Inilah Investasi Menguntungkan di 2016

Tahun 2016 menjadi awal yang baru untuk berbagai hal, termasuk di bidang Investasi. Akan tetapi, manakah yang memiliki prospek cemerlang di tahun 2016?

Investasi menjanjikan

Dalam perencanaan keuangan dan target finansial untuk jangka panjang orang-orang seringkali memilih investasi. Jenis investasi di Indonesia bermacam-macam bentuknya, antara lain tabungan, saham, asuransi, deposito, emas, properti dan reksadana.

Semuanya memiliki keunggulan masing-masing. Anda harus teliti dan memilih dengan tepat jenis investasi yang ingin dilakukan. Nah, di tahun yang baru ini, kira-kira investasi dibidang apakah yang paling menguntungkan? 

Menurut Financial Planner Aidil Akbar Madjid, Pilihan investasi yang menguntungkan bagi individu di tahun 2016 diantaranya adalah investasi di bursa saham, reksadana, properti dan emas. Mari kita simak penjabarannya

1. Investasi Bursa Saham

investasi bursa saham

Investasi saham dipengaruhi oleh Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Pada tahun 2015 lalu, Muhammad Andoko perencana keuangan One Shildt Financial Consulting mengatakan patokan Indeks Harga Saham Gabungan cenderung tertekan dan berpengaruh pada investasi reksadana dan saham. .

Akan tetapi diprediksi pada 2016 peluang IHSG akan berbalik arah dan menguat, sehingga investasi saham dapat menjadi pilihan di tahun ini. Saham termasuk instrumen investasi yang berpotensi ‘mencetak’ profit tinggi tetapi memiliki risiko yang tinggi pula. 

Inilah yang perlu Anda ingat ketika memilih investasi. Semua jenis investasi memiliki resiko untuk itu Anda harus mengenal betul jenis investasi tersebut. Satu lagi yang tidak boleh dilupakan sebelum berinvestasi saham adalah keadaaan keuangan Anda harus sehat. Saham cocok dijadikan investasi jangks menengah dan panjang.

2. Reksadana

reksadana

Mengutip dari artikel liputan6.com Head of Operation and Business PT Panin Asset Management, Rudiyanto menuturkan, prospek investasi untuk reksa dana di tahun 2016 diperkirakan membaik. Hal tersebut didukung dengan kondisi politik dan perencanaan pembangunan yang membaik, sehingga pertumbuhan ekonomi pun semakin membaik.

Jika ingin memulai investasi reksadana terdapat berbagai pilihan. Pilihan reksa dana harus sesuai dengan kebutuhan agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Anda juga harus tau jangka waktu investasi yang dipilih jangka pendek, menengah, atau panjang.

Jenis reksa dana saham tidak cocok untuk investasi menengah dia lebih cocok untuk jangka panjang, yaitu 15 tahun. Untuk investasi jangka menengah, 5 - 15 tahun, reksadana yang cocok adalah reksadana fixed income‎.

Sedangkan untuk jangka pendek kurang dari 5 tahun, reksadana yang cocok adalah reksadana pasar uang.

3. Properti 

Investasi properti memang sangat menjanjikan, terlebih lagi harga properti selalu naik setiap tahunnya. Di tahun 2016 ini diperkirakan pasar properti di Indonesia bakal kembali mengalami peningkatan. Menurut hasil riset Indonesia Property Watch (IPW) akan ada kenaikan rata-rata harga jual properti sepanjang tahun 2016 sebesar 5%-10%. 

Maka dari itu tahun 2016 merupakan saat yang tepat untuk berinvestasi properti. Dengan meningkatnya perbaikan ekonomi yang terjadi di tahun 2016 daya beli masyarakat mengalami peningkatan. Sebelum berinvestasi Anda bisa survey terlebih dahulu jenis properti apa yang ingin dipilih apartemen atau rumah. 

Pelajarilah beberapa hal seperti lokasi properti, lingkungan sekitar properti, akamodasi, dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi nilai properti tersebut.

4. Emas

investasi emas

Jenis investasi ini menjadi salah satu investasi jangka panjang yang menguntungkan dan digemari banyak orang. Untuk pemula yang baru mulai berinvestasi, emas menjadi pilihan yang tepat karena dinilai risikonya rendah. Pada tahun 2016 ini investasi emas dinilai sangat menjanjikan, sebab pasalnya harga emas di 2016 akan diprediksi terus turun.

Nilai mata uang dolar diprediksi menguat terhadap mata uang lain dan mengakibatkan harga emas dunia turun. Jadi selagi harga emas turun, Anda yang ingin berinvestasi dapat membeli emas lebih banyak untuk disimpan dan dijual ketika harga emas naik.

Keempat jenis investasi di atas adalah yang diprediksi mengalami prospek baik di tahun 2016. Manakah yang menjadi pilihan Anda? Berinvestasilah dengan bijak dan perhatikan hal-hal penting sebelum melakukannya.

Baca juga: Ketahuilah 7 Hal Ini Sebelum Terjun ke Pasar Saham

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama