3 Jenis Chatting Online yang Mendukung Pekerjaan Anda

Aplikasi ini dapat menunjang pekerjaan Anda di kantor menjadi lebih mudah dan praktis. Tidak hanya sekedar untuk chating tetapi Anda bisa memanfaatkannya untuk hal lain.

work from home

Saat ini semua komunikasi bisa dilakukan semudah membalikan telapak tangan. Yang jauh pun bahkan bisa terasa denkat hanya dengan berkirim pesan. Terlebih lagi teknologi yang semakin berkembang memunculkan berbagai aplikasi berkirim pesan dengan keunggulannya masing-masing.

Aplikasi chatting online merupakan sebuah platform yang dapat mempermudah kita berkomunikasi dengan orang sekitar kapanpun dan dimanapun. Chatting dapat juga disebut sebagai Instant Messenger (IM), yaitu sebuah layanan yang berfungsi untuk bertukar pesan secara lansung / online melalui koneksi Internet.

Fasilitas yang dapat digunakan pun beragam mulai dari percakapan berupa teks, pertukaran gambar, link bahkan ber-telepon ria dan video call. Semua menjadi lebih praktis dan mudah dengan menggunakan fasilitas chat online untuk mendukung pekerjaan Anda di kantor

Banyak terdapat aplikasi chatting online, manakah yang sering Anda gunakan? Sebagai bahan informasi Anda berikut ini kami akan membahas 3 aplikasi chating online yang dapat membantu Anda dalam bekerja.

1. Skype

skype online

Siapa yang tidak mengetahui jika Skype merupakan salah satu Aplikasi Messenger? Grup Skype dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, Amerika Serikat.

Kebanyakan orang mengetahui Skype merupakan aplikasi video dan voice call. Namun Skype hadir sebagai aplikasi messenger baik berupa text, voice ataupun video. Aplikasi ini memiliki fitur yang meliputi text/video chat, photo sending, video/voice call, group chat/call, dan call to phone numbers. 

Saat ini jumlah pengguna aktif bulanan Skype mencapai 300 juta pengguna. Skype dapat dimanfaatkan dalam membantu Anda bekerja di kantor. Melalui aplikasi ini ada dapat terhubung langsung melalui sistem komputer Anda dengan siapapun yang ada di kontak Skype. Anda bisa melakukan panggilan dan bergabung dalam rapat dengan sistem telekonferensi video.

2. Slack

slack online

Slack merupakan aplikasi chat tapi bukan seperti aplikasi chat atau instant messenger lainnya. Slack digunakan sebagai media untuk berkomunikasi dalam sebuah tim. Aplikasi ini untuk memudahkan Anda tetap berhubungan dengan tim kerja tanpa perlu mencari-cari isi email dari anggota tim.

Slack pada awalnya merupakan aplikasi internal yang digunakan oleh perusahaan mereka Tiny Speck. Slack dirilis untuk umum pertama kali pada bulan Agustus 2013 dan sukses mendapatkan 8000 pengguna dalam selang waktu 24 jam. Bulan Juni 2015 pengguna Slack telah mencapai lebih dari 1 Juta pengguna.

Kelebihan Slack terletak pada kemampuan untuk dapat membuat beberapa chatroom sesuai dengan masing-masing tugas tim kerja, ditambah dengan notifikasi yang tidak mengganggu, Anda dapat memantau apa yang sedang terjadi dengan tetap fokus menyelesaikan pekerjaan.

3. HipChat

hipchat online

Hipchat, aplikasi satu ini ditujukan untuk kalangan pekerja. Aplikasi chatting ini mengizinkan para pengguna untuk membuat chat room sampai 5 orang. Ini adalah alat yang hebat untuk tim kerja jarak jauh dan berjalan pada setiap perangkat

Salah satu manfaat yang bisa digunakan adalah untuk membantu memantau pekerjaan Anda. Dengan menggunakan aplikasi HipChat akan akan mendapatkan pemberitahuan mengenai progress sebuah pekerjaan, semua tim yang terlibat dapat memantau langsung melalui HipChat.

HipChat terintegrasi dengan layanan lebih dari 150 aplikasi lainnya contohnya adalah Twitter, Jira, Bitbucket, GitHub, Asana, Google Hangouts, Zendesk, google drive dan lain sebagainya. Tim Anda akan mendapatkan pemberitahuan terbaru ke semua aplikasi yang terintegrasi.

Aplikasi di atas memiliki keunggulannya masing-masing yang dapat dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan Anda sehari-hari di kantor baik secara komunikasi ataupun managemen. Jadi, manfaatkanlah teknologi ini sebaik-baiknya.

Baca juga: 5 Aplikasi Keuangan Memudahkan Anda

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama