Beli Reksadana Semakin Mudah Berkat Sistem Online

Membeli reksadana kini tidak sulit lagi karena beberapa Manajer Investasi telah menerbitkan platform online.

  1. transaksi mudah
  2. mutual fund

Kebutuhan orang akan investasi saat ini semakin tinggi. Apalagi tuntutan mengenai pencapaian finansial merupakan hal yang penting. Investasi sebagai alat untuk memenuhi keinginan finansial seperti memiliki rumah, mobil atau menyekolahkan anak bukanlah hal yang asing lagi. Seiring dengan semakin banyaknya orang yang telah melek finansial, produk-produk investasi seperti reksadana kini bukanlah sebuah hal yang asing. Pertumbuhan nasabah reksadana sendiri di Indonesia dinilai cukup pesat. Ketuan Asosiasi Pengelola Reksadana Indonesia (APRDI), Denny Taher menyebutkan bahwa pada saat ini jumlah nasabah reksadana di Indonesia mencapai 180 ribu orang dengan total pengelolaan dana reksdana mencapai Rp 205 triliun. Meski masih dinilai sedikit, pertumbuhan nasabah reksadana diprediksi akan masih sangat cerah. Apalagi APRDI menargetkan jumlah nasabah reksadana di Indonesia akan mencapai 5 juta investor pada tahun 2017 mendatang.

Edukasi Bagi Nasabah

Salah satu hal yang dapat menunjang pertumbuhan nasabah di negara ini selain adanya edukasi bagi para calon nasabah,yang diutamakan untuk kelas menengah yang mencapai 45 juta orang di negara ini, ialah adanya sebuah cara atau prosedur yang mudah pada transaksi reksadana. Kemudahan bertransaksi itulah yang membuat para nasabah merasa nyaman dan efisien untuk membeli atau menjual produk reksdana.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa inovasi mulai berkembang terkait mengenai hal tersebut. Para perusahaan reksadana atau mutual fund yang ada di Indonesia berusaha untuk memberikan layanan yang memudahkan nasabahnya. Apalagi kini perusahaan mutual fund (manajer investasi) bekerjasama dengan agen yaitu bank, menawarkan sebuah layanan internet banking.

Program online dalam membeli dan menjual reksadana merupakan sebuah inovasi yang sangat baik. Hal tersebut belum lagi ditopang oleh pelayanan prima yang dihadirkan oleh ma,sing-masing bank yang bertindak sebagai agen. Oleh karena itu, kemudahan dalam melakukan transaksi menjadikan sebuah nilai jual tersendiri terhadap sebuah produk reksadana.

reksadana

Beberapa bank dan perusahaan mutual fund yang telah menerapkan sistem online dalam pembelian dan penjualan reksadana diantaranya ialah Danareksa melalui Danareksa Online. Melalui Danareksa Online, baik nasabah maupun calon nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi baik jual maupun beli reksadana. Bahkan, Danareksa telah merilis versi mobile sehingga nasabah dapat mengecek secara langsung saldo reksadana langsung melalui ponsel.

Satu lagi mutual fund yang menggunakan transaksi online ialah Trimegah Asset Management. Dengan hanya mengakses situs www.itram.co.id, nasabah bisa melakukan beli dan jual rekasadana selama 24 jam. Fasilitas tersebut juga disertai oleh adanya bebas biaya subscription dan redemption. Dan yang terakhir, PT Bahana TCW Investment juga tidak mau kalah dengan mengeluarkan fasilitas pembelian dan penjualan online melalui situs sinar.bahanatcw.com.

Selanjutnya, Commonwealth Bank juga menawarkan fasilitas online untuk proses transaksi reksadana hanya dengan mengakses www.commbank.co.id. Untuk proses traksaksi cukup sederhana dimana nasabah atau calon nasabah hanya perlu untuk mentransfer dana jika ingin membeli produk reksadana. Sistem yang diberlakukan pun hanya cukup mendebit tabungan Anda dari rekening Commonwealth Bank.

Bukan itu saja, kini juga telah muncul supermarket reksadana yang dirilis oleh PT Indopremier Securities yang diberi nama IPOT FUND yang saat ini telah mengusung 37 produk reksadana dari 9 manajer investasi diantaranya PT Bahana TCW Investment Management, PT Batavia Prosperindo Aset Management, PT BNP Paribas Investment Partners, PT First State Investments Indonesia, PT Indo Premier Investment Management, PT Manulife Aset Management Indonesia, PT RHB OSK Asset Management, PT Sinarmas Asset Management, dan PT Syailendra Capital.

Dengan adanya fasilitas platform online tersebut, kita dapat mengetahui bahwa beberapa perusahaan penerbit mutual fund dan juga agen penjual reksadana telah memberikan sebuah layanan yang memudahkan bagi para nasabahnya. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak perusahaan mutual fund yang akan membuat platform online di kemudian hari.

Sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah Anda siap untuk menjadi investor?!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama