Belum punya pekerjaan? Coba saja jadi Freelancer!

Sudah mengajukan banyak lamaran tapi belum juga ada panggilan interview? Sudah coba yang satu ini? Situs bursa tenaga kerja terbesar No 1 di dunia.

“Aduh, mau kerja, tapi ko susah banget ya dapet kerjaan. Udah ajukan lamaran ke mana-mana, tapi panggilan untuk wawancara belum juga datang.”

Pernah merasakan hal seperti ini? Ya, kebanyakan mahasiswa yang baru saja lulus kuliah sulit mencari pekerjaan karena masih minimnya pengalaman. Kalaupun ada, jarang sekali mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang ilmu atau kemampuan yang dimiliki, karena yang penting dapat kerja dulu, masalah bisa atau ganya, nanti juga pasti akan terbiasa dengan pekerjaan tersebut.

Tapi, tahukah Anda? Saat ini, sudah banyak sekali situs yang menyediakan pasar tenaga kerja online. Anda tinggal memilih pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Selain itu, ini pun dapat dikerjakan di rumah tanpa harus pergi ke kantor. Wah, asik banget ya bisa fleksibel! Kerja apaan tuh bisa kayak gitu? Yup, pekerjaan seperti ini dikenal dengan sebutan freelancer.

lowongan freelance

Apa Sih Freelancer?

Freelancer adalah seorang pekerja lepas yang hanya bekerja apabila dikontrak oleh orang atau perusahaan untuk mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan tertentu. Setelah selesai dengan proyek tersebut, Anda akan dibayar dengan harga yang sudah disepakati di atas kontrak. Anda juga bebas menentukan mau bekerja sebagai apa, dikerjakan kapan, dan dimana. Yang penting tidak melebihi dari deadline yang sudah ditentukan. Asik banget ya!

Meskipun berkerja sebagai freelancer, Anda tetap harus memiliki keterampilan dan keahlian agar semua proyek yang dikerjakan memiliki hasil yang memuaskan dan sesuai dengan ekspetasi pemberi proyek. Maka dari itu, Anda harus mengetahui apa kemampuan Anda, supaya hasilnya maksimal.

Dimana Saya Bisa Menemukan Pekerjaan Sebagai Freelancer?

Ada banyak cara menemukan pekerjaan ini. Untuk cara tradisional, mungkin Anda dapat mendatangi perusahan-perusahaan secara langsung atau bisa juga dengan membuat website khusus untuk mempromosikan jasa yang dimiliki. Namun, di era yang serba cepat seperti sekarang ini, tentunya melakukan hal tersebut terlalu banyak memakan waktu. Lalu bagaimana cara yang efisien?

Melalui situs broker freelancer, dengan mudah Anda akan menemukan berbagai macam proyek yang sesuai dengan keahlian dan keterampilan dengan jenis pekerjaan yang dapat dikirimkan secara elektronik atau dibuat secara soft copy. Salah satu website yang sangat menyediakan jasa seperti ini adalah Freelancer.com. Yup, ini merupakan web No. 1 untuk bursa tenaga kerja secara Online di dunia. Karena dari seluruh belahan dunia dapat memberi pekerjaan atau bekerja melalui situs ini, maka pembayarannya pun menggunakan mata uang Dollar.

Sebenarnya ada banyak situs serupa freelancer.com, seperti Sribulancer, Elance, oDesk, fiverr, People Per Hour, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Kerja freelancer.com?

Masih belum yakin ada pekerjaan yang seperti ini? Yuk, cari tahu bagaimana situs ini bekerja.

1. Pemberi kerja (employer) memasang proyek di Freelancer.com

2. Anda, orang yang mencari proyek (freelancer), menawarkan jasa pada proyek tersebut (bidding), berusaha dan bersaing untuk menarik perhatian employer agar proyek tersebut dikerjakan oleh Anda.

3. Setelah proyek tersebut berhasil Anda dapatkan, akan ada kesepakatan antara employer dan freelancer untuk mengerjakan proyek tersebut, berapa upah yang akan dibayar dan kapan harus diselesaikan.

4. Jika sudah selesai, Anda dapat memberikan hasil pekerjaan Anda kepada employer untuk meminta tanggapan. Apabila oke, berarti proyek ini selesai dan Anda mendapatkan bayarannya. Namun jika tidak, berarti Anda harus memperbaikinya lagi agar sesuai dengan keinginan si pemberi proyek.

5. Upah Anda akan dibayarkan melalui Paypal, tetapi syarat untuk membuat akun ini Anda harus memiliki kartu kredit.

6. Jika pemberi proyek puas dengan pekerjaan Anda, mereka akan memebrikan review. Jadi, semakin banyak pekerjaan yang Anda selesaikan dengan baik, maka akan semakin bagus pula reputasi Anda di situs ini. Tidak menutup kemungkinan, Anda tidak perlu lagi bidding proyek, employer lah yang akan mencari Anda.

Tips Menjadi Freelancer Sukses

Memang, bekerja sebagai freelancer bisa dibilang tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus mendapatkan kepercayaan dan meyakinkan para pemberi proyek bahwa semua pekerjaan yang Anda kerjakan akan berhasil dan sesuai dengan keinginan mereka. Bagi Anda yang tertarik dengan pekerjaan seperti ini, berikut tips agar menjadi freelancer sukses.

1. Ketahui terlebih dahulu bidang apa yang sesuai dengan hobi dan minat Anda. Cantumkan keahlian dengan spesifik, misalnya SEO Expert.

2. Pasang foto pada profil Anda. Tidak harus bergaya formal, yang penting foto tersebut dapat memberikan kesan yang baik dan meyakinkan si pemberi proyek.

3. Lampirkan portofolio. Pilih beberapa pekerjaan terbaik yang mewakili keahlian Anda. Ini juga sebagai bukti bahwa Anda sudah pernah mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda.

4. Luangkan waktu untuk mengikuti tes keahlian yang sesuai dengan minat Anda. Hal ini dilakukan untuk mengukur seberapa kompeten Anda di bidang tersebut.

5. Pelajari aturan, kebijakan, dan fasilitas pendukung situs yang memberikan proyek kepada Anda.

6. Dan terakhir, ajukan proposal kepada employer.

Initinya, bekerja sebagai freelancer sangat menyenangkan dan merupakan karir jangka panjang. Kerjakan proyek sebaik mungkin agar Anda memiliki peringkat yang bagus. Karena dari sinilah Anda mendapatkan kepercayaan dari klien. Semoga Anda menjadi freelancer sukses.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama