Strategi Investasi Emas Untuk Pemula

Harga emas ANTAM naik Rp5.000! Nilai emas yang terus meningkat menjadikannya sebagai investasi jangka panjang yang menguntungkan. Tertarik untuk mencobanya? Perhatikan beberapa hal berikut!

Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) melonjak Rp5.000 pada Kamis lalu. Kini, nilainya berada pada kisaran Rp598 ribu per gram hingga Rp277.8 jutauntuk pecahan 500 gram. Dari gambaran tersebut, emas dipastikan bakal jadi investasi yang selalu menguntungkan.

investasi emas batangan

Ada banyak jenis investasi yang ditawarkan mulai dari deposito, saham, properti, hingga emas. Di antara jenis investasi tersebut, emas dinilai lebih banyak dipilih karena bisa menjangkau segala macam kalangan. Emas merupakan investasi tradisional yang diketahui sudah ada sejak jaman nenek moyang kita. 

Sebelum adanya jenis investasi lain, emas sudah terlebih dahulu digunakan sebagai investasi dan menjadi tolak ukur tingkat kekayaan seseorang. Ada banyak kelebihan jika Anda memilih investasi emas, seperti:

1. Simpanan Masyarakat Awam

Berinvestasi dalam bentuk emas tidak perlu prosedur yang rumit, transaksinya pun tidak sulit. Cukup membeli emas dan menyimpannya. Semua orang dari berbagai kalangan yang tak begitu mengerti perihal investasi pun bisa dengan mudah memahaminya.

2. Dijual Mudah, Gadai pun Cepat

Emas termasuk investasi yang bisa dengan mudah diuangkan kembali dalam jangka waktu dekat. Tidak seperti jenis investasi lain, contohnyaproperti, yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan pembeli atau penyewa.

Anda hanya perlu mencari toko emas atau tempat pegadaian. Dalam hitungan menit, emas Anda pun bisa dicairkan dalam bentuk uang.

3. Nilai yang Fluktuatif

nilai emas terus naik

Meski terkadang mengalami penurunan, tapi harga emas setiap tahunnya selalu naik mulai dari 5% hingga 20%. Dengan harga yang fluktuatif dan cenderung terus meningkat, investasi ini tentu sangat menguntungkan Anda.

Tipsnya adalah, membeli emas saat harga sedang turun. Lalu, jual atau gadaikan di saat harganya sedang melonjak naik.

4. Investasi Jangka Panjang

Nilai emas yang hampir selalu meningkat juga menjadikan logam mulia tersebut sebagai investasi jangka panjang. Anda juga tak perlu mengambil resiko yang tinggi karena investasi ini tergolong jenis investasi low risk.

Baca juga: Pilihan Investasi Cerdas dengan Gaji 4 Juta

Kecil kemungkinan untuk harga emas turun secara drastis. Saat harga emas turun, pasti akan naik kembali dalam waktu beberapa bulan. Orang yang berinvestasi emas bisa merasakan manfaat yang signifikan dalam hitungan tahun.

Strategi Mulai Berinvestasi Emas

Meski investasi emas dinilai sangat mudah dilakukan, tapi Anda juga harus teliti dan cermat dalam mengambil langkah.

investasi emas yang menguntungkan

Ada tiga strategi yang harus dilakukan sebelum Anda memulai investasi emas, yaitu:

1. Tentukan Bentuk yang Tepat

Ada tiga bentuk investasi emas yang bisa Anda pilih, yaitu emas batangan, perhiasan, dan voucher. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Harga emas batangan disesuaikan dengan pasar, sehingga dibandrol tanpa tambahan biaya lain. Jika ingin berinvestasi dalam bentuk emas batang, pastikan dilengkapi sertifikat karena bisa dihargai lebih mahal.

Investasi emas yang paling banyak digemari wanita berbentuk perhiasan. Selain investasi yang bernilai tinggi, bisa digunakan sebagai aksesoris. Tetapi harganya, baik untuk dibeli maupun dijual kembali, berbeda di setiap toko.

Baca juga: Perbandingan Emas Voucher dan Emas Batangan

Tergantung dari kisarat berat dan karat, juga ditentukan dari keindahan serta kondisinya. Semakin sering digunakan warna akan memudar dan tidak lagi mulus. Alhasil, bisa menurunkan harga emas perhiasan tersebut.

Jika pilihan Anda adalah emas voucher,Anda bisa membelinya dengna cara mencicil. Jadi saat Anda belum memiliki dana yang cukup untuk membeli emas per gram, maka Anda bisa mulai mencicilnya dengan nominal tertentu. Saat sudah mencapai beberapa gram, Anda bisa mengambilnya dalam bentuk emas fisik.

2. Pilih Tempat Beli

Meski mudah didapatkan, sebaiknya Anda tidak membeli emas secara sembarang. Ada empat tempat yang dijamin aman untuk membeli emas: ANTAM, toko perhiasan, pegadaian, dan secara onlinemelalui situs yang terjamin.

Toko emas kebanyakan hanya menyediakan dalam bentuk perhiasan, meski ada juga yang menjual emas batangan atau logam mulia hanya jumlahnya tidak banyak.

Bisa beli emas di kantor pegadaian? Di sana, Anda bisa memiliki emas dalam bentuk perhiasan maupun batangan. Namun,biasanya kualitas yang disuguhkan lebih rendah karena merupakan bekas barang gadai.

Baca juga: Menabung Emas di Pegadaian Solusi Investasi Terbaru

Lain hal, jika Anda membeli emas langsung di kantor ANTAM.Anda akan mendapatkan emas dalam bentuk batangan logam murni. Tetapi, di sini ada batasan antrian sekitar 150 - 200 orang per hari untuk membelinya.

Terakhir, beli emas secara online melalui website seperti KreditGoGo, atau situs marketplace yang menyediakan fitur jual beli emas seperti Bukalapak. Jenis emas yang dapat dibeli secara online adalah emas voucher yang bisa dicicil mulai dari harga Rp110 ribu, Rp220 ribu, hingga Rp550 ribu.

Lewat online,Anda bisa men-top-up voucher sampai dananya terkumpul untuk membeli satu gram emas hingga lebih. Cara ini dikenal lebih aman, mudah, dan tidak memberatkan keuangan Anda.

3. Tempat Penyimpanan Paling Aman

Saat emas sudah terbeli, hal yang harus Anda lakukan adalah menentukan lokasi penyimpanan yang aman. Jika Anda membeli emas batangan, maka lebih baik menyimpannya di bank atau pegadaian. Untuk emas perhiasan, Anda bisa menyimpannya di pegadaian atau di rumah.

Saat menyimpan di rumah, belilah brankas khusus yang tahan api untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda memiliki emas voucher, maka Anda tak perlu repot menyimpannya karena emas voucher tidak membutuhkan tempat penyimpanan. Mudah bukan?

Baca juga: 7 Kiat Sukses Siap Hadapi Persaingan MEA

Nah, apa sekarang Anda sudah mantap untuk berinvestasi emas? Jangan lupa untuk memilih jenis emas yang tepat karena akan menentukan dan memudahkan Anda ke depannya nanti.

Semoga dengan informasi di atas, langkah Anda jadi lebih mudah dalam berinvestasi emas.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama