6 Orang Sukses Ini Ternyata Pernah Dipecat Loh!

Dipecat dari pekerjaan mungkin akan menjadi pengalaman buruk bagi siapapun yang pernah merasakannya. Namun, bila mampu belajar dari pengalaman tersebut, bukan tidak mungkin kita akan menuai sukses seperti orang-orang ini.

Dipecat dari pekerjaan mungkin adalah sebuah pengalaman buruk bagi yang pernah mengalaminya. Namun, apapun penyebabnya, hal tersebut bukanlah akhir dari karir bekerja Anda.

Dipecat Bukanlah Akhir Dari Karir Anda

Sebab, pemecatan yang Anda alami seharusnya bisa menjadi pengalaman berharga agar tidak kembali mengalami masalah tersebut. Bahkan, dari kejadian buruk ini pula kita bisa menuai sukses. Tidak percaya? Banyak orang yang sudah merasakannya kok.

Ya, sudah banyak tokoh-tokoh terkenal baik itu di dunia maupun di Indonesia yang pernah merasakan dipecat dari pekerjaan. Siapa saja mereka? Ini dia mereka.

1. Steve Jobs

Mendiang pendiri Apple Inc ini memang sudah sangat terkenal dengan berbagai inovasinya di bidang teknologi melalui produk iPad, iPhone, iMac, hingga iPod.

Steve Jobs, Si Jenius Pendiri Apple

Namun, tahukah Anda kalau dia pernah dipecat dari perusahaan yang dia diirikan sendiri di tahun 1985? Bukannya frustasi, dia justru kembali mendirikan perusahaan lain yaitu NeXT dan Pixar Animation Studios yang sekarang sudah dimiliki oleh Disney.

Ia lalu kembali ke Apple pada tahun 1996 dan langsung membawa kesuksesan besar bagi perusahaan tersebut. Meski sekarang sudah tiada, namun ia meninggalkan banyak penemuan hebat bagi dunia teknologi.

2. Oprah Winfrey

Meski dikenal sebagai presenter terkenal, nyatanya wanita ini pernah gagal dalam pekerjaan yang sama. Ketika menjadi reporter berita malam, Oprah selalu terbawa suasana ketika melaporkan beritanya. Akibat masalah itu, ia lalu diberhentikan oleh produser acara meski tetap memiliki acara khusus di stasiun TV tempat ia bekerja,

Namun, siapa sangka kalau acara "buangan" yang dibawakannya itu berhasil dan membuat namanya menjadi terkenal sebagai salah satu presenter paling sukses seperti sekarang.

3. Walt Disney

Ia terkenal sebagai pendiri dari studio film animasi raksasa, Disney. Namun, sebelum berhasil, di tahun 1919 ia pernah dipecat ketika bekerja di Koran Kansas City Star karena dianggap kurang kreatif. Sangat aneh mengingat karyanya sangat sukses ketika ia lepas dari perusahaan itu, Namun, setelah pergi dari kansas City Star, kegagalan rupanya masih terus mengikuti karena studio animasi yang dia dirikan pasca dipecat yaitu Laugh O Gram juga bangkrut. Namun, ia memilih pilihan yang tepat dengan masuk ke Hollywood.

Hasilnya, Disney sudah dikenal sebagai salah satu perusahaan animasi terbesar yang sukses menciptakan berbagai film kartun terkenal di dunia.

JK. Rowling, Karena Hobi Menulisnya Dia Pernah Dipecat

4. J. K. Rowling

Bagi Anda penggemar karakter Harry Potter pasti mengenal wanita ini. Sebab ia adalah penulis novel yang bercerita tentang penyihir muda tersebut. Namun tahukah Anda kalau ia pernah dipecat karena hobi menulisnya? Ya, sebelumnya Rowling pernah berkarir sebagai sekretaris. Namun, karena dianggap tidak bisa fokus karena terlalu sering menulis, ia akhirnya diberhentikan oleh sang bos.

Ia lalu menerima pesangon yang ia gunakan untuk bertahan hidup selama beberapa bulan sambil menulis Harry Potter. Hasilnya pun luar biasa, cerita yang ia buat itu begitu sukses. Bahkan sekuel terakhir bukunya yang dijadikan film yaitu "Harry Potter : Deathly Hollows Part 2" menjadi salah satu film tersukses sepanjang sejarah.

5. Anna Wintour

Bagi Anda yang menyukai dunia fashion pasti mengenal wanita ini. Ya, dia adalah editor majalah Vogue. Sebelum menuai sukses di tempat ia bekerja sekarang, ia pernah diberhentikan ketika masih berkarir di Harper’s Bazaar!

Namun, pengalaman buruk tersebut justru ia anggap memberinya kesempatan untuk pelajaran. Bahkan, ia berujar kalau pemecatan merupakan salah satu hal terbaik yang pernah dialaminya.

Sandiaga Uno, Pengusaha Muda Indonesia yang Pernah Dipecat

6. Sandiaga Uno

Pria ini dikenal luas sebagai pengusaha muda sukses di Indonesia. Saat ini ia adalah Presiden Direktur PT. Saratoga Investama Tbk. Namun sebelum seperti sekarang, ia pernah menjadi korban PHK saat krisis ekonomi Indonesia tahun 1997. Pasca dipecat, ia langsung mencari pekerjaan lain, namun tidak mudah mencari tempat bekerja di era tersebut.

Bagaimana tidak, Sandiaga menyebut sampai pernah ditolak oleh 25 perusahaan. Akhirnya, ia memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri bersama temannya. Meski sempat jatuh bangun, akhirnya perjuangannya berbuah manis.

Jadi, siapa bilang pernah dipecat berarti masa depan kita akan suram. Ingat, kegagalan bukanlah sesuatu yang harus diratapi, tetapi diambil hikmahnya agar menjadi pengalaman berharga di masa depan. Hambatan adalah hal lumrah bagi orang yang ingin menuai sukses. Karena itu, jangan mudah menyerah dan terus berusaha.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama