5 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Pindah Kerja

Mencari tempat kerja yang memberikan jaminan lebih baik kadang mendorong orang untuk pindah kerja. tetapi perhatikan 5 hal ini sebelum memutuskan.

Pernahkan Anda berkeinginan untuk mencari pekerjaan baru? Tempat kerja yang lama sudah tidak nyaman, atau sekedar ingin mengembangkan karir Anda. Hal tersebut adalah suatu hal yang normal untuk dilakukan oleh banyak orang. 

Perasaan bosan, tak puas, dan frustasi seringkali melanda banyak pegawai di tempat kerjanya. Profesional sekali pun sering terpincut untuk pindah ke perusahaan lain dengan iming-iming pendapatan atau fasilitas yang nampak menjanjikan. 

Hal tersebutlah yang mendorong untuk mencari tempat kerja yang lebih baik. Namun jangan dulu tergoda untuk segera resign dari kantor Anda yang sekarang. Sebelum Anda memutuskanuntuk pindah kerja, banyak hal yang harus dipikirkan. 

Sebab pindah kerja bukanlah hal yang bisa dianggap sepele karena membutuhkan pemikiran dan perencanaan yang matang. Berikut ini adalah lima hal yang harus Anda pikirkan sebelum memutuskan pindah kerja ketempat kerja yang baru:

1. Kenaikan Gaji

Faktor utama penyebab Anda ingin pindah kerja adalah gaji yang lebih tinggi dan menjanjikan. Tentunya Anda berharap pindah ketempat baru dapat memberikan pemasukan lebih dari perusahaan yang lama. Pastikahlah jika perusahaan baru menawarkan gaji yang lebih besar dari perusahaan lama.

2. Fasilitas yang Didapat

Jika ditempat lama Anda tidak dapat asuransi atau tunjangan, maka di tempat baru bisa Anda harapkan mendapat fasilitas yang lebih baik. Jadi sebelum Anda pindah, ketahui dahulu fasilitas apa saja yang ditawarkan di tempat kerja baru.

Sebagai pegawai, kamu berhak mendapatkan asuransi kesehatan, asuransi hari tua, jatah lembur, uang makan, tunjangan transportasi, dan lain-lain. Pastikan kamu mendapatkan semua fasilitas dan kalau bisa, fasilitas itu lebih baik dibanding tempat kerja lama. Anda bisa menanyakan hal tersebut ketika melakukan interview.

3. Lokasi Kerja

Kantor lama Anda berlokasi jauh dari tempat tinggal, dan ini kadang menjadi faktor pendorong untuk mencari pekerjaan yang lokasinya lebih dekat. Sebelum pindah kerja Anda bisa mencari informasi mana perusahaan yang memiliki akses paling dekat dengan tempat tinggal.

Pastikan lokasi kerja tempat baru mudah dijangkau. Jangan sampai kamu mendapatkan gaji yang besar di tempat baru, tetapi habis sia-sia hanya untuk biaya transportasi membeli bensin mobil atau motor karena jarak yang jauh dan macet pula.

Lokasi kerja yang ideal adalah yang mudah dijangkau dan juga ramah terhadap alat transportasi umum. Jadi Anda tidak perlu sering-sering membawa mobil dan motor ke kantor dan cukup memakai kendaraan umum saja. Selain bisa menghemat pengeluaran bahan bakar, Anda tidak perlu stres menghadapi kemacetan.

4. Dapat Berkembang

Memutuskan pidah kerja adalah dengan harapan karir Anda bisa berkembang. Jadi pastikan bahwa kantor baru bisa menjamin hal itu. Pilihlah jabatan dan perusahaan yang dapat memaksimalkan potensi diri dan bisa menjadikan Anda profesional yang lebih baik.

Selain itu, pikirkan juga apakah perusahaan tersebut bisa membuat Anda menjadi pekerja yang lebih ahli. Selain tempat baru Anda juga akan mendapatkan pembelajaran baru. Jobdesk yang berkembang akan menjadi bahan pembelajaran dan mendapatkan kemampuan baru yang belum pernah didapatkan di tempat lama.

5. Prospek Tempat Baru

Sebelum memutuskan pindah ke kator yang baru Anda harus mengetahui prospek perusahaan tersebut. Apakah ada kemungkinan bertahan hingga jangka waktu yang lama? Atau saat ini sedang dalam kondisi keuangannya yang buruk? 

Jangan sampai Anda hanya bertahan beberapa bulan di tempat baru karena perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan. Selain itu Anda juga harus berfikir dan menganalisa jenis bisnis yang dijalankan oleh perusahaan baru tersebut. 

Apakah bisnis itu akan memiliki masa depan yang cerah dan prospek yang menjanjikan, atau akan cepat digantikan dengan binis lainnya. Periksalah kompetitornya supaya kamu bisa lebih memahami jenis perusahaan tersebut lebih dalam.

Jadi apakah Anda sudah mempertimbangkan hal-hal diatas sebelum memutuskan pindah kerja? Jika belum memenuhi kualifikasi tersebut maka pertimbangkan kembali rencana Anda.

Baca juga:  7 Pekerjaan Menyenangkan Bergaji Tinggi

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama