5 Pilihan Investasi Non Konvensional yang Menguntungkan

Nilai return yang tinggi bikin investasi non konvesional mulai dilirik masyarakat Indonesia. Yuk, cari tau peluang keuntungan investasinya dan mulai berinvestasi dengan aman.

Beberapa waktu lalu, Bank Mandiri menggelarseminar tertutup pada 400 orang nasabah terpilih untuk mengenalkan jenis investasi non konvensional. Dalam kesempatan itu, nasabah diberikan bekal informasi dan manfaat yang didapat jika menanamkan uang pada benda senidan perusahaan startup.

investasi karya seni

Ragam Bentuk Investasi Kontemporer

Jenis investasi non konvensionalsebenarnya sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia, tetapi pengelolaannya masih bersifat pribadi. Investasi ini dilakukan tanpa menggunakan produk dari lembaga keuangan dengan memanfaatkan instrumen aset tetap atau barang yang dengan nilai tertentu.

Apa saja investasi non konvesional yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan di masa depan?

1. Rumah dan Tanah

Properti masih jadi pilihan investasi favorit masyarakat Indonesia, terutama di kota-kota besar. Kebutuhan akan rumah dan tempat tinggal pun kian meninggi. Oleh karena itu,nilai propertitak pernah turun dari tahun ke tahun.

Kesulitan untuk memulai investasi properti ini adalah dana awal. Minimal, Anda perlu Rp300juta - Rp400 juta untuk memiliki sebuah properti.

Jangan berkecil hati, Anda bisa mendapatkan dana untuk mencicil pembelian property dengan program KPR.

2. Logam Mulia

Logam mulia seperti emas menjadi pilihan investasi karena nilainya yang terus naik setiap tahun dan tidak tergerus oleh inflasi. Tidak perlu modal besar untuk berinvestasi logam mulai.Saat ini Anda bahkan bisa mencicil beli emas mulai Rp100 ribu melalui produk tabungan emas yang dikeluarkan oleh Pegadaian.

Yang perlu Anda ketahui, kenaikan harga emas cederung stagnan. Akibatnya, keuntungan baru benar-benar bisa dirasakan setelah jangka waktu yang lama.

3. Koleksi Benda Seni

Buat masyarakat Indonesia, benda seni masih dipandang sebuah koleksi. Belum cukup banyak orang yang menyadari besar nilai investasi didalamnya sebanding dengan keindahan yang terlihat dari luar.

Baca juga: 7 Langkah Mulai Bisnis Coffee Shop Untuk Pemula

Padahal, keuntungan yang Anda dapatkan dengan berinvestasi benda seni cukup menggiurkan. Harga jual sebuah lukisan bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Tidak heran jika bank Mandiri menjadikannya salah satu investasi terbaru yang menjanjikan.

Meski begitu, tak dipungkiri berinvestasi benda seni cukup sulit karena butuh pemahaman dan selera yang tepat soal dunia seni. Selain itu, dana yang dibutuhkan untuk memulai investasi ini pun tak pasti, tergantung karya dan popularitas seniman itu sendiri.

4. Produk Fashion Branded

rolex watch

Anda gemar belanja? Jangan langsung merasa boros. Baju, tas, dan sepatu bermerek Anda bisa jadi investasi dengan nilai sangat tinggi, lho. Jika Anda ingin mencoba investasi ini, Anda bisa mulai memilah-milah produk yang akan dibeli dari sekarang.

Baca juga: Isi Ulang Kartu E-Money, Gratis Pakai Cara Ini!

Ingat, barang yang bisa menjadi investasi hanya produk merek internasional dengan standar kualitas baik dan memiliki sertifikat beli resmi. Dengan kata lain, dana untuk investasi ini juga tidak sedikit. Tenang saja, Anda bisa menyiasati untuk berbelanja produk branded dengan manfaatkan fitur promo kartu kredit.

5. Barang Vintage

Perangko lama, komik tua, album plakatvinyl yang dirilis terbatas biasanya menjadi incaran para kolektor. Mereka pun tak segan membayar mahal untuk barang tersebut demi melengkapi koleksinya.

Jadi, tidak salah jika Anda mulai mengumpulkan barang-barang tersebut karena nilainya terus naik di pasaran.

Bandingkan dan Pilih Investasi Terbaik

investasi paling untung

Setiap investasi punya kelebihan dan kekurang. Saat memilihnya, Anda pun harus selalu berpatokan kepada prinsip high risk, high return.

Dari segi keuntungan, nilaiinvestasi non konvensional bisa naik dengan cepat. Risiko nilainya turun karena inflasi juga sangan kecil. Di luar itu, benda-benda tersebut di atas pun dapat dijadikan jaminan untuk mengajukan pinjaman ke bank dalam keadaan darurat.

Meski begitu, risiko dapat muncul dari sisi regulasi dan sistem pengaturan secara hukum. Nilai return juga sangat bergantung kepada kondisi pasar dan hanya bisa diakses oleh kalangan tertentu. Untuk semakin untung dan menghindari kerugian, Anda perlu memiliki pengetahuan yang cukup dalam memilih produk investasi.

Baca juga: Suku Bunga 7 Day Repo Rate Turun, Pengaruh Pada Investasi

Jika dibandingkan dengan jenis investasi konvensional yang dikelola oleh lembaga keuangan, seperti tabungan dan deposito, tingkat keamanannya lebih rentan. Sebab, investasi konvensional memiliki legalitas yang jelas. Hampir seluruh kalangan dapat mengambil investasi konvensional, karena dana yang dibutukan dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan.

Timbal balik yang diterima dari Investasi konvensional pun lebih jelas, meski nilainya sangat kecil dan dipengaruhi inflasi. Itu pun dapat diterima oleh nasabah dalam waktu yang lama.

Keunggulan investasi non konvensional adalah belum begitu banyak pemain yang menjadi saingan Anda. Oleh karena itu, kesempatan Anda untuk untung pun lebih besar.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama