Pilihan Investasi untuk Kaum Muda

Kata siapa investasi hanya dilakukan oleh orang yang berusia tua, Anak muda pun bisa. KreditGoGo memiliki beberapa ide investasi sederhana untuk investor muda.

Mempersiapkan masa depan cerah harus dilakukan sejak muda. Setiap orang memiliki tujuan kesuksesan finansial berbeda-beda. Tidak peduli berapa usia Anda, untuk berinvestasi tidak perlu menunggu usia tua dan modal yang besar.

Usia hanyalah angka, tidak sama dengan angka yang muncul pada rekening bank Anda. Dalam mencapai tujuan keuangan perlu diperhatikan soal pemahaman potensi investasi dan membuat keputusan yang tepat untuk meminimalkan risiko.

Namun melakukan sebuah investasi bukanlah tugas mudah. Ketika orang berpikir tentang investasi mereka beranggapan tentang obligasi yang rumit, pasar saham yang naik turun, dan tingkat risiko. 

Dalam hal ini untuk berinvestasi Anda tidak perlu menjadi seorang profesional atau mengambil risiko tinggi untuk mendapatkan tambahan uang pada modal Anda. Kami mendaftarkan beberapa jenis investasi untuk kaum muda.

Jenis investasi ini menyeimbangkan risiko, modal investasi yang rendah dan pengembalian investasi. Berikut ini adalah beberapa daftar pilihan investasi untuk kaum muda

# Deposito

Deposito tidak memerlukan pengetahuan investasi yang banyak dan umumnya dianggap berisiko rendah. Pengembalian dijamin sesuai dengan jumlah yang didepositkan tapi bunga biasanya lebih rendah dari investasi berisiko tinggi.

Jenis investasi ini menjamin pengembalian hasil yang lebih tinggi dari tabungan, imbal hasil deposito per tahunnya mencapai angka 7% - 8%, tergantung besar uang simpanan dan jangka waktu penyimpanan. Dengan nilai investasi minimal sebesar Rp 1 juta.

Deposito memiliki pilihan jangka waktu yang beragam dan Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Tersedia jangka waktu 1, 2, 3, 6, 12, 18, sampai 24 bulan. Pilihlah sesuai dengan tujuan investasi Anda. 

Besaran bunga deposito sangat tergantung dengan setoran awal dan durasi penyimpanan, semakin lama dan semakin besar uang yang disimpan maka akan semakin tinggi pula bunganya.

Produk deposito pilihan yang menawarkan suku bunga tinggi, biaya pembukaan rendah, dan biaya penalti rendah adalah BNI Deposito, Mandiri Deposito E-banking, BRI Deposito Rupiah, BCA Deposito Berjangka, dan BJJ Deposito Jasa.

# Properti

Sebuah survei di Indonesia mengungkapkan, anak muda usia 20-30 tahun sudah siap membeli properti. Memang investasi properti membutuhkan modal besar tetapi properti tidak terpengaruh nilai inflasi justru menjanjikan imbal hasil tinggi sebab harga properti per tahun selalu naik.

Semakin besar model investasi akan berbanding dengan risiko dan imbal hasil yang didapatkan. Jadi ketahui dulu seperti apa investasi properti yang Anda pilih. Pertimbangkan pula besaran biaya rutin pemeliharaan, PBB tahunan dan pajak jual belinya.

Cukup membeli sebuah rumah di lokasi yang tepat Anda bisa mendapatkan keuntungan dua kali lipat harga pembelian dalam 5-10 tahun (atau kurang, jika daerahnya sangat menguntungkan).

Bagian terpenting dalam memilih properti terbaik agar pengembalian tinggi adalah pilihan daerah tersebut apakah mulai ramai dan berpotensi untuk berkembang dikemudian hari. Daerah properti yang masih berkembang memberikan keuntungan sebab nilai pembelian tidak terlalu tinggi

Selain lokasi perhatikan juga jarak dari fasilitas, ketersediaan transportasi umum, pengembangan sekitarnya, desain, ukuran, estetika, persepsi masyarakat dan citra lingkungan.

# Emas

Emas adalah instrumen investasi yang memiliki nilai relatif stabil dari waktu ke waktu dan paling mudah dilakukan. Maka dari itu emas termasuk jenis investasi paling aman namun keuntungan sangat kecil. 

Bila ingin mendapatkan keuntungan besar Anda harus melakukan investasi jangka panjang diatas 5 tahun. Dalam beinvestasi emas pastikan emas yang Anda beli memiliki sertifikat resmi. Kebanyakan orang tertipu dengan tawaran-tawaran investasi emas bodong.

Jika Anda masih minim modal emas mungkin bisa menjadi pilihan. Sama seperti pribahasa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, Anda pun bisa menginvestasikan sedikit demi sedikit uang Anda dalam jangka waktu lama.

Kesimpulan

Hal utama dalam investasi adalah imbal hasilnya dan bagaimana Anda memaksimalkan modal yang telah tersedia. Sejujurnya ada banyak peluang investasi untuk Anda pilih hanya perlu berbekal pemahaman dan memilih yang tepat agar sesuai dengan tingkat risiko, modal yang tersedia dan preferensi.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama