Panduan Investasi Emas Bagi Pemula

Mengapa investasi emas selalu menjadi pilihan banyak orang? Bagaimana cara memulainya? Temukan pembahasan detil mengenai investasi emas pada artikel ini!

Dari berbagai instrumen investasi yang ada saat ini, emas masih dianggap paling aman, apalagi bagi para kaum wanita. Jenis investasi lain kurang diminati karena dianggap terlalu rumit atau beresiko. 

Misalnya saja saham atau valas, jika investor tak siap, maka bisa jantungan melihat fluktuasi harga, atau investasi properti yang harus menyiapkan modal besar untuk memulainya.

emas antam

Selain aman, investasi emas juga memiliki beberapa kelebihan dibanding instrumen investasi lain. Apa saja?

Nilai Nominal = Nilai Intrinsik

Dengan kata lain, harga bahan dan nilai barang secara keuangan adalah sama. Bandingkan uang kertas yang harga kertasnya tidak seberapa, tapi nilai bendanya mencapai Rp 100 ribu.

Harga Emas Pasti Naik

investasi emas

Dalam jangka panjang, harga emas tidak pernah turun dan akan selalu naik. Jangka panjang yang kami maksudkan disini adalah dalam tahun ya!

Mudah Dijual Kembali

Tidak seperti instrumen investasi lain yang harus ke bank atau penyelenggara investasi tertentu, emas dapat dijual di toko emas manapun. Bahkan bisa juga dijual ke perorangan.

Dapat Digadaikan

Butuh uang tunai tapi belum rela menjual emasnya? Ada lho solusinya! Gadaikan saja. Bisa ke perorangan atau langsung ke kantor Pegadaian. Pilihan yang terakhir ini tentunya lebih aman untuk dilakukan.

Sistem Investasi Mudah Dimengerti

jual emas antam Proses jual beli mas sangatlah mudah. Ikuti saja harga emas yang sesuai dengan harga hari transaksi. 

Untuk akhir pekan (Sabtu dan Minggu), harga emas akan mengikuti harga penutupan di hari Jumat.

Satu hal lagi yang perlu diketahui adalah istilah harga jual dan harga beli akan mengacu pada sisi penjual.

Seandainya tercantum harga jual emas Rp 500 ribu per gram dan harga beli emas Rp 450 ribu per gram maka artinya Anda harus mengeluarkan uang Rp 500 ribu per gram jika ingin membeli emas dan mendapat Rp 450 ribu per gram jika ingin menjual emas.


Dimana Membeli Emas?

Berikut adalah beberapa pilihan jika Anda tertarik untuk memulai investasi emas.

1. Yang paling umum tentunya toko emas

Sebaiknya, pilih toko emas yang sudah menjadi langganan keluarga atau orang terdekat. Anda juga bisa mencari rekomendasi dari berbagai forum keuangan.

Oh ya, tidak semua toko emas menjual emas batangan atau Logam Mulia (LM). Jadi, sebelum membeli ada baiknya melakukan konfirmasi terlebih dahulu.

2. Kantor Pegadaian

Di Pegadaian juga bisa, lho, membeli emas, baik dalam bentuk emas batangan maupun emas perhiasan. Namun, karena stoknya adalah bekas barang gadaian, maka kualitas dan model barangnya tidak seperti barang baru.

3. Kantor ANTAM

Jika ragu masalah keaslian, maka kami sarankan untuk membeli emas langsung di ANTAM. Saat ini, kantor ANTAM hanya ada di 3 kota, yaitu: Jakarta, Surabaya, dan Makassar. Dan ada batasan antrian 150-200 pembeli saja. Alur pembelian di ANTAM bisa diketahui lebih lanjut di Logam Mulia.

beli emas

4. Transaksi Online

Yang lebih suka transaksi via online, sekarang ada banyak juga penjual emas di dunia maya. Tapi selalu pastikan reputasi penjualnya, ya! 

Gunakan forum online yang membahas tentang investasi emas untuk mendapatkan rekomendasi penjual-penjual yang terpercaya.


Bagaimana dengan harganya?

Di Indonesia, acuan harga emas bisa dipantau melalui  situs resminya. Namun, jika Anda telah memiliki toko atau penjual langganan, maka biasanya ada sistem broadcast harga emas harian langsung ke ponsel pelanggan.

Contoh broadcast yang setiap hari saya terima berbentuk seperti ini:

GOLD Morning!!!!!
TOKO MAS YYY tlp: 0878xxx
Logam Mulia Antam
Harga Emas tgl 18/05/2015.(*waiting*11.00wiB-)
100 gr = Rp 511.000,- /gr
50 gr = Rp 513.000,-/ gr
25 gr = Rp 515.000,-/ gr
10 gr = Rp 521.000,-/ gr
5 gr = Rp 527.000,-/ gr
Buy Back Price Pls Call. Harga dapat berubah²
Harga diatas harga Nett
Pembayaran Selambat²nya jam15.00wib
Thank you :D

Bagaimana, mudah kan berinvestasi emas? Yuk, mulai dari sekarang!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama