5 Situs untuk Mencari Penghasilan Tambahan

Pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan dan Anda butuh penghasilan tambahan. Nah, lima situs online berikut ini dapat Anda manfaatkan. Apa saja? mari simak penjelasannya.

money rain

Sering merasa gaji Anda tak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Atau tak ada yang tersisa untuk ditabung? Anda bisa mendapatkan uang tambahan dengan bekerja sebagai tenaga lepas di situs-situs berikut ini.

Pekerjaan yang diberikan bisa Anda kerjakan kapan saja dan dimana saja, seru kan? Lima situs di bawah ini merupakan situs yang menurut kami menjadi tempat paling cocok untuk mencari pemasukan tambahan. Yuk, kita cek satu per satu lima situs yang dapat menghasilkan uang tambahan berikut ini.

1. Freelancer.co.id

freelancer

Situs yg pertama yg bisa Anda coba adalah Freelancer.co.id. Situs ini awalnya berasal di Australia, namun sekarang sudah bisa diakses dari Indonesia. Sekarang sudah tersedia dalam berbagai bahasa & memiliki delapan kantor di berbagai negara dengan ratusan proyek baru setiap jamnya.

Freelancer Indonesia mengklaim memiliki lebih dari 350.000 freelancer dan 25.000 perusahaan atau pencari jasa. Ada banyak proyek yang berasal dari luar negeri maupun dari Indonesia. Anda tidak hanya menjangkau proyek-proyek di Indonesia bahkan beberapa negara pun bisa.

Di sini Anda bisa menelusuri beragam proyek dari berbagai sektor seperti IT, jurnalistik, jasa penerjemahan, marketing, desain, dan masih banyak lagi. Proyek-proyek tersebut biasanya ditampilkan dengan nama dan deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan, tenggat waktu, jumlah pelamar, dan upah.

Uniknya, Anda bisa menawar atau melelang upah untuk mengerjakan proyek. untuk pembayaran di Freelancer Indonesia masih melalui kartu kredit dan PayPal. Meskipun demikian, rencananya Freelancer Indonesia juga akan menerapkan pembayaran melalui bank.

2. RuangGuru.com

Ruang Guru

Bila Anda seorang guru atapun memiliki kemampuan pendidikan tertentu dan ingin menyalurkan ilmu Anda maka situs ini dapat dimanfaatkan. Ruangguru.com adalah sebuah website yang menghubungkan calon murid untuk menemukan calon guru yang tepat untuk menambah pelajaran di luar sekolah atau kampus, atau mengembangkan keahlian tertentu.

Fokus pekerjaannya memang hanya menjadi guru. Tapi jangan salah, bukan hanya guru yang mengajar pelajaran sekolah saja. Anda yang memiliki kemampuan fotografi, melukis, dan keterampilan lain juga bisa mendaftar disini. Untuk jadwalnya bisa Anda sesuaikan dengan murid yang memilihmu.

Baca juga: 5 Cara Cari Uang Tambahan dengan Cara Sederhana

3. Sribulancer

Sribulancer

Situs ini hampir sama dengan Freelancer, namun ini merupakan situs lokal yang berasal dari Indonesia. Sribulancer membantu bisnis dan konsumer untuk mencari freelancer bertalenta di seluru dunia, mulai dari bidang programer, website desainer, desainer grafis, voice over, pembuat video, penulis artikel dan banyak lagi.

Di Sribulancer, konsep kerjanya adalah Anda bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan keterampilan. Kemudian mengirimkan proposal penawaran dan bid (harga jasa Anda) kepada klien. Freelancer terpilihlah yang akan mendapatkan job tersebut.

Untuk mendaftar sebagai anggota pun kamu tidak dikenakan biaya apapun. Situs ini juga dilengkapi dengan fitur rating dan komentar dari pemberi kerja.

4. Sribu

sribu

Untuk Anda yang ahli dalam bidang desain grafis ini adalah situs yang cocok untuk mencari penghasilan tambahan. Sribu merupakan situs freelance populer di Indonesia yang khusus pada produk digital desain, baik desain grafis, logo, brosur, website dan masih banyak lagi.

Sistem kerja di Sribu adalah perlombaan. Jadi klien akan memasang kontes desain, kemudian para freelance berlomba-lomba untuk membuat desain sesuai dengan kriteria klien tersebut. Desain yang terbaiklah yang akan dipilih oleh klien dan menjadi pemenangnya.

5. UpWork

upwork

Situs ini merupakan situs freelance yang populer. Di sini ada banyak sekali job yang tersedia sesuai keahlian kita masing-masing. Semakin banyak kita menyelesaikan tugas dan menjual jasa maka pendapatan yang dihasilkan akan semakin besar.

Dalam UpWork ada 2 macam sistem job, pertama adalah sistem fixed price, artinya Anda di kontrak untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan akan dibayar jika telah selesai mengerjakannya. Kedua, adalah sistem hourly rate, Anda akan di bayar sesuai waktu kerja.

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang tambahan. Jadi manfaatkanlah keahlian dan kreatifitas yang Anda miliki. Pilihlah beberapa dan fokus di sana atau jika merasa sanggup silakan saja diikuti semua, makin banyak maka makin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan proyek.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Memulai Bisnis Sampingan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama