Pilihan Investasi Cerdas dengan Gaji 4 Juta

Ingin berinvetasi tapi merasa penghasilan relatif kecil, sementara hasrat konsumtif semakin meningkat. Dilema ini sering dihadapi oleh first jobber. Beberapa produk investasi berikut bisa jadi pertimbangannya.

Bagi para first jobber, mendapatkan sebuah pekerjaan adalah sebuah perasaaan yang membahagiakan. Tetapi tidak sedikit yang bingung setelah mendapatkan penghasilan karena terkadang gaji mereka habis entah kemana. Sementara, untuk melakukan invetasi merekapun masih bingung menentukan produk keuangan apa yang sesuai dengan mereka.

Sebenarnya, saat itulah, kita perlu memikirkan cara mengelola keuangan untuk investasi kita di masa depan. Berikut ini adalah beberapa pilihan invetasi untuk pekerja pemula yang aman dan mudah untuk dilakukan.

tabungan rencana

Tabungan Rencana

Perbedaan antara tabungan rencana dengan yang umum adalah dana dalam tabungan rencana tidak bisa diambil sebelum melewati batas kontrak menabung. Anda harus sudah menentukan jangka waktu dan alokasi jumlah dana sejak awal.

Ya, jumlah setoran tabungan per bulan, diserahkan kepada nasabah sesuai kemampuan menabungnya. Poin ini yang memberi Anda kemudahan dalam menabung karena dana yang disimpan tidak perlu terlalu besar.

Baca juga:Tabungan Rencana Vs. Deposito, Pilih Mana?

Hasilnya pun bisa digunakan untuk kebutuhan di masa depan seperti yang sudah direncanakan. Keuntungan lain tabungan rencana, bunga yang ditawarkan lebih tinggi. Bahkan, beberapa bank ada yang menawarkan dengan bunga setara deposito.

Tabungan Emas

investasi emas

Prinsip menabung emas, sama dengan tabungan biasa. Namun, saldonya berupa nilai emas yang Anda miliki. Misal, harga emas per gram sebesar Rp500 ribu dan Anda menabung sebesar Rp1 juta. Maka, tabungan Anda sebesar 2 gram emas.

Produk tabungan emas ini dikembangkan oleh Pegadaian. Untuk membukanya, sangat mudah. Anda hanya perlu membawa fotokopi data diri dan membayar biaya administrasi sebesar Rp10 ribu.

Baca juga: Menabung Emas di Pegadaian Solusi Investasi Terbaru

Setelah itu, Anda bisa menabung sesuai dengan kemampuan. Tetapi, harus diingat untuk menarik tabungan emas ini hanya dapat dilakukan setelah mencapai berat tertentu yang disyaratkan oleh Pegadaian.

Produk ini bisa Anda manfaatkan sebagai instrumen investasi dalam jangka waktu menengah. Dengan angsuran per bulan yang disesuaikan kemampuan, Anda bisa mendapat hasil berupa logam mulia yang nilainya cenderung terus meningkat setiap tahun. Berbeda dengan nilai mata uang dan pastinya ini akan lebih menguntungkan.

Reksadana

Investasi reksadana merupakan salah satu produk invetasi yang sangat populer beberapa tahun belakangan ini. Nilai return yang cukup tinggi serta keamanan membuatnya jadi pilihan invetasi yang menyenangkan

Walaupun sebenarnya produk ini ditujukan sebagai invetasi jangka panjang, tetapi tak ada salahnya Anda mulai mengenal invetasi reksadana ini. Kini sudah banyak manajer investasi yang menawarkan produk reksadana dibawah Rp1 juta dengan masa tenor 1-3 tahun saja.

Untuk menghindari risiko yang besar, Anda bisa memulai dengan memilih prduk reksadana Pasar uang atau reksadana pendapatan tetap. Nilai return yang Anda tterima mungkin tidak terlalu tinggi dibanding dengan reksadana saham atau pasar uang, tetapi kedua jenis tersebut lebih aman.

Baca juga: OJK Launching Reksa Dana Baru, Kenali Keuntungannya

Tiga produk investasi tersebut sangat cocok bagi Anda yang baru mulai bekerja. Dengan iuran per bulan yang terjangkau, kurang dari Rp1 Juta, Anda bisa mulai berinvestasi untuk masa depan dengan aman.

Nah, setelah membahas ketiga produk keuangan tersebut, mana kira-kira yang akan menjadi pilihan Anda?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Acep Sutrisno

    Cukup menarik. minta info lebih lanjut

    Reply