Investasi yang Tepat dengan Uang 1 Juta

Tahukah Anda, saat ini hanya dengan uang Rp 1 juta Anda sudah bisa berinvestasi. Apa saja itu? Kami beberkan 4 pilihan investasi yang tepat bagi Anda.

investasi mulai 1 juta

Kini semua orang bisa berinvestasi, bahkan jika Anda berpenghasilan minim pun tetap bisa melakukannya. Sebab terdapat banyak pilihan produk investasi yang dapat disesuaikan dengan keninginan dan kemampuan.

Dahulu banyak orang berkecil hati ketika hanya memiliki sedikit uang dan mengurungkan niat berinvestasi sehingga uang yang dimilikinya habis untuk kegiatan konsumtif. Tetapi pemahaman tersebut saat ini sudah harus ditiadakan.Saat ini produk investasi semakin terjangkau dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Nah, jika Anda memiliki uang Rp1 juta ingin dikemanakan. Tentunya Anda tahu jika dengan uang Rp 1 juta saat ini masih bisa dinikmati dengan berbagai macam hal. Mulai dari nonton bioskop di tempat yang premium, makan di sebuah hotel mewah, membeli sebuah gadget, belanja baju atau fashion, dan segala kenikmatan lain.

Tetapi hal tersebut bersifat konsumtif dan hanya menghamburkan uang. Semua hal tersebut nilainya akan menjadi nol setelah Anda nikmati. Berbeda halnya jika diinvestasikan, nilai tersebut akan bertambah seiring waktu. Lalu investasi apakah yang bisa dilakukan dengan uang Rp1 juta?

1. Emas

investasi logam emas mulia

Emas merupakan instrumen investasi yang minim resiko. Untuk memulai investasi emas tidak diperlukan uang yang banyak. Dengan uang Rp 1 juta Anda sudah bisa membeli emas 1 – 2 gram. Perlu diketahui saat ini harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) naik Rp 4.000 menjadi Rp 571 ribu per gram pada perdagangan Jumat (26/2/2016).

Nah jika Anda ingin memulai berinvestasi emas pilihlah waktu yang tepat untuk membeli emas. Patokan awal yang paling mudah untuk menentukan waktu yang tepat membeli emas adalah rajin mengikuti perkembangan nilai rupiah terhadap mata uang dolar AS.

Biasanya ketika nilai rupiah stabil atau kondisi perekonomian sedang baik dan dalam keadaan normal itulah saatnya membeli emas, karena pada saat itu emas berada pada harga yang rendah.

2. Reksadana

reksadana

Selanjutnya adalah investasi reksadana atau saham. Reksadana atau saham adalah instrumen investasi pada pasar modal. Jaman sekarang berinvestasi reksadana atau saham cenderung lebih murah dan praktis. Awalnya, berinvestasi saham tak cukup dengan modal jutaan.

Harus memiliki modal puluhan juta, Anda baru bisa berinvestasi saham di pasar bursa. Hal ini tentunya menimbulkan kesenjangan, di mana masyarakat 'biasa' tak bisa berpartisipasi. Namun seiring berjalannya waktu pemerintah dan perusahaan sekuritas menawarkan kemudahan.

Mereka yang masih pemula di dunia investasi saham tidak perlu khawatir dengan risiko kehilangan dana karena salah prediksi. Tidak perlu modal besar untuk memulainya. Hanya dengan modal Rp100 ribu, Anda sudah bisa memulai investasi reksadana.

Sebelum memilih investasi reksa dana sangat penting untuk membuat pondasi keuangan yang kuat seperti misalnya memiliki dana darurat sebelum berinvestasi agar investor tidak serta merta mencairkan investasinya saat membutuhkan dana.

3. Membuat Website

coding website

Saat ini teknologi semakin berkembang, zaman telah mengalami banyak perubahan. Era digital menjadi sebuah hal yang diunggulkan. Jika Anda tidak berencana untuk investasi Anda dapat mengalokasikannya untu membuat sebuah website.

Mengapa website? Sebab website saat ini menjadi jembatan diera digital untuk semua orang, Banyak sekali orang menjadi besar dan kaya karena memiliki sumber penghasilan dari online. Seperti bidang fashion, food, traveling dan lain sebagainya dapat maju dengan menggunakan website.

Seperti yang Anda ketahui banyak orang dibayar karena menjadi pengulas sebuah barang? Atau menjadi pedagang online? Menulis blog? Dan semua itu dimulai dengan aktivitas online mereka yang bisa menghasilkan uang!

Diawali dengan fasilitas sebuah website Anda bisa mengembangkan berbagai bidang. Dengan pengelolaan yang baik sebuah website bisa menjadi sumber penghasilan lain dari penghasilan utama Anda, bahkan bisa saja website Anda diakuisisi oleh perusahaan, katakanlah seperti komunitas terbesar di Indonesia Kaskus.

4. Berwirausaha

ide bisnis

Selain berinvestasi uang Rp1 juta bisa Anda jadikan sebagai modal usaha. Banyak jenis usaha yang bisa Anda pilih dengan modal minim. Ataupun Anda bisa mengandalkan kreatifitas membuat sesuatu seperti desain kaos, kerajinan tangan, dan lain sebagainya untuk kemudian dijual.

Dari pembahasan diatas artinya adalah nilai investasi sudah bisa disesuaikan dengan kemampuan, sehingga investasi bisa dilakukan kapan saja.

Baca juga: Ketahuilah 7 Hal Ini Sebelum Terjun ke Pasar Saham

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama