Ingin Cepat Dapat Kerja? Ikuti Tips Ini

Bukan perkara mudah utnuk mencari pekerjaan sekarang ini. Kemampuan dan ilmu akademik kadang kala tidak menjamin seseorang untuk mudah mendapatkan pekerjaan.

losing job

Saat ini pekerjaan semakin sulit didapat, persaingan dunia kerja sangat ketat. Tidak heran jika angka pengangguran dalam negeri masih tinggi. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia pada Agustus 2015 sebanyak 7,56 juta orang, lebih banyak dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 7,24 juta jiwa.

Di sisi lain banyak orang yang masih berusaha keras mendapat pekerjaan yang mereka inginkan. Walaupun terkadang kemampuan akademik yang tinggi juga seringkali tidak menjamin seseorang untuk mudah mendapatkan pekerjaan.

Proses mencari pekerjaan mungkin saja akan memakan waktu lama dan membuat frustasi. Jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dan ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat, coba ikuti lima langkah jitu berikut untuk mendapatkan pekerjaan.

1. Perbaharui CV

cv resume

Cara pertama adalah coba periksa kembali curriculum vitae Anda. Cermati setiap baris surat lamaran kerja serta riwayat hidup yang telah dibuat. Curriculum vitae yang lebih menarik akan menentukan kelanjutan dari tes perekrutan karyawan.

Jadi jika lamaran kerja Anda sering ditolak maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperbaharui cv Anda. Anda tidak akan maju jika Anda tidak memperbarui resume, surat lamaran, dan portfolio Anda. Manfaatkanlah situs cv online untuk membuat resume lebih bagus dan menarik.

2. Tetap Produktif Selama Menganggur

Setelah memperbaharui CV, selama Anda masih menganggur usahakan diisi dengan banyak kegiatan yang positif. Ketika menghadapi sebuah wawancara Anda tidak boleh mengatakan Anda tidak melakukan apa-apa selama menganggur.

Hal tersebut juga akan mempengaruhi penilaian perusahaan terhadap Anda. Anda harus menunjukkan selama masa menganggur, Anda tetap produktif bekerja. Hal ini menunjukkan kalau Anda adalah calon pekerja yang mandiri dan aktif.

Baca juga: 10 Pertanyaan yang Paling Sering Diajukan Ketika Wawancara

3. Latihan Wawancara

jobs interview

Sesi wawancara kerja menjadi saat-saat paling meneggangkan dan menentukan masa depan Anda. banyak orang tidak bisa mengatasi masalah tidak percaya dirinya saat wawancara dan akhirnya mereka tidak bisa melaluinya dengan lancar.

Jika Anda tidak ingin gagal maka pelajarilah beberapa teknik-tenik ketika menghadapi wawancara kerja. Seperti mempelajari pertanyaan apa saja yang sering diajukan dan berlatih seolah-olah sedang melakukan wawancara kerja.

Anda bisa mencoba untuk melatih diri Anda sendiri dengan mencoba berbicara di depan kaca. Latihan wawancara seperti itu dapat menambahkan rasa percaya diri Anda ketika wawancara kerja nanti. Tunjukanlah keunggulan Anda yang tidak dimiliki oleh orang lain.

4. Mengikuti Pelatihan

Mengikuti pelatihan seperti seminar ataupun kursus dapat menjadi nilai plus untuk Anda. Pelatihan ini bisa berupa kegiatan seminar bahkan program sertifikasi. Menjajal kegiatan seperti ini akan mampu memperdalam beberapa keahlian yang sudah Anda miliki.

Ketika wawancara kerja Anda dapat menceritakan pengalaman pelatihan-pelatihan yang sudah diikuti. Cara ini dapat meningkatkan nilai diri Anda dimata pewawancara. Anda juga bisa saja mencantumkannya di CV namun lebih baik jika Anda menceritakannya langsung saat wawancara kerja.

5. Bersifat terbuka

reaching success

Bagi seorang fresh graduate jika ingin cepat mendapat pekerjaan cobalah bersifat terbuka. Jangan batasi diri Anda pada satu jenis pekerjaan. Seorang fresh graduate baru saja melakukan transisi kehidupan, jadi yang terpenting bagi Anda adalah mencari pengalaman terlebih dahulu.

Baca juga: Belum punya pekerjaan? Coba saja jadi Freelancer!

Dengan kata lain, pengalaman adalah harga mati yang harus Anda bayar untuk meraih posisi yang lebih tinggi lagi. Bukalah semua peluang yang hadir pada diri Anda Ketimbang menunggu waktu untuk mengejar perusahaan besar ternama, ada baiknya untuk bergabung dengan perusahaan yang sedang berkembang.

Kesempatan Anda untuk melibatkan diri dalam perusahaan tersebut akan terbuka lebar. Tentunya, ini bisa Anda jadikan sebagai portofolio jika suatu saat nanti Anda ingin merealisasikan niat untuk bergabung dengan perusahaan besar.

Jadi jika Anda ingin cepat mendapat kerja coba lakukan lima tips diatas. Yang terpenting adalah fokus dan tetap terus mencoba sebab kesempatan bisa datang dari mana saja dan tidak terduga. Dengan kerja keras semoga Anda bisa mendapatkan pekerjaan di tempat yang tepat dalam waktu yang cepat.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama