Perbandingan Emas Voucher dan Emas Batangan

Produk investasi emas kian beragam, saat ini ada sebuah metode pembelian emas dengan menggunakan voucher. Apakah perbedaannya dengan jenis emas lainnya?

Emas menjadi investasi yang minim resiko, Investasi emas dinilai stabil di tengah fluktuasi pasar keuangan. Untuk jangka panjang, investasi emas akan sangat menjanjikan bagi Anda. Jika nilai uang semakin-lama-semakin berkurang tidak halnya dengan emas nilai emas akan selalu naik dan stabil.

Dengan nilai harga yang terus naik setiap tahunnya serta tidak terpengaruh oleh inflasi, Anda dapat mempertahankan kekayaan atau bahkan menambah kekayaan yang Anda miliki sekarang. Investasi emas dapat dilakukan dalam bentuk batangan, koin, ataupun Gold Exchange Traded Funds (ETFs).

Tetapi baru-baru ini ada metode baru dalam berinvestasi emas yakni dalam bentu voucher sama halnya dengan voucher pulsa. Lalu apakah perbedaannya dengan investasi emas lainnya. Berikut ini kami jabarkan perbedaan antara investasi emas voucher dengan batangan.

Emas Voucher

Emas Voucher ini merupakan sebuah metode atau cara baru dalam membeli emas. Selain emas batangan yang umumnya dikenal masyarakat emas voucher menawarkan kemudahan pembelian emas murni UBS 999.9 secara retail.

1. Sistemnya Mudah dan Praktis

Emas voucher jika dianalogikan ini memiliki kesamaan dengan voucher pulsa untuk ponsel. Perbedaanya, Anda tidak perlu mengunakannya jika memang tidak dibutuhkan. Anda hanya perlu menngumpulkannya sampai dengan jumlah emas yang dikehendaki, setelah itu Anda dapat mencairkannya.

Dengan sistem seperti ini konsumen diberikan kemudahan untuk men-top-up jumlah emasnya kapanpun mereka mau. Jika voucher emas Anda sudah terkumpul hingga mencapai 100 gram Anda bisa menukarkannya dengan bentuk fisik emas tersebut. Jadi lebih praktis daripada harus menyimpan fisik emas.

2. Terjangkau

Terkadang untuk berinvestasi emas masih ada beberapa orang yang terkendala karena ketersediaan dana. Dengan voucher emas Anda yang belum memiliki ketersediaan dana sesuai dengan harga emas per 1 gramnya lebih dipermudah

Sebagai informasi harga emas sekarang adalah Rp 568 ribu per gram. Jadi setiap orang yang ingin memiliki emas murni 999.9 dapat membelinya sesuai kemampuan. Voucher emas yang tersedia terdiri dari 4 jenis nominal yang berbeda, mulai dari yang terendah adalah Rp50 ribu, kemudian Rp 100 ribu, Rp. 200 ribu hingga Rp. 500 ribu.

Jadi dengan sistem voucher seperti ini Anda dapat memiliki emas dengan dana yang minim dimulai dari Rp. 50 ribu. Anda bisa sedikit demi sedikit men-top-up sejumlah voucher tersebut hingga akhirnya terkumpul sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Emas Batangan

Ada banyak jenis emas batangan, namun yang paling banyak digemari adalah emas batangan Antam, karena memiliki sertifikat internasional sehingga dapat dijual di pasaran luar negeri juga.

1. Rentan Pemalsuan

Fisik emas dalam bentuk batangan atau lainnya mungkin saja dapat dipalsukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Jika Anda berinvestasi emas dengan membeli emas batangan memerlukan kehati-hatian agar tidak tertipu.

Anda harus bisa membedakan emas yang asli dengan emas palsu. Agar Anda tidaksalah pilih, belilah emas ditempat yang terpercaya dan resmi contohnya seperti membeli emas di PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

2. Membutuhkan Tempat Penyimpanan

Investasi emas dilakukan dalam kurun waktu yang panjang, karena dalam bentuk fisik tentunya Anda membutuhkan tempat menyimpanan untuk jangka panjang. Biasanya Anda dapat menyimpan investasi emas batangan di bank atau pegadaian karena aman dan terpercaya untuk penyimpanan dalam jangka panjang.

Itulah perbedaan antara emas dalam bentuk voucher dengan emas dalam bentuk batangan. Apapun jenisnya yang Anda pilih dalam investasi emas tentunya harapan Anda adalah mendapatkan imbal hasil dari investasi berikut.

Lakukanlah dengan cermat dan teliti sebelum berinvestasi, pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan kemampuan Anda. Kelola dengan baik agar keuntungan berlipat ganda untuk menjamin masa depan.

Baca juga: Panduan Investasi Emas Bagi Pemula

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama