Mengenal Lebih Dekat Kredit Investasi

Selain kredit modal usaha ada satu jenis kredit yang khusus diperuntukan bagi pemilik usaha untuk mengembangkan usahanya yaitu kredit investasi. berikut ini penjelasannya.

Jika melihat pada segi kegunaan terdapat dua jenis kredit, salah satunya adalah kredit investasi. Saat ini banyak bank menawarkan produk kredit investasi untuk usaha kecil menengah yang ingin mengembangkan usahanya.

Menjalankan bisnis sukses adalah hal yang diidam-idamkan para pelaku usaha. Dalam memulai sebuah bisnis membutuhkan sebuah keberanian, apalagi jika Anda tidak mempunyai modal awal untuk usaha. Jadi kredit investasi hadir untuk menawarkan solusi bagi para pelaku usaha.

Pengertian Kredit Investasi

Kredit investasi merupakan kredit jangka panjang yang biasanya diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, dan atau kebutuhan khusus terkait investasi.

contoh kredit investasi misalnya untuk membangun pabrik atau membeli mesin-mesin. Masa pemakaiannya untuk suatu periode yang relatif lebih lama dan dibutuhkan modal yang relatif besar.

Ketentuan dan ciri dari kredit investasi adalah

1. Kredit disesuaikan dengan program pemerintah untuk mendorong kegiatan usaha dengan kesempatan kerja yang besar

2. Kredit investasi diberikan untuk keperluan penanaman modal dan pergerakannya secara langsung diawasi oleh bank central

3. Kredit investasi bersifat produktif karena kredit ini dipergunakan untuk perbaikan atau penambahan barang-barang modal dalam rangka meningkatkan produktivitas

Ketentuan Kredit Masing-Masing Bank

Masing-masing bank memiliki ketentuan dan persyaratannya sendiri tetapi secara garis besar ada beberapa hal umum yang harus dipenuhi calon debitur, contohnya menyertakan dokumen-dokumen legalitas perusahaan. Untuk lebih jelasnya mengenai ketentuan dan persayratannya kami jabarkan dibawah ini.

1. Jangka Waktu

Ketentuan di setiap bank berbeda-beda, mereka menawarkan fasilitas kredit yang beragam. Seperti jangka waktu kredit ada yang memberikan sampai 8 tahun dan ada juga yang maksimal hingga 15 tahun.

terdapat juga beberapa bank yang memberikan ketentuan jangka waktu kredit disesuaikan dengan kemampuan nasabah dan cashflow perusahaan. Rata-rata jangka waktu yang diberikan lebih panjang dari kredit pada umumnya.

2. Limit Kredit

Limit yang diberikan pun lebih besar, karena pada dasarnya kredit investasi diperuntukan untuk pembiayaan yang besar. Masing-masing bank memberikan limit kredit yang berrvariasi, dimulai dari Rp 100 juta hingga milyaran rupiah.

Adapun bank yang memberikan pembiayaan berdasarkan besaran proyek yang diajukan. Misalnya saja Bank Mandiri memberikan pembiayaan maksimum sebesar 65% dan Self Financing (SF) 35%.Ataupun Bank BTN memberikan maksimal pembiayaan sebesar 70% dari dari RAB proyek.

3. Suku Bunga

Mengutip data dari Badan Pusat Statistik untuk Suku Bunga Kredit Investasi masing-masing bank berbeda-beda. Per Juli tahun 2015 untuk Bank Persero suku bunga kredit investasi sebesar 11,45%, Bank Pemerintah Daerah sebesar 12,45%.

Untuk Bank Swasta Nasional 12,87%, Bank Asing dan Bank Campuran 10,67%, dan Bank Umum 12,21%. suku bunga tersebut dapat berubah-ubah tergantung turun naiknya suku bunga di pasaran. 

Persyaratan Kredit Investasi

1. Pemohon adalah badan usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas baik Tertutup/PT maupun Terbuka/PT. Tbk., Koperasi, Perseroan Komanditer/CV, dan Perorangan.

2. Melampirkan dokumen legalitas usaha seperti NPWP, SIUP, SITU, TDP / Surat keterangan usaha.

3. Melampirkan dokumen identitas diri seperti KTP / SIM, Untuk badan usaha melampirkan Akte Pendirian dan perubahannya, dan kartu keluarga.

4. Melampirkan copy rekening koran atau rekening tabungan, 3 (tiga) bulan terakhir.

Jadi untuk mengembangkan usaha Anda dan butuh dana yang besar dapat mecoba mengajukan kredit investasi di bank. Beberapa bank tersebut seperti Bank Mandiri, Bank Danamon, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan bank-bank lainnya.

Baca juga: Strategi Mengajukan KMG untuk Pengembangan Usaha

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama