Intip Berbagai Bentuk Investasi Emas yang Menguntungkan

Bagaimana cara memaksimalkan keuntungan dari investasi emas? Berikut adalah berbagai bentuk invetasi emas yang menguntungkan yang bisa Anda coba.

Emas adalah salah satu investasi yang banyak disukai oleh orang banyak karena terhitung mudah dijalankan dan berisiko rendah. Ada berbagai bentuk investasi emas yang menguntungkan.

Misalnya saja seperti investasi emas batangan, investasi emas perhiasan, atau investasi emas voucher. Cara investasi emas memang cukup sederhana, yaitu beli saat harga emas turun dan jual saat harganya naik.

investasi emas

Bantuk-bentuk Investasi Emas yang Menguntungkan

Selanjutnya, yang menjadi persoalan adalah bagaimana cara memaksimalkan keuntungan dari investasi ini. Padahal sebenarnya ada banyak cara dan bentuk investasi yang bisa dilakukan agar keuntungan investasi emas bisa lebih maksimal.

Misalnya berikut ini. Berikut adalah berbagai bentuk invetasi emas yang menguntungkan yang bisa Anda coba.

1. Investasi Emas Batangan

Bisa dibilang, investasi emas batangan lebih mudah daripada investasi emas perhiasan. Mengapa? Karena setelah beli, emas batangan tersebut bisa disimpan di mana saja, bisa di bank atau di bawah kasur Anda.

Soal jual-beli, Antam pun tetap menjadi pilihan utama. Bahkan saat ini, sudah ada cabang Antam di beberapa kota besar di Indonesia sehingga semakin memudahkan Anda. Tetapi, mereka yang berada di daerah agak susah menjangkau transaksi ini.

Meski begitu, Pegadaian pun bisa jadi pilihan untuk investasi emas. Pasalnya, lembaga ini baru akan membuat lini bisnis emasnya sebagai salah satu anak usaha utamanya.

Harga emas batangan sudah dipatok tanpa embel-embel atau tambahan apa pun, berbeda dengan perhiasan emas. Jadi, harganya memang sudah sesuai dengan pasar.

Selain itu, Anda pun bisa membelinya secara kredit. Disimpan di lembaga seperti Pegadaian ini pun akan bisa lebih aman sebab adanya pengawasan ketat dari petugas keamanan.

Nah agar keuntungan investasi emas batangan bisa lebih semakin maksimal, pastikan selalu melihat gerak harga emas itu di pasaran. Yang terpenting, pastikan juga emas batangan Anda dilengkapi dengan sertifikat untuk mengukuhkan keasliannya.

Emas batangan dengan sertifikat akan dihargai lebih mahal daripada yang tidak. Hal ini juga berlaku pada perhiasan emas, meski kadang tanpa sertifikat pun perhiasan emas tetap bisa diperjualbelikan tanpa hambatan yang berarti.

2. Investasi Emas Perhiasan

kadar emas perhiasan

Perhiasan emas memang lebih banyak dipilih karena bisa sekaligus dijadikan aksesori. Di satu sisi, hal ini memang menguntungkan. Tapi, di sisi lain, ada bahaya yang mengancam. Ketika “dipamerkan”, alat investasi tersebut bisa saja hilang atau rusak.

Kalau sudah begitu, jelas bukan keuntungan yang didapat. Kerugian pun bisa semakin bertambah jika Anda cuek dan tidak memperhatikan komponen harga emas perhiasan tersebut. Apa saja komponen tersebut?

Selain bobot gram dan kadarnya, harga emas perhiasan juga ditentukan oleh:

  • Bentuk (indah/biasa saja)
  • Kondisi (lecet/mulus)
  • Keahlian tawar-menawar

Komponen-komponen tersebut yang menjadikan perhiasan emas memiliki harga yang bervariasi. Di satu toko, perhiasan emas Anda mungkin dihargai Rp 500 ribu. Tetapi di toko lain, mungkin dihargai lebih tinggiatau malah ditawar lebih rendah dari harga tersebut.

Nah, agar mendapatkan keuntungan yang maksimal, Ada harus memastikan bahwa perhiasan emas yang Anda miliki masih mulus serta Anda harus pandai mencari harga tertinggi saat menjual dan terendah saat membeli.

3. Investasi Emas Voucher

investasi emas voucher

Untuk berinvestasi emas, kadang masih banyak orang yang mengalami kendala di awal yaitu kurangnya dana untuk membeli emas yang akan diinvestasikan.

Apalagi harga beli emas 1 gram saat ini (per 27 Oktober 2016) adalah sekitar Rp 526.000 (harga-emas.org).

Padahal tidak perlu khawatir, karena zaman sekarang sudah semakin canggih. Untuk membeli emas saja misalnya.

Jika Anda belum mempunyai dana yang cukup, Anda bisa membeli emas dengan menggunakan emas voucher.

Emas voucher ini terdiri dari 3 jenis pilihan nominal yang berbeda, mulai dari Rp 110.000, Rp 220.000, hingga Rp 550.000. Lalu bagaimana caranya?

Cara Berinvestasi Emas Voucher

Jadi dengan sistem emas voucher seperti ini, Anda bisa membeli emas dengan dana awal yang minim, dimulai dari Rp 110.000.

Selanjutnya, Anda bisa sedikit demi sedikit men-top-up sejumlah voucher tersebut hingga akhirnya terkumpul sesuai dengan yang Anda butuhkan, misalnya hingga terkumpul Rp 526.000 untuk membeli 1 gram emas.

Selain diberi kemudahan di awal, Anda pun tidak perlu mengunakannya jika memang sudah tidak dibutuhkan.

Anda hanya perlu mengumpulkannya sampai dengan jumlah emas yang Anda kehendaki, setelah itu Anda bisa menukarkannya dengan bentuk fisik emas tersebut atau mencairkannya. Tentu jadi lebih praktis daripada harus menyimpan fisik emas.

Sangat mudah dan terjangkau bukan? Hanya dengan dana awal Rp 110.000 Anda sudah bisa mulai menjalankan investasi emas.

Pikirkan kembali masa depan Anda. Berbagai bentuk investasi emas yang menguntungkan ini bisa jadi pilihan Anda.

Anda juga bisa menemukan pilihan atau solusi investasi lainnya, seperti investasi deposito, investasi reksadana, atau yang lainnya hanya di KreditGoGo.com.

#InvestasiEmas

Baca Juga: Beragam Keuntungan Investasi Emas yang Harus Anda Coba
Cara Berinvestasi Bagi Fresh Graduate yang Baru Bekerja

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama