ORI013, Investasi Aman Sekaligus Menjaga Lingkungan

Maraknya penipuan berkedok investasi penggandaan uang dengan iming-iming untung berlimpah kian banyak. Memilih investasi yang aman sekaligus menjaga lingkungan pantut menjadi pilihan.

Kalau mau menggandakan uang, ya lakukan yang benar. Jangan ikut-ikut investasi bodong ataupun menggandakan uang secara cepat dengan ilmu gaib. Kasus penipuan berkedong penggadaan uang oleh seorang Dimas Kanjeng Taat Pribadi menjadi bukti bahwa memilih investasi tidak bisa sembarangan.

Nah, ini ada sebuah jenis investasi yang tidak hanya sekedar menguntungkan, terjamin aman dan terlebih lagi sekaligus menjaga lingkungan. Obligasi Negara Retail (ORI) hadir kembali menawarkan instrumen investasi Obligasi Negara Ritel Seri ORI013.

Terhitung mulai Kamis ini (29/9) hingga 20 Oktober 2016, pemerintah mulai menawarkan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri 013 dengan kupon 6,6%. Lalu apa saja keuntungan investasi ini.

Keuntungan Berinvestasi Melalui ORI013

1. Bunga Tinggi

Pada saat penerbitan, tingkat kupon ORI biasanya lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat suku bunga deposito bank BUMN. Untuk ORI013 tingkat kupon yang ditetapkan pemerintah sebesar 6,60 persen.

Kupon atau bunga dibayarkan setiap bulan dan besarnya tetap sampai dengan jatuh tempo. ORI013 akan jatuh tempo pada 15 Oktober 2019.

2. Menjaga Kelestarian Lingkungan

Dengan membeli ORI013 Anda juga turut berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan. Seluruh agen penjual ORI013 akan mengalokasikan sebagian dana hasil penjualannya untuk disumbangkan ke Yayasan Kehati dalam rangka pelestarian mangrove.

3. Investasi Aman

ORI013 merupakan surat utang yang diterbitkan pemerintah sebagai salah satu sumber pendanaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), maka berinvestasi melalui ORI013 juga aman karena dijamin oleh Undang-Undang.

Undang-undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara (SUN) menyebutkan bahwa Negara wajib membayar bunga dan pokok setiap Surat Utang Negara pada saat jatuh tempo.

Selain itu keuntungan tambahan bisa Anda peroleh apabila Anda memperdagangkannya di pasar sekunder dengan harga yang lebih tinggi daripada harga beli.

Ketahuilah Sebelum Investasi Melalui ORI013

Sebelum Anda memilih investasi ini ada baiknya mengetahui terlebih dahulu karakteristik ORI013. Hal-hal yang perlu diketahui sebelum mulai berinvestasi adalah pertama, potensi gagal bayar sangat kecil karena dijamin pemerintah.

Kedua, jatuh tempo tiga tahun dan proyeksi suku bunga yang akan cenderung turun, sehingga ORI lebih menguntungkan. Ketiga, pajak final atas bunga obligasi lebih rendah yakni sebesar 15% jika dibandingkan dengan pajak atas bunga deposito yang sebesar 20%.

Jadi para perencana keuangan pun kompak menilai, instrumen ORI layak dilirik dan bisa menjadi alternatif investasi. Hanya saja dengan porsi yang sewajarnya dan disesuaikan dengan usia si investor.

Selain itu karena karakteristik ORI yang sama seperti tabungan, maka fungsi ORI dalam keranjang investasi lebih pada kebutuhan jangka pendek. Misalnya untuk kebutuhan renovasi rumah, membeli kendaraan baru, hingga biaya anak masuk sekolah.

Namun investasi aman tidak hanya Obligasi Negara Ritel Seri ORI013 saja, ada banyak investasi lainnya yang memiliki keamanan terjamin.

Jenis Investasi Aman yang Bisa Dipilih

Investasi aman lainya hadir dari bank-bank terbaik di Indonesia. Deposito juga merupakan jenis investasi aman dan yang paling mudah dilakukan. Bunganya cukup menarik dan lebih besar dari tabungan biasa pada umumnya.

Deposito merupakan sebuah produk jasa penyimpanan uang berjangka yang memfasilitasi Anda untuk berinvestasi dengan aman dan menguntungkan. Dengan penawaran suku bunga yang menarik Anda bisa mendapatkan imbal hasil yang menguntungkan.

Untuk melihat berbagai produk deposito terbaik Anda bisa mengunjungi KreditGoGo, dilengkapi fitur kalkulator dengan sistem perhitungan bunga yang akurat sehingga akan memudahkan Anda dalam mendapatkan bunga deposito tinggi yang sesuai dengan keinginan.

Pilihan investasi aman dan tepat dapat membantu Anda mengembangkan modal atau dana tanpa perlu melalu cara yang aneh-aneh. Pintarlah dalam memilih investasi, manfaatkan situs perbandingan KreditGoGo untuk menemukan produk yang tepat, plus bonus hadiah menarik!

Baca juga:
Berpikir Rasional, Inilah Cara Gandakan Uang Tanpa Dukun
Jangan Ragu Mulai Berinvestasi di Usia Muda

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama