Apartemen: Solusi Hunian Terbaik

Banyak alasan mengapa orang memilih untuk memiliki dan tinggal di apartemen. Selain praktis dan banyak fasilitas, apartemen juga menjadi sebuah alat investasi yang menguntungkan!

Apartemen saat ini paling banyak diburu sebagai alternatif hunian. Minat masyarakat terhadap bangunan vertikal yang menjulang tinggi ini memang tak pernah sepi. Tidak heran, jika apartemen-apartemen yang tengah dibangun selalu laris manis.

Misalnya, apartemen premium Wang Residence di Jakarta Barat. Menurut Simon Kurniawan,Managing Director Wang Residence, penjualannya telah mencapai 70% dan unit yang paling banyak diminati adalah rata-rata tipe besar dengan harga fantastis.

Tipe dan Ukuran Ideal Untuk Apartemen

Hal serupa juga yang terjadi pada Apartemen Belmont Residence yang didirikan anak usaha Gapuraprima Group, PT Mitra Abadi Sukses Sejahtera, di kawasan Jakarta Barat. Dua tower yang didirikan, yakni Everest dan Mount Blanc, sudah terjual habis.
Bahkan, penjualan Tower Athena yang terbaru dibangun telah mencapai lebih dari 75%. "Padahal, harga unit apartemen itu sudah mengalami kenaikan hingga 70% sejak dibangun beberapa bulan lalu," kata Arvin Iskandar, Managing Director GapuraPrima Group
Tower Athena dibangun di atas tanah seluas satu hektar. Dibangun 18 lantai dengan kapasitas 580 unit, satu lantai basement, plus area usaha.

Ada enam tipe ruang dalam berbagai ukuran yang dibandrol mulai dari Rp500.000.000 sampai dengan Rp1.700.000.000:

Studio Amantha (17.91 meter persegi)
Irish - satu kamar tidur (28.08 meter persegi)
Lilac - satu kamar tidur (26.95 meter persegi)
Oleander - dua kamar tidur (37.61 meter persegi)
Primerose - dua kamar tidur (35.17 meter persegi)
Rose of Sharon - tiga kamar tidur (55.37 meter persegi) 

Marak Pembangunan Apartemen

Berdasarkan survei Colliers Indonesia, pada Juli-September 2016 tercatat ada tambahan 3.317 unit dari enam proyek apartemen baru di Jakarta. Jumlah ini meningkatkan 12% total stok apartemen strata title di Jakarta menjadi 171.014 unit.

Tiga di antara proyek apartemen tersebut, yaitu The Green Pramuka (Scarlet Tower), Sentra Timur Residence (Tosca Tower) dan Teluk Intan (Saphire Tower), masuk dalam kategori segmen bawah.

La Venue (North Tower), yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, menjadi satu-satunya proyek apartemen menengah atas yang dijadwalkan selesai pada kuartal ini.

Tentu saja, peningkatan pembangunan apartemen ini mengikuti permintaan dari masyarakat yang melimpah. Area Jakarta Selatan dan Jakarta Barat merupakan kawasan yang paling banyak memberikan kontribusi dalam tiga tahun terakhir.

Daya Pikat Apartemen

Apa alasannya orang lebih memilih apartemen sebagai hunian? Bukan karena daya beli masyarakat yang tinggi, melainkan fasilitas menarik yang melengkapi bangunan tersebut.

Sebuah apartemen umumnya menyediakan sarana kebugaran, kolam renang, jogging track, taman bermain, minimarket, restoran, cafe, dan berbagai fasilitas lainnya yang menunjang kebutuhan hidup penghuni. 

Akibat keterbatasan lahan, sektor perumahan jarang dibangun di tengah kota. Walaupun ada, harga tanahnya terbilang tinggi. Di beberapa kawasan, kisaran harga tanah permeter sudah mencapai Rp20.000.000 hingga Rp100.000.000.  Alhasil, sektor perumahan lebih banyak dikembangkan di kawasan pinggir kota. Beberapa terdapat di lokasi yang jauh dan kerap kali berada di jalur macet, meskipun telah dilewati oleh tol.

Hal inilah yang memicu ketertarikan masyarakat terhadap apartemen. Selain itu, lokasinya yang cukup strategis untuk bagi masyarakat yang bekerja di tengah Jakarta. Mereka hanya diperlukan membayar bangunan saja sehingga lebih terjangkau.

Pilihan Hunian Praktis

Luas bangunan yang tidak terlalu besar, tapi fungsional, menjadikan apartemen sebagai pilihan hunian yang praktis. Tidak perlu banyak waktu serta energi untuk membersihkan ruangan. Anda juga tidak perlu memikirkan permasalahan menyangkut sarana pembuangan, air, sirkulasi udara, atau gas. Sebab, seluruhnya telah diurus oleh pihak pengelola bangunan.

Penghuni memang dibebankan dengan biaya ekstra untuk urusan tersebut. Namun, uang tersebut juga digunakan untuk mendanai pemeliharaan serta perbaikan struktur eksternal untuk meningkatkan kenyamanan Anda.

Soal biaya sifatnya bervariasi. Dihitung dari jumlah dana yang dibutuhkan untuk membayar pemeliharaan ekterior dan fasilitas hunian vertikal. Selanjutnya, dibebankan sesuai luas per meter dari bangunan yang Anda miliki.

Kelebihan tinggal di apartemen juga berarti keamanan yang lebih terjamin. Penjagaan oleh profesional berlaku selama 24 jam. Di setiap sudut bangunan juga dipasang kamera pengawas (CCTV), yang memantau berbagai kejadian di area luar unit penghuni. Anda pun tak perlu khawatir saat bepergian dalam waktu yang lama.

Yang paling penting, lokasinya mudah diakses dari tengah kota. Mobilisasi para penghuni pun jauh lebih efisien, baik untuk bekerja atau sekedar keliling kota. Anda jadi memiliki waktu ekstra untuk beristirahat secara maksimal.

Investasi Jangka Panjang

Sebagai investasi jangka panjang, apartemen juga menguntungkan. Bila tidak untuk ditempati sendiri, Anda bisa membelinya untuk disewakan kepada orang lain.

Kini, harga sewa apartemen di Jakarta cukup tinggi. Kisarannya mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp20.000.000 per bulan, sesuai luas dan jenisnya.

Margin keuntunggannya semakin menjanjikan, dengan asumsi harga properti yang selalu meningkat setiap waktu. Selama ini, belum pernah terjadi penurunan harga properti, justru selalu melambung tinggi.

Setelah menelisik keuntungan tinggal di apartemen, baiknya paham cara untuk memiliki unit Anda sendiri. Selain dijual secara tunai, para pengembang biasanya menawarkan sistem kredit dalam jangka waktu beberapa tahun. Umumnya para pengelola apartemen telah bekerjasama dengan perbankan. Anda cukup mengajukan pinjaman KPR/KPA kepada bank dan akan dibantu proses kredit-nya. 

Tidak perlu bingung mencari bank yang mampun penuhi kebutuhan Anda dengan baik. Kami berikan informasi lengkap beberapa pilihan bank yang menawarkan produk KPR/KPA terbaik di Indonesia.Silakan bandingkan, pilih yang paling sesuai, dan langsung ajukan secara online. Praktis!

#InvestasiRumah

Baca juga:
Investasi Tanah Vs Investasi Rumah
Apartemen Mahasiswa, Investasi Menguntungkan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Joko Lelono

    Ada plus minusnya juga untuk memiliki apartemen ya.Tergantung kebutuhan dan gaya hidup.bukan begitu bukan?

    Reply
    • Toro

      Mungkin bisa menjadi pilihan solusi tempat tinggal,lebih murah,namun publik belum yakin akan kenyamanan dan keamanan sebagai aset jangka panjang

      Reply