Ayo Amankan Aset Anda di SDB!

Bencana tidak diketahui kapan datangnya. Untuk meminimalisirnya, segera amankan aset berharga pada layanan Safe Deposit Box di bank yang Anda percaya.

Masyarakat Indonesia mulai memilih berinvestasi untuk menggunakan uang dibandingkan hanya menabung di bank, karena dengan berinvestasi, keuntungan yang didapat akan lebih besar. Meskipun hasil yang didapat lebih menguntungkan, ada baiknya Anda juga tetap memperhatikan risiko yang akan timbul dari jenis investasi yang dipilih.

Semakin memiliki banyak uang, pasti semakin besar kecenderungannya untuk berinvestasi. Yang menjadi bukti bahwa Anda telah bertransaksi baik itu untuk pembelian tanah, saham, atau emas adalah sebuah sertifikat. Maka dari itu, Anda harus menyimpan sebaik mungkin jangan sampai hilang, rusak, atau hancur karean kejadian yang terduga.

Melihat pentingnya sertifikat yang menjadi bukti Anda memiliki hak untuk suatu barang, Anda harus betul-betul menyediakan tempat yang aman. Maka dari itu, penting sekali untuk memiliki brankas yang tempatnya tersembunyi, dan hanya Anda yang mengetahuinya, karena untuk sekarang, hanya benda ini lah yang dipercaya untuk menjaga keamanan barang-barang beharga milik Anda.

Tak perlu membeli brankas pribadi, saat ini bank-bank di Indonesia sudah menyediakan tempat yang aman bagi Anda para nasabah yang membutuhkan kotak penyimpanan. Layanan ini dikenal dengan nama Safe Deposit Box atau disingkat SDB.

Apa Itu Safe Deposit Box?

Safe Deposit Box merupakan jasa penyewaan kotak penyimpanan untuk harta atau surat-surat berharga yang Anda miliki yang umumnya disediakan oleh bank. Kotak ini dirancang terbuat dari baja dan ditempatkan didalam brankas yang kokoh dan tahan api untuk memberikan rasa aman bagi para pengguna layanan ini.

Tak hanya itu saja fasilitas yang diberikan, ruangan Safe Deposit Box juga dijaga ketat oleh para petugas keamanan dan CCTV untuk memantau keluar masuknya orang. Jadi, Anda akan tetap merasa aman dan tidak perlu khawatir dengan barang berharga yang disimpan di tempat penyimpanan ini, keamanannya terjamin.

Barang Apa yang Dapat Disimpan Didalamya?

Seperti telah dijelaskan di atas, Safe Deposit Box berguna untuk menyimpang barang berharga, baik itu dalam bentuk kertas, seperti sertifikat saham, obligasi, surat perjanjian, wasiat, akta kelahiran, ijazah, dan lain-lain yang dianggap sangat penting, atau dalam bentuk barang, misalnya perhiasan, emas batangan, berlian, mutiara, dan lain-lain.

Sistem Keamanan Safe Deposit Box

Ruangan dimana tersimpannya Safe Deposit Box memiliki keamanan berlapis untuk meminimalisir kehilangan. Berikut pengamanan standar yang wajib diterapkan oleh pihak bank:

1. Jika ingin membuka Safe Deposit Box, Anda sebagai pemilik harus menunjukkan identitas lengkap. Namun, bila ingin memberikan hak kepada orang lain untuk mengakses brankas, Anda dapat memberikan kuasa pada saat pembukaan SDB, sehingga dapat dibuka oleh dua orang.

2. Ruangan ini dilengkapi dengan CCTV yang dapat merekam siapa saja yang masuk ke dalamnya.

3. Bank tempat Anda membuka SDB, hanya menyediakan dua kunci untuk layanan ini, dimana kunci master dipegang oleh bank, dan yang lainnya oleh nasabah. Untuk membuka brankas Anda, kedua kunci ini harus digunakan bersamaan. Jika hanya satu kunci, kotak penyimpanan barang Anda tidak akan terbuka.

4. Kotak tempat barang beharga milik Anda didesain agar tahan congkelan dan api, sehingga tidak perlu khawatir, harta Anda akan aman dari maling dan kebakaran.

Ukuran SDB dan Biaya Sewa

Biaya sewa SDB ini sangat beragam, tergantung dari ukurannya. Tipe A adalah untuk ukuran kotak besar, tipe B untuk ukuran sedang, tipe C berukuran kecil, dan tipe D memiliki ukuran yang super kecil. Di BCA, bank swasta besar di Indonesia, menyediakan keempat tipe tersebut. Berikut tabel ukuran dan biaya sewa Safe Deposit Box di bank ini.

Ukuran Tipe Biaya Sewa
25 x 26 x 60 A Rp 600 ribu – Rp 900 ribu
12 x 26 x 60 B Rp 400 ribu – Rp 650 ribu
7 x 26 x 60 C Rp 250 ribu – Rp 500 ribu
7 x 12 x 60 D Rp 150 ribu – Rp 250 ribu

Tetap Berhati-hati Memilih Safe Deposit Box

Meskipun SDB diklaim sebagai tempat penyimpanan yang aman, tetap saja Anda harus berhati-hati untuk mengambil keputusan bank mana yang akan dipilih untuk mengamankan barang berharga Anda. Karena ada beberapa kasus dimana nasabah mengaku brankasnya dibobol. Untuk menghindari hal tersebut, berikut tipsnya agar hal tersebut tidak terjadi.

1. Pilih bank yang memiliki reputasi bagus.

2. Baca dengan teliti syarat dan ketentuan yang berlaku di SDB yang Anda sewa. Ini dilakukan untuk mempersiapkan diri apabila dikemudian hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Pilihlah SDB di posisi tengah, sejajar dengan badan untuk memudahkan Anda untuk mengakses brankas. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk meminimalisir jika terjadi banjir atau kebakaran.

4. Jika ingin lebih aman, gunakan juga jasa asuransi. Sehingga jika terjadi hal buruk pada barang berharga yang disimpan di SDB, Anda tidak akan kehilangan seluruh aset yang ada di kotak penyimpanan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama