6 Bisnis Waralaba Menjanjikan di 2016

Ingin berbisnis tanpa harus susah payah membangun merek dagang? Bisnis waralaba bisa jadi salah satu solusinya! Inilah 6 jenis waralaba yang menjanjikan di 2016.

Peluang bisnis bisa datang dari mana saja. Salah satu bisnis yang sedang marak saat ini adalah waralaba. Waralaba merupakan kerja sama bisnis antara pemilik usaha dan pelaku usaha dengan cara membagi hasil usaha berdasarkan perjanjian yang telah disepakati.

Bisnis waralaba merupakan solusi tepat bagi Anda yang ingin memulai bisnis dengan risiko lebih kecil. Hal ini dikarenakan produk yang akan dipasarkan sudah memiliki nama terlebih dahulu. Sehingga, Anda tidak begitu sulit dalam memasarkan produk.

Ada banyak sekali bisnis waralaba yang bisa dipilih. Bila Anda tertarik menggelutinya, 6 bisnis waralaba di bawah ini cukup menjanjikan dan menguntungkan di tahun 2016. Berikut kami hadirkan ulasannya.

1. Kuliner

Bisnis yang tidak ada matinya adalah bisnis kuliner atau makanan/minuman. Ya, kuliner menjadi salah satu jenis waralaba yang banyak ditemukan dan sering dicari orang-orang.

Waralaba ini cocok bagi Anda yang tertarik pada bisnis makanan/minuman, tapi tidak memiliki keahlian dalam memasak maupun mengelola bisnis kuliner dari nol.

Bisnis waralaba kuliner termasuk bisnis mudah karena memang kaya akan bahan-bahannya. Waralaba kuliner bisa berupa restoran cepat saji, toko roti, kafe, makanan ringan, hingga minuman ringan.

2. Jasa Pengiriman Barang

Merebaknya bisnis online serta tingginya minat masyarakat terhadap berbelanja dengan cara mudah dan praktis, membuat peluang bisnis jasa pengiriman barang semakin prospektif. Ya, jenis waralaba satu ini memang sedang booming akhir-akhir ini.

Tentu saja, fenomena ini menyebabkan jasa pengiriman barang harus ada di setiap daerah. Inilah alasan mengapa bisnis waralaba ini cukup menjanjikan di 2016.

Pekerjaannya pun mudah, Anda hanya perlu mengantarkan barang sesuai alamat dan melakukan pengecekan apakah barang sudah sampai atau belum.

3. Minimarket

Jenis waralaba menjanjikan berikutnya adalah minimarket. Jika dahulu minimarket sangat jarang, justru kini jumlahnya sangat banyak, bahkan menjangkau hingga ke pelosok. Biasanya, kita juga akan menemukan beberapa minimarket yang didirikan dalam jarak dekat.

Minimarket bisa menjual kebutuhan pokok sehari-hari maupun lainnya. Bahkan saat ini, ada juga minimarket yang menyediakan pembelian gas, air minum, pulsa, menerima pembayaran listrik, hingga pembayaran BPJS.

Minimarket memang merupakan bisnis waralaba menjanjikan, karena orang-orang umumnya memang tergantung pada minimarket. Bila tertarik, maka Anda perlu menyiapkan modal kerja yang cukup besar. 

4. Laundry

Bisnis waralaba menjanjikan lainnya adalah jasa laundry atau jasa cuci. Selain murah, jasa laundry juga mudah diterapkan. Anda hanya perlu mencuci baju dan bermodalkan mesin cuci dan detergen, pewangi dan pelembut buatan sendiri.

5. Kecantikan dan Kesehatan

Saat ini, bisnis waralaba dibidang kecantikan dan kesehatan banyak dilirik oleh para pengusaha, baik pebisnis pemula ataupun yang sudah berpengalaman.

Konsep bisnis waralaba ini sangat memungkinkan bagi Anda yang memiliki modal cukup, tapi kurang berpengalaman dalam membangun bisnis sendiri.

Potensi bisnis ini sangat menjanjikan untuk jangka waktu lama. Mengapa? Karena setiap orang ingin tampil cantik dan menarik sekaligus sehat, siapapun itu. Tidak hanya wanita, pria pun banyak yang peduli terhadap penampilan dan perawatan wajahnya.

6. Pendidikan dan Pelatihan

Bidang lain yang juga tidak kalah menarik adalah pendidikan dan pelatihan. Seperti Anda ketahui bahwa pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan. Sehingga tidak heran bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan.

Pendidikan memang diperlukan oleh semua orang, dari seluruh golongan usia. Apalagi, perusahaan-perusahaan pasti membutuhkan karyawan berpendidikan dan juga memiliki keahlian. Karena itulah, bidang pendidikan mulai menjadi lahan untuk bisnis.

Bisnis waralaba dibidang pendidikan dan pelatihan bisa berupa bimbingan belajar,pelatihan menyetir mobil, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk berbisnis waralaba? Jika iya, pilihlah sesuai dengan kriteria dan kemampuan Anda. Selain itu, untuk mengantisipasi risiko, Anda juga perlu menghindari kesalahan-kesalahan dalam menjalankan bisnis waralaba.

Baca juga: Bingung Dirikan Usaha Sendiri atau Waralaba? Cek di Sini

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama