Menabung Emas di Pegadaian Solusi Investasi Terbaru

Sekarang investasi emas menjadi lebih mudah. Anda bisa melakukannya walaupun dananya minim yaitu dengan menabung emas di Pegadaian. Tertarik untuk mencoba?

Kini ada cara mudah yang bisa Anda tempuh jika ingin berinvestasi emas. Apa itu? Terobosan terbaru dikeluarkan oleh PT Pegadaian Persero dengan meluncurkan satu program terbaru, yakni Tabungan Emas. Dalam program ini, nasabah dapat mencicil dengan setoran minimal Rp 5000.

Emas dinilai sebagai investasi paling menguntungkan selain investasi saham, reksa dana, deposito, rumah dan sebagainya. Kendati demikian, banyak orang yang ingin memiliki atau berinvestasi emas, tapi takut untuk menyimpannya di rumah karena merasa kurang aman.

Untuk itu solusinya adalah dengan menabung emas di Pegadaian. Ternyata tidak hanya uang saja yang bisa ditabung, emas pun bisa disimpan dalam bentuk tabungan. Menabung disini bukan artian kita menyetor dalam bentuk emas. Justru kebalikannya, kita menabung untuk membeli emas.

Produk ini memberikan kemudahan kepada masyarakat. Proses menabung dapat dilakukan kapan saja dalam kelipatan 0.01 gram. Uang yang disetorkan akan dikonversi ke dalam emas sesuai dengan harga pada saat transaksi.

Uang yang disetorkan untuk membeli emas minimal dimulai dari Rp 5.000 dan Rp 10.000 dengan nominal tersebut Anda sudah investasi emas seberat emas 0,01 gram. Misalnya nasabah menyetor uang sejumlah Rp100.000, maka akan dikonversi menjadi emas dengan harga pada hari tersebut,

Syarat dan Prosedur Menabung Emas

Untuk memulai menabung emas di Pegadaian, persyaratannya pun sangat mudah. syarat pengajuan tabungan emas yang berupa: Fotokopi KTP, Mengisi formulir pengajuan dan Usia 21 tahun hingga 55 tahun.

Setelah persyaratan sudah Anda lengkapi selanjutnya adalah ada beberapa prosedur yang harus dilakukan sebelum memulai untuk menabung emas, Mengutip dari situt Pegadaian berikut ini adalah prosedur dalam menabung emas:

1. Cara pertama untuk membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian Anda harus melampirkan fotocopy identitas diri (KTP/ SIM/ Passpor) yang masih berlaku.

2. Kemudian mengisi formulir pembukaan rekening serta membayar biaya administrasi sebesar Rp. 5.000,- dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp. 30.000,-.

3. Proses pembelian emas dapat dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram sebesar Rp. 5.360,- untuk tanggal hari ini (22-04-2016). Misalnya jika ingin membeli 1 gram, maka harganya adalah Rp. 536.000,- .

4. Apabila membutuhkan dana tunai, saldo titipan emas Anda dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram dan Anda dapat menerima uang tunai sebesar Rp. 521.000,- untuk tanggal 22-04-2016.

5. Apabila menghendaki fisik emas batangan, Anda dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.

6. Minimal saldo rekening adalah 0.1 gram

7. Transaksi penjualan emas kepada Pegadaian dan pencetakan emas batangan, saat ini hanya dapat dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukkan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.

Baca juga: Panduan Investasi Emas Bagi Pemula

Keuntungan Tabungan Emas

1. Investasi tidak Terbatas Dana

Berinvestasi emas dengan menabung memiliki keistimewaan dibandingkan produk lain. Cara ini tidak membataskan Anda pada dana, nasabah yang ingin memiliki emas tidak perlu mengeluarkan uang banyak, cukup dengan menabung sedikit minimal Rp 5.000.

Sehingga Anda tidak harus menunggu uang terkumpul sampai seharga emas 1 gram baru bisa memulai berinvestasi. Anda bisa melakukan kapanpun sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Bagi mahasiswa ataupun ibu rumah tangga pun bisa melakukannya.

2. Emas bisa Dijaminkan

Sesuai peraturan Pegadaian, Anda hanya bisa mengambil tabungan ketika saldo sudah mencapai nominal setara 1 gram emas. Emas yang Anda tabungkan tersebut bisa dijadikan jaminan jika Anda ingin meminjam uang di Pegadaian.

3. Aman dan Terpercaya

Terkadang dalam berinvestasi emas orang bingung dimana tempat aman menyimpan emas. Nah, dengan menabung emas ini Anda akan merasa lebih aman, walaupun Anda tidak memegang emas tersebut selama jangka waktu tabungan.

Anda akan mendapat jaminan dari pihak pembiayaan yang terpercaya seperti Pegadaian. Sehingga Anda tidak merasa khawatir sebab Pegadaian merupakan lembaga keuangan terpercaya dan milik Pemerintah. Secara rutin lembaga berwenang seperti OJK dan BPK melakukan Audit.

Jadi tidak ada alasan bagi Anda yang memiliki kesulitan menyesuaikan gaji untuk berinvestasi, menabung emas bisa menjadi pilihan tepat. Anda tidak perlu mengumpulkan uang yang bayak, investasi bebas dilakukan sesuai dengan kemampuan.

Baca juga: Beli Emas Perhiasan, Batangan, atau Koin Ya?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama