Mari Mengenal Investasi Emas

Investasi memiliki berbagai jenis instrumen, termasuk emas. Seperti apa keunggulan dan kekurangan jenis investasi ini, berikut ulasannya

keunggulan:

  1. emas memiliki value yang relatif tetap
  2. mudah dicairkan
  3. tidak perlu pengawasan intens

kekurangan:

  1. low risk, low gain
  2. butuh tempat penyimpanan khusus
  3. margin profit tidak seluas property

Siapa sih yang tidak kenal dengan emas? Hampir tidak ada kan. Di samping tanah, logam mulia ini sudah dianggap sebagai salah satu produk investasi yang paling aman dan menjanjikan.

Bisa dibilang, emas memang selalu menjadi favorit bagi semua orang yang ingin berinvestasi. Terutama bagi mereka yang tidak ingin menelurkannya uang di sektor saham atau lainnya yang dianggap berfluktuatif dan memiliki resiko besar.

Emas batangan dan koin

Memang, pada dasarnya semua jenis investasi memiliki faktor resiko yang berbeda-beda, begitu juga dengan emas. Namun logam mulia ini memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki oleh saham. Apa itu?

Emas memiliki nilai (value) yang relatif tetap, sehingga lebih aman dibandingkan reksadana dan saham. Maksud value ini bukanlah harga, di mana harga emas bisa berubah sesuai dengan tingkat inflasi, daya beli masyarakat nantinya akan terus mengikuti pergerakannya.

Hal unik dari investasi emas adalah, harganya yang relatif stabil untuk jangka waktu lama. Harga logam mulia ini berpatokan dengan kurs dollar Amerika Serikat (USD). Jadi, bila kurs USD naik, maka harga emas juga akan ikut naik, begitu juga sebaliknya.

Keunggulan lain dari investasi emas adalah mudah dicairkan menjadi uang tunai (likuiditas). Di mana logam mulia berwarna kuning tersebut mudah diperjualbelikan dan digadaikan sehingga bisa menjadi solusi bila Anda memiliki kebutuhan mendadak atau hanya sekedar ingin mendapatkan keuntungan bila harganya naik.

Sebagai produk investasi, kita memang perlu melihat perkembangan harga pasar. Namun untuk emas, pengawasan pertumbuhan investasi ini tidak perlu dilakukan secara intens layaknya saham, karena berbentuk jual beli jangka panjang sehingga relatif mudah untuk mengetahui perubahannya.

Setelah membicarakan keunggulan dari investasi emas, bagaimana dengan kekurangannya? Tentu masih tetap ada. Seperti investasi jenis lain, prinsip low risk low gain, high risk high gain tetap dimiliki oleh logam ini.

Karena bersifat low risk, maka investasi ini tidak akan memberikan margin profit yang luas seperti properti, saham, dan sejenisnya. Di samping itu, emas juga membutuhkan tempat penyimpanan khusus yang mesti dibeli dengan biaya cukup besar dan memiliki kemampuan sangat baik agar tidak teroksidasi, karatan, serta berubah warna.

Bagi Anda yang tertarik dengan investasi jenis ini, sudah ada banyak pilihan untuk bisa membeli emas. Seperti dalam bentuk batangan, perhiasan (kalung, cincin, gelang, dan sebagainya), hingga cicilan pembelian sekalipun. Di Indonesia sendiri, pilihan yang ketiga sedang marak dilakukan. Angsuran dapat dilakukan di berbagai lembaga keuangan seperti bank syariah atau kantor gadai. Mudah bukan?

Kartun Emas

Bila tertarik investasi emas, sebagai saran, perhatikan acuan harga yang lembaga keuangan dalam menjual logam mulia ini. Karena setiap lembaga biasanya menggunakan pilihan produsen dan referensibiaya yang berbeda.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan nilai uang muka yang dibutuhkan, biaya administrasi, jangka waktu cicilan, dan tata cara pembayaran (fleksibilitas). Namun, yang terpenting adalah, gunakan skema angsuran yang sesuai dengan level keuangan sendiri.

Jangan memaksa bila Anda tidak mampu melakukan investasi ini, sebab investasi bisa dilaksanakan jika tidak mengganggu kebutuhan pokok.

Kesimpulannya, bila Anda ingin berinvestasi dengan margin laba yang tinggi, emas bukanlah jawaban bagus. Namun, untuk bagi yang tidak suka berspekulasi dan mengutamakan investasi yang lebih aman, logam mulia ini sangat tepat untuk dipilih. Ingat, low risk low gain, high risk high gain.

Jadi, Anda tertarik investasi emas?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama