7 Cara Sukses dan Kaya di Usia 20-an

Sukses, tidak harus menunggu hingga usia tua atau matang. Sejak umur 20-an pun, kita juga juga bisa menggapainya. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Semua orang di dunia ini pasti ini menjadi kaya raya? Tentu tidak ada bukan. Tidak hanya membuat hidup kita sejahtera, punya harta berlimpah juga bisa membuat Anda memiliki kesempatan banyak untuk berbagi dan membantu orang lain.Masalahnya, kapan kita akan mencapainya? Bagaimana kalau di usia 20-an, menarik bukan?

Kenapa mesti di usia 20-an? Karena pada umur itu, merupakan saat yang penting bagi perjalanan kehidupan seseorang. Sebab, pada masa itulah setiap keputusan dan kebiasaan yang dilakukan nantinya bisa sangat mempengaruhi perilaku dan kebiasaan di masa yang akan datang. Karena itu, menjadi kaya tidak harus di usia tua saja.

Sekarang, pertanyaannya, apa yang mesti kita lakukan agar bisa kaya di usia 20-an? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya. Ini dia ulasannya.

1. Awali Semuanya dari Mimpi

“I Have a Dream” Sebuah petikan ucapan pidato Martin Luther Junior yang menunjukkan kalau ia memiliki sebuah mimpi. Dalam konteks bahasan kita, ucapan itu juga sangat bermakna lho! Karena hal inilah yang akan memacumu untuk mewujudkannya. Jadi, mulailah bermimpi.

2. Pilih Pendidikan yang Tepat

Nah, untuk yang masih belum melanjutkan pendidikan. Mulailah berpikir untuk melakukannya, namun jangan sampai salah pilih yaa. Ambil jurusan yang sesuai dengan minat. Karena orang-orang sukses biasanya mendalami hal yang paling dia sukai dalam hidup. Jangan dengarkan kata orang lain yang menghina pilihan Anda. Mintalah saran dari orang terdekat, agar meyakinkan Anda, apakah pilihan itu tepat atau tidak.

3. Cari Kerja atau Buat Usaha?

Bila sudah lulus pendidikan, ada dua pilihan yang bisa diambil. Mau langsung cari kerja, atau membuka lapangan kerja bagi orang lain. Dua-duanya tidak ada yang salah, namun, jumlah orang kaya dari membuat usaha jelas lebih banyak dari yang hanya berkerja. Namun, membuat bisnis memang memiliki risiko, apalagi dia membutuhkan modal yang kadang-kadang sangat besar.

Sebagai permulaan, cobalah tetap mencari pekerjaan. Nantinya, tidak perlu meninggalkan pekerjaan itu kalau belum yakin berbisnis. Selanjutnya mulailah mencoba mendirikan usaha di bidang yang diminati secara paruh waktu. Untuk saran, jalankan usaha yang sifatnya tidak memakan banyak waktu, seperti via online yang bisa dikerjakan kapan saja. Ketika sudah berhasil menghasilkan laba, mulailah untuk melebarkan sayap dengan fokus mengurus bisnis.

4. Jangan Boros

Ini dia yang sering dilakukan oleh para generasi usia 20-an saat ini, boros! Mentang-mentang sudah mampu menghasilkan uang, kebanyakan langsung ingin memiliki ini dan itu yang membutuhkan banyak pengeluaran. Maklum, karena perubahan status ini, biasanya selalu diikuti dengan perubahan gaya hidup. Nah, hal ini yang mengakibatkan uang gaji bulanan selalu jadi korbannya.

Selain itu, tidak perlu membuat kartu kredit, karena bila tidak cakap memakainya. Bukannya untuk yang datang, malah utang menumpuk yang memburu kita untuk segera dilunasi. Nah, dengan begitu, mulailah menabung, jangan tergoda untuk belanja atau jalan-jalan pakai uang tersebut. Karena fungsinya di masa depan bisa menyelamatkan hidupmu!

5. Mulailah Berinvestasi

Apakah menabung saja sudah cukup? Belum. Karena, Anda masih butuh cara lain untuk membantu mengamankan masa depan. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan berinvestasi. Bagaimana caranya? Ada banyak, bisa membeli reksadana, saham, emas, rumah, dan sebagainya sesuai kemampuan.

Bagi yang tidak memiliki banyak modal, mulailah dari yang tidak membutuhkan dana besar seperti saham atau reksadana. Karena membeli rumah, emas tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Selain itu, hanya dengan uang sekitar Rp 100.000 per bulan, kita juga sudah bisa menelurkan uang di saham dan reksadana. Murah bukan?

6. Lindungi Diri Dengan Asuransi

Menabung sudah, berinvestasi juga sudah, apalagi yang belum? Ada, yaitu memiliki asuransi. Jangan karena menganggap usia masih muda, sudah mendapat asuransi dari kantor, atau bahkan masih dimodali orang tua, kita menjadi ogah membeli asuransi. Padahal, produk perlindungan ini sangat berguna lho!

Cobalah untuk menyisihkan uang bulanan untuk membeli asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Nantinya, layanan itu akan sangat berguna sebagai dana darurat yang bisa melindungi tabunganmu agar tidak terkurashabis jika terjadi sesuatu. Karena itu, yuk mulai berasuransi.

7. Kerja Keras dan Kerja Pintar

Inilah ujung dari semuanya, kerja keras saja tidaklah cukup, karena kita perlu kerja pintar, begitu juga sebaliknya. Percuma kita sudah kerja pontang-panting habis-habisan kalau tidak didukung oleh pengetahuan yang mumpuni. Selain itu, percuma pendidikan kita tinggi kalau bekerja malas-malasan.

Mumpung masih muda, gunakan waktu sebaik mungkin untuk fokus mewujudkan impian.Mulailah dengan datang pagi ke kantor, selesaikan pekerjaanmu semaksimal mungkin. Manfaatkan berbagai sarana dan teknologi yang tersedia untuk membantu pekerjaan dan menambah pengetahuan. Terakhir, perbanyak koneksi dan relasi bisnis, lalu jangan ragu untuk mulai berinvestasi. Dijamin tidak akan menyesal kok. Selamat berusaha ya!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama