Apartemen Mahasiswa, Investasi Menguntungkan

Bisnis properti saat ini menjadi sarana meraup keuntungan. Kali ini apartemen untuk kalangan mahasiswa pun dibidik sebagai investasi menggiurkan.

Investasi apa yang paling menguntungkan? Jawabnya adalah properti. Para pelaku bisnis properti ini menyakini bahwa bisnis ini menjanjikan pendapatan yang lumayan. Salah satu yang digarap adalah asrama. 

Tak sekadar asrama, tetapi asrama untuk mahasiswa dengan konsep apartmen yang disewakan. Pertumbuhan properti yang menyasar kalangan mahasiswa, keluarga mahasiswa dan investor yang getol berinvestasi untuk disewakan kembali ini semakin marak.

Mereka tertarik untuk menggarap sektor ini demi memperoleh keuntungan yang tak tak sedikit. Apartemen menjadi produk investasi yang menjanjikan keuntungan.

Karena lokasi apartemen biasanya dibangun di daerah strategis, infrastruktur atau fasilitas yang diberikan pihak pengembang jelas lebih baik seperti keamanan, sarana olahraga, dan kebersihan. 

Karena faktor ini, banyak yang menginginkan tinggal di apartemen.

sewa apartemen jakarta

Investasi Keuntungan Berlipat

Bisnis ini kian menjamur karena return-nya cukup menarik dan menawarkan pendapatan pasif yang menggiurkan di tengah pertumbuhan pusat bisnis. 

Keuntungan membeli apartemen itu, selain unit tersebut menjadi aset bagi pembeli, juga bisa disewakan kepada yang lain. 

Alhasil, tingkat hunian apartemen sangat tinggi dengan nilai sewa yang mahal pula.

Jangan heran, jika datang ke kantong-kantong mahasiswa, maka akan ditemui deretan apartemen semacam ini. Seperti di daerah Depok dan Serpong. 

Ceruk bisnis apartemen sewa memang menarik di kawasan yang ramai dengan perguruan tinggi tersebut. Di Depok, proyek premium apartemen mahasiswa dengan nama Evencio Margonda tengah disiapkan oleh PT PP Properti Tbk. 

apply kartu kredit online

Apartemen Sekitar Depok

Pembangunan apartemen itu melengkapi persaingan apartemen lainnya di Depok, antara lain Apartemen Taman Melati, Margonda Residence, Saladdin Mansion, Apartemen Depok Town Square, dan yang terakhir Dave Apartment di kawasan Kukusan.

Untuk membangun apartemen tersebut,PP menyiapkan investasi sekitar Rp 600 miliar. 

Direktur Utama PT PP Properti Tbk, Taufik Hidayat menyakini dua menara Evencio tersebut yang masing-masing berkapasitas 600 unit apartemen akan diserap oleh pasar jika melihat keberadaan kampus dan jumlah mahasiswa yang cukup tinggi dari tahun ke tahun.

Apalagi, di sekitar Depok ada beberapa kampus dari perguruan tinggi, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gunadarma, Universitas Pancasila, dan Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik (IISIP), Universitas Islam Internasional. 

Keunikan yang ditawarkan dari apartemen ini adalah konsep triple key system, yaitu satu unit dengan tiga kunci yang tiap kamar memiliki kamar mandi sendiri. Karena itu, tipe tiga kamar yang berukuran 63 meter persegi ini cocok untuk disewakan kembali.

apartemen jakarta selatan

Investasi Apartemen di Serpong

Di Serpong, permintaan apartemen mahasiswa di BSD terbilang tinggi didukung keberadaan tiga kampus besar di kawasan ini, yaitu Swiss German University, Prasetya Mulia Bussines School, dan STT Sriwijaya. 

Peluang ini ditangkap oleh PT Hutama Karya Realtindo dengan mendirikan Kubikahomy di kawasan EduTown BSD City, Tangerang.

Apartemen ini menawarkan 289 kamar strata title dengan luas kamar mulai 19 meter persegi hingga 27 meter persegi di lahan seluas 3.200 meter persegi.

Terdiri dari bangunan 7 lantai dengan luas total bangunan 8.000 meter persegi, Kubikahomy terdiri dari dua jenis kamar tidur. Tipe Tulip dengan satu tempat tidur dan luas kamar 19-23 meter persegi dan tipe Lily dengan dua tempat tidur dan luas ruangan 26-28 meter persegi.

PT Maju Gemilang Mandiri (MGM Propertindo) juga membangun proyek Apartemen B Residence di BSD City, Serpong, Banten. B Residence terdiri atas tiga menara apartemen setinggi 40 lantai. 

Menara pertama dengan sebutan Tower Tulip telah habis terjual tahun lalu, menara kedua bernama Tower Rose sebanyak 672 unit telah terjual 75% dan menara ketiga tengah disiapkan. 

B Residence didukung dengan fasilitas kolam renang sepanjang 168 meter, sport club, permainan anak-anak, meeting room, sky garden, food court, dan sebagainya.

Perbandingan Sewa dan Investasi

sewa apartemen

Ada alasan mengapa para pengembang membangun apartemen dengan sasaran pasar mahasiswa? Itu karena ceruk pasar di segmen ini cukup tinggi, dengan demand yang terus meningkat. 

Selama ini, gaya hidup modern mahasiwa papan atas hanya bisa dipenuhi rumah kos eksklusif. Para mahasiswa yang ingin hidup praktis, modern, simpel, tak perlu dipusingkan urusan cuci, setrika, bayar listrik, dan lain-lain, selama ini memilih kamar kost eksklusif.

Pada akhirnya sejumlah pengembang memiliki pemikiran, daripada sewa kamar senilai Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta per bulan, lebih baik dialihkan untuk mencicil apartemen

Dengan apartemen, maka 10 atau 15 tahun kemudian bisa menjadi hak milik dan apartemen tersebut bisa dijadikan instrumen investasi dengan disewakan kembali. 

Dan pada kenyataannya pemikiran itu saat direalisasikan mendapat sambutan hangat dari pasar. Buktinya, deretan apartemen yang dilempar ke pasaran meski harganya mencapai Rp 400 juta hingga Rp 750 juta diserbu pembeli.

Untuk membeli apartemen sebenarnya banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Tak hanya pada penyediaan dana saat membeli, tetapi juga harus dipertimbangkan apakah apartemen tersebut sudah dalam keadaan full furnished atau unfurnished.

Full furnished berarti apartemen sudah tertata dan terisi oleh perabotan, seperti kitchen set, air conditioning, sofa, atau tempat tidur.

Jika berniat membeli dengan cara kredit, utamakan mengambil kredit dari bank yang terpercaya. Anda bisa mencari informasi melalui KreditGoGo.

Anda akan menemui banyak informasi mengenai bank mana sajakah yang dapat memberikan kredit pemilikan apartemen, dengan provisi dan bunga yang bersaing. Ada BTN, Standard Chartered Home Suite, BNI, Bank Niaga, UOB dan sebagainya. 

Bagaimana simulasi kreditnya, Anda juga bisa mencarinya di KreditGoGo untuk menghitungnya. Nantinya, Anda akan dapat membandingkan harga-harga dari bank-bank itu. Sehingga, hasil akhirnya, harga terbaiklah yang akan Anda dapatkan.

Baca juga:
Laris Manisnya Apartemen Pinggiran Jakarta
Pertama di Indonesia, Apartemen di Depok Khusus Perempuan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama