Kata Siapa Gaji Fresh Graduate Kecil?

Anda baru lulus kuliah? Bingung mau kerja dimana? Ini dia daftar 5 pekerjaan dengan gaji tertinggi untuk fresh graduate versi JobStreet Indonesia.

Seorang fresh graduate yang baru saja lulus pastinya bermimpi untuk bisa bekerja dengan penghasilan yang menjanjikan. Sayangnya, karena dianggap belum memiliki pengalaman, biasanya (atau sering kali?) seorang fresh graduate mendapatkan gaji dibawah rata-rata.

Namun, tak perlu khawatir! Meski baru lulus kuliah, Anda masih tetap bisa mendapatkan gaji impian dengan profesi-profesi tertentu. Apa saja ya Lantas profesi apa saja yang memiliki gaji tinggi untuk seseorang lulusan muda dan belum memiliki pengalaman yang cukup?

Profesi dengan Gaji Tertinggi untuk Sarjana Baru Versi JobStreet

JobStreet adalah website lowongan kerja terbesar se-Asia Tenggara. Jika Anda baru lulus dan sedang mencari pekerjaan, coba masukan lamaran ke situs pencarian kerja ini. 

Calon pekerja dapat melihat gaji yang akan dibayarkan terhadap pekerjaan yang diminati di berbagai perusahaan, baik di Indonesia maupun di luar negeri, mulai dari yang tanpa pengalaman hingga berpengalaman. 

Melalui situs ini pulan, kami berhasil mengumpulkan data gaji tertinggi sampai terendah untuk seorang sarjana baru. Check this out

1. Insinyur Perminyakan dan Ahli Geologi (Rp 5 juta per bulan)

Sudah menjadi rahasia umum, gaji para staf perusahaan minyak memiliki rata-rata yang cukup tinggi. Nilainya antara Rp 5 juta sampai Rp 7,3 juta, tergantung perusahaan tempat bekerja. Misalnya perusahaan minyak nasional, PT Pertamina, memberikan rata-rata gaji minimal Rp 7 juta untuk sarjana baru. 

Tidak hanya insinyur perminyakan, gaji ahli geologi pun terbilang tinggi. Karena lulusan geologi di Indonesia sangat sedikit, wajar apabila lulusan dari jurusan ini selalu langsung direkrut oleh perusahaan tambang nasional dan internasional. Rata-rata gaji yang ditawarkan adalah Rp 5 juta sampai Rp 8 juta.

2. Auditor (Rp 3,5 juta per bulan)

Bidang ekonomi di Indonesia berkembang dengan sangat cepat, makanya kebanyakan siswa lulusan tingkat menengah atas di Indonesia selalu ingin kuliah di jurusan ekonomi. Alasannya, biar cepat mendapat pekerjaan. 

Memang sih, para lulusan di bidang ekonomi ini memiliki gaji yang bisa dibilang lumayan untuk seorang fresh graduate, apalagi yang berprofesi sebagai auditor. Rata-rata gaji auditor pemula berkisar antara Rp 3,5 juta sampai Rp 5,5 juta per bulannya.

3. Insinyur Proyek dan Jaringan (Rp 3 juta per bulan)

Hampir sama dengan profesi electrical dan system engineer, insinyur proyek dan jaringan juga memiliki wilayah kerja yang luas. Namun, gaji untuk level fresh graduate yang ditawarkan memang lebih tinggi, yaitu sekitar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta perbulannya.

4. Management Trainee (Rp 2,7 juta per bulan)

Perusahaan jenis apapun pasti membutuhkan SDM untuk menempati posisi manajerial. Pelatihan manajemen sangat dibutuhkan untuk mendapatkan calon karyawan yang akan menempati posisi level yang tepat di berbagai divisi yang mengetahui keadaan bisnis perusahaan.

Lahan kerja bidang ini adalah melakukan pengamatan dan membuat laporan, praktek lapangan, dan mencari penyelesaian masalah yang ditemui saat terjun langsung di lapangan. Rata-rata gaji yang diterima untuk management trainee adalah Rp 2,7 juta sampai Rp 4,5 juta.

Meski tidak sebanyak gaji sarjana baru lainnya, posisi management trainee ini cukup jadi incaran karena jenjang karir yang menanti cukup menjanjikan. 

5. Electrical System Engineer dan Programmer (Rp 2,5 juta per bulan)

Profesi electrical system engineer juga banyak dicari oleh perusahaan, mulai dari perusahaan telekomunikasi hingga layanan penerbangan. Gaji yang ditawarkan untuk level fresh graduate pun cukup menjanjikan yakni Rp 2,5 juta – Rp 4,6 juta per bulan, tergantung kebijakan perusahaan dan lokasi bekerja. 

Begitu pula dengan programmer yang dibutuhkan di segala bidang, baik pendidikan, pemasaran, kesehatan, dan lain-lain. Deskripsi tugas seorang programmer antara lain: membangun software, mendesain dan membangun solusi menggunakan embeded sistem atau mikro kontroler, serta testing hardware.

Nah, jika Anda masih bingung mau mengambil jurusan apa saat kuliah atau bingung mau bekerja dimana, pilihan - pilihan tersebut dapat menjadi referensi!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama