7 Kiat Sukses Siap Hadapi Persaingan MEA

Masyarakat Ekonomi ASEAN membuka ekonomi pasar bebas di Indonesia. Imbasnya, persaingan dunia usaha yang makin ketat. Persiapkan diri secara matang dan raih sukses gemilang jadi wirausaha!

MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) membawa warga negara Indonesia, termasuk Anda, dalam pasar bebas perekonomian. Imbasnya adalah persaingan dunia usaha yang makin ketat.

Bukan cuma bersaing dengan pengusaha lokal tetapi juga pekerja asing yang mencari nafkah di Indonesia. Oleh karena itu, persiapan diri dalam mengahadapi MEA perlu untuk dilakukan.

Perkembangan MEA di Indonesia

Dalam hal ini, laju kondisi perekonomian Indonesia berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya masyarakatnya. Arus barang dan jasa yang masuk lebih bebas, begitu juga dengan tenaga kerja asing dan investor asing.Oleh karena itu, peluang masyarakat Indonesia dalam berwirausaha sebenarnya cukup besar.

Tentu saja, Anda perlu memiliki modal yang cukup untuk berwirausaha. Selain itu, untuk menunjang keberhasilan, Anda perlu meningkatan hard skill dan soft skill agar semakin mantap mempersiapkan diri dalam mengahadapi MEA. Mulailah dengan beberapa cara berikut!

1. Mampu Berbahasa Asing

Saat ini, banyak perusahaan asing bermukim di Indonesia. Bekali diri Anda dengan kemampuan berbahasa asing. Paling tidak, Anda cukup menguasai satu bahasa lain yang digunakan secara global seperti Bahasa Inggris.

Baca juga: Jadi Pengusaha, Harus Berani Beda!

Apabila kemampuan berbahasa asing Anda bagus, komunikasi dengan kolega dari luar negeri pun akan lancar. Nilai jual Anda bertambah, sehingga tak perlu ragu bersaing dengan tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia.

2. Jadi Seorang Pemimpin

Pemimpin MEA yang ahli

Leadership atau kepemimpinan pasti sudah pernah diajarkan semasa di bangku sekolah. Namun, belajar tidak hanya berhenti di situ saja. Anda perlu meningkatkan kualitas diri agar memiliki kemampuan leadership yang lebih baik lagi.

Orang-orang yang memiliki kemampuan leadership tentu dibutuhkan dimana saja. Pasalnya, orang dengan leadership skill yang baik bisa mengatur dan peduli terhadap kemajuan kelompoknya.

3. Terampil Public Speaking

Kemampuan berbicara atau komunikasi memang dibutuhkan dimanapun Anda berada. Di lingkungan terdekat seperti keluarga atau pertemanan pun sangat penting untuk berkomunikasi dengan baik, apalagi di lingkungan kerja.

Baca juga: Digital Marketing Mudahkan Strategi Penjual Jaring Konsumen

Untuk meningkatkan kemampuan ini, Anda perlu terus berlatih.Salah satu caranya adalah dengan presentasi di depan banyak orang agar Anda bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA dengan lebih baik.

4. Perluas Jaringan Kerja

build networking

Memperluas jaringan atau networking dapat membuka karier dan peluang untuk berwirausaha. Cara memperluas jaringan yang mudah dengan memiliki banyak kenalan dan dari berbagai kalangan.

Gabungan dalam sebuah komunitas, sering ikut forum diskusi, dan ciptakan relasi yang lebih baik terhadap orang sekitar Anda.

5. Project Management yang Baik

Anda bakal semakin menonjol jika memiliki pengetahuan project management yang baik. Kemampuan dalam merancang sebuah proyek menandakan Anda adalah orang yang mampu memegang sebuah peranan penting. Dari situ, Anda bisa belajar untuk bekerja lebih profesional baik secara individual maupun tim.

Baca juga: Solusi Modal Usaha Lewat Pinjaman Cepat

6. Berpikir Luas dan Terbuka

Berpikir luas dan terbuka merupakan salah satu kunci dari keberhasilan. Sikap ini tentunya sangat bermanfaat ketika memasuki lingkungan baru, sehingga memudahkan Anda untuk beradaptasi dengan cepat. Sifat terbuka akan mampu menerima perbedaan-perbedaan yang terjadi terutama di lingkungan kerja.

7. Tingkatkan Profesionalisme

Sikap ini sudah sewajarnya Anda miliki dalam bekerja. Jangan campur aduk masalah pribadi dengan pekerjaan. Begitu pun sebaliknya, persoalan kerja dibawa ke rumah.

Tanamkan kebiasaan bekerja keras, bekerja pintar, tekun dan selalu berusaha fokus pada tujuan. Agar semua hasil kerja yang Anda lakukan bisa memberikan hasil yang memuaskan.

bisnis startup

Beberapa skill di atas memang sangat berguna untuk mempersiapkan diri dalam mengahadapi MEA. Apabila Anda memiliki beberapa skill di atas, peluang untuk meningkatkan bisnis dan investasi semakin besar di tengah ketatnya persaingan.

Selain itu, Anda bisa mengambil peluang dengan berinvestasi. Di era MEA ini ada beberapa jenis investasi yang menguntungkan untuk Anda pilih. Misalnya, Usaha Kecil Menengah (UKM)yang inovatif dan kreatif dan mampu bersaing dengan pelaku UKM asing.

Baca juga: Pilih Pinjaman Pribadi yang Sesuai Gaji

Beberapa jenis peluang bisnis lainnya yang bisa Anda pilih diantaranya seperti franchise, pertanian, peternakan, perkebunan, pertanian, startup, obligasi, pasar saham dan reksadana offshore.

Mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA memang harus dilakukan sejak jauh-jauh hari. Sebab, Anda perlu menambah pengetahuan dan skill yang dimiliki agar bisa memberikan nilai tambah pada diri sendiri. Yuk, tingkatkan kualitas diri Anda sekarang!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama