelance. Namun yang terpenting dari semuanya adalah kenali dulu kemampuan dan keahlian diri Anda.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama