Apa Saja Sih Pekerjaan Paruh Waktu Berpenghasilan Tinggi?

Pernah bekerja sebagai Penulis Lepas? Atau Penerjemah Lepas? Pernahkah Anda hitung bahwa profesi tersebut rata-rata memiliki penghasilan lebih tinggi?

  1. penulis lepas
  2. guru les privat
  3. desainer grafis
  4. konsultan keuangan

lowongan part time

Di masa sekarang, adalah hal biasa jika seseorang memiliki pekerjaan sampingan, selain pekerjaan tetap yang sudah ada. Untuk hal tersebut, ada berbagai alasan mengapa orang-orang memilih melakukan pekerjaan sampingan atau pekerjaan paruh waktu, selain tentunya mereka punya pekerjaan tetap yang sudah/sedang dijalani. Salah satunya alasannya adalah adanya tuntutan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari. Ada banyak orang yang memilih melakukan pekerjaan sampingan karena mungkin penghasilan dari pekerjaan tetap masih kurang untuk biaya hidup sehari-hari.

Biaya hidup yang terus meningkat nyatanya kadang tidak diikuti dengan naiknya pendapatan. Karena itulah, mengambil atau melakukan pekerjaan sampingan merupakan solusi terbaik. Jika kamu memang berniat untuk melakukan dua pekerjaan sekaligus (pekerjaan tetap dan pekerjaan sampingan), dan memang bertalenta di bidang tersebut, berikut adalah daftar pekerjaan sampingan yang memiliki penghasilan cukup besar jika ditekuni dengan baik dan benar.

penulis lepas

Penulis Lepas

Menjadi penulis lepas di harian surat kabar lokal maupun internasional, majalah, atau pun suatu laman internet berita online, ternyata membawa banyak keuntungan. Jika hobi kamu memang menulis, entah menulis apa pun untuk dituangkan ke dalam kata-kata, misalnya suka menulis cerita pendek, ternyata memiliki pendapatan yang cukup besar. Apalagi di media internasional. 

Selain mendapat bayaran, hasil tulisan kamu juga pasti akan dibaca oleh banyak orang, terlebih jika media yang memuat adalah media bertaraf nasional. Beda halnya jika media yang memuat berkelas internasional. Jika dimuat di media internasional itu, bayaran untuk satu tulisan biasanya bisa untuk membayar sewa apartemen untuk satu-dua bulan. Cukup besar bukan? 

Profesi ini juga dapat dijadikan sarana penyalur hobi serta mengeluarkan pemikiran kamu mengenai suatu hal, misalnya dalam bidang Keuangan. Untuk diketahui, bayaran untuk setiap artikel beragam. Bisa mulai dari Rp 50.000 hingga jutaan rupiah. Meskipun demikian, tidak jarang ditemukan penulis yang dibayar jauh di bawah harga rata-rata. Masalah itu bisa banyak faktor. Bisa dari media yang memuat kurang memiliki strategi promosi yang baik dan bagus. Bisa juga pangsa pasar media tersebut yang kurang menjangkau banyak publik (market share). Atau bisa juga pengalaman si penulis yang masih kurang, dan itu biasanya terlihat dari tulisan yang kurang sesuai standar yang dimaui si editor media. 

Untuk diketahui, tinggi rendahnya bayaran seorang penulis lepas tergantung pada jenis tulisan, di media mana tulisan tersebut dimuat, dan seberapa lama pengalaman yang dimiliki penulis. Jenis tulisan berupa cerpen dengan tulisan berupa opini kadang dihargai sama oleh si media, tapi bisa juga berbeda. Tergantung ke media itu sendiri.


lowongan freelance

Guru Les Privat

Kamu yang jago dalam bidang Matematika atau Bahasa Inggris, bisa menggunakan keahlian tersebut untuk mengajar orang lain, sekalligus mendapat uang tambahan. Jadilah guru les privat yang andal dan ‘mahal’. ‘Mahal’ di sini berarti memiliki kecakapan yang lebih dari guru les lainnya. Misalnya kamu jago dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Belanda. Kamu bisa mulai membuka les privat untuk kedua bahasa tersebut. Jam mengajar yang fleksibel dan bayaran yang cukup tinggi bisa membuat pekerjaan sampingan ini bisa dilakukan, bahkan di rumah sekalipun. Bidang yang ditekuni tidak hanya terbatas pada mata pelajaran. Jika kamu ahli dalam bermusik, coba jadilah guru les privat untuk mengajar gitar atau drum. Jadwalnya bisa di akhir pekan atau seusai pulang kantor. Jam-jam tersebut adalah waktu ideal untuk mengajar bagi konsumen. Berdasarkan rata-rata, dengan 4 (empat) kali pertemuan per bulan, seorang les privat dapat memperoleh bayaran minimal sekitar Rp 300.000 dari seorang murid. Jadi, kamu bisa bayangkan, berapa penghasilan tambahan yang dimiliki seorang guru les privat jika mampu mengajar lebih dari 4 murid. Jika kamu juga memiliki kemampuan berkoordinasi (manajerial) bagus, coba delegasikan dan buat satu komunitas guru les privat kecil-kecilan.


desainer grafis

Desainer Grafis

Salah satu kelebihan anak muda di era digital sekarang ini adalah kreativitasnya di bidang visual. Jka seorang penulis menuangkan kreativitasnya dalam bentuk kata-kata, seorang desainer grafis menuangkan ide dalam bentuk desain. Jika dibandingkan dengan jenis profesi lainnya, pekerjaan desainer grafis memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Tingkat kesulitan seorang desainer grafis adalah mampu menarik perhatian orang dengan hasil desain yang telah dibuat. Karena proses dalam pengerjaan desain grafis sedemikian rumit, bisa dibilang bayaran seorang desainer grafis yang bekerja paruh-waktu cukup tinggi, dengan kisaran di atas Rp 300.000. Jika proyek desain grafis bernilai cukup tinggi, nilainya akan lebih tinggi. Dan akan lebih mahal lagi jika pengalaman si desainer cukup banyak, misalnya komposisi kerumitan iklan dan infografik.


pekerjaan paruh waktu

Konsultan Keuangan

Profesi satu ini pasti akan dibutuhkan selama tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih rendah. Harus diakui, orang Indonesia adalah tipe masyarakat yang belum mampu mengelola keuangannya sendiri dengan cerdas. Untuk itulah, konsultan keuangan masih akan dibutuhkan. Pekerjaan utama seorang konsultan keuangan adalah memberi saran, nasihat, dan kebijakan terbaik terkait kontrol keuangan seorang klien. Istilah “konsultan keuangan” kadang masih tumpang tindih dengan “perencana keuangan”. Bahkan, ada juga yang memang sama. Seorang konsultan keuangan juga memang merencanakan struktur keuangan terbaik bagi masing-masing klien. Profesi satu ini juga ada yang independen secara individu. Ada juga yang tergabung dalam suatu perusahaan asuransi, dan ada juga yang tergabung dengan perusahaan perencana keuangan secara kelembagaan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama