Dokter Finansial: Cerdas Berinvestasi Lewat Properti

Apakah untung investasi properti? Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli rumah? Apa ada kelebihan lain yang membuat apartemen jadi opsi hunian? Dokter Finansial akan berbagi seluk-beluk investasi properti kepada Anda!

Kini, banyak orang kerap tertarik berinvestasi. Bentuk investasinya pun beragam. Mulai dari emas, deposito, hingga properti yang sekarang paling dilirik. Buktinya, pengusaha real estate dan perumahan berlomba-lomba membangun hunian, baik rumah maupun apartemen, dengan harga yang terjangkau.

Apakah untung investasi properti? Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli rumah? Apa ada kelebihan lain yang membuat apartemen jadi opsi hunian? Dokter Finansial akan berbagi seluk-beluk investasi properti kepada Anda!

investasi properti dan jual apartemen

INVESTASI YANG OPTIMAL

Q: Saya mendapat tawaran untuk berinvestasi tanah dan rumah. Namun, budget saya tidak mencukupi untuk keduanya. Yang mana yang harus saya pilih?
A: Investasi rumah. Pertimbangannya adalah harga rumah selalu dipastikan bergerak naik 15 - 20%. Keuntungan lain dalam berinvestasi rumah, Anda masih bisa menyewakannya kepada pihak lain atau menjadikannya sebagai agunan ketika butuh dana besar.

Jika dana Anda terbatas, pemerintah mengadakan program subsidi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk mereka yang berpenghasilan rendah.

Q: Saya memiliki tanah seluas 800 meter. Apakah sebaiknya dijual untuk kemudian membeli unit apartemen dan dijadikan properti sewaan, atau saya mendirikan rumah kost?
A: Dengan luas tanah tersebut, Anda bisa membangun rumah kost dengan kapasitas 20 pintu. Dari segi biaya pembangunan memang akan cukup besar. Namun, jika pemasukan dari penyewaan kost stabil, tidak butuh waktu lama untuk Anda balik modal.
Sebagai modal pembangunan di awal, Anda bisa coba mengajukan pinjaman dana Standard Chartered Bank KTA hingga Rp200 juta.

Q: Saya bosan bermukim di Jakarta dan ingin pindah rumah, tetapi pekerjaan saya berada di pusat kota. Apa yang harus saya lakukan?
A: Anda bisa membeli rumah di daerah pinggiran kota. Saat ini, banyak terdapat perumahan murah dengan kisaran harga Rp 100 juta di Bogor, Depok, dan Tangerang. Ketiga kota tersebut masih berada dalam cakupan wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), sehingga Anda masih bisa bepergian ke Jakarta untuk bekerja dengan jarak dan waktu yang tidak terlalu jauh.

kreditgogo dokter finansial

INVESTASI TERBESAR DI RUMAH PERTAMA

Q: Dokter, ke mana saya harus mencari dana untuk membeli rumah? Saya sudah berkali-kali mengajukan KPR, tapi ditolak.
A: Sudah coba meminta kredit langsung dari developer? Saat ini banyak developer yang bekerjasama dengan bank dalam memberikan layanan kredit bagi pembeli. Sebagian developer malah menawarkan kredit rumah yang dikelola langsung oleh mereka. Persyaratan kredit ini lebih mudah ketimbang mengajukan di bank. Namun, masa pelunasannya juga lebih singkat, yakni 3–5 tahun.

BERINVESTASI KE APARTEMEN MAHASISWA

Q: Hati saya tidak tenang melepas Anak untuk hidup sendiri selama kuliah di luar kota. Apakah sebaiknya saya biarkan dia kost atau menyewakannya rumah pribadi?
A: Jika khawatir urusan keamanan, Anda bisa membeli apartemen sebagai opsi tempat tinggal. Saat ini, banyak dibangun apartemen yang berada dekat kampus. Selain keamanan terjamin, letaknya yang strategis di dekat kampus, kelengkapan fasilitas memudahkan aktivitas anak Anda yang baru belajar hidup mandiri. Nantinya, apartemen tersebut bisa menjadi investasi atau Anda sewakan jika anak telah lulus.

apartemen murah untuk mahasiswa

BERINVESTASI MELALUI RENOVASI RUMAH

Q: Saya masih memiliki rumah dengan bangunan lama yang sudah agak reyot. Apakah lebih baik saya jual atau dibiarkan saja, Dok?
A: Jika dibiarkan begitu saja, rumah Anda akan hancur tanpa sisa. Sebaiknya, lakukan sedikit renovasi dan rumah tersebut bisa menjadi investasi menguntungkan. Tidak perlu merombak total seluruh bangunan, manfaatkan struktur lama danbeli bahan bangunan di toko matrial yang sedang memberikan potongan harga, agar biaya renovasi tidak membengkak.

Bagaimana? Anda semakin tertarik untuk berinvestasi di bidang properti? Keuntungan berinvestasi di bidang ini adalah harga yang stabil bahkan cenderung naik. Properti adalah investasi jangka panjang karena tidak berhenti pada Anda, namun bisa diwariskan ke anak cucu.

Baca juga:
Dokter Finansial – Kartu Kredit Pertamaku
Dokter Finansial - Persiapan Memasuki Hidup Baru Dengan Pasangan
Dokter Finansial – Hidup Hemat Dengan Kartu Kredit dan Asuransi? Masa’?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama