Zakat Online, Cara Mudah Bersedekah

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. THR Lebaran pun sudah ditangan. Jangan lupa berbagi berkah Ramadhan dengan bayar zakat! Kini, ada caranya yang lebih gampang lewat online. Simak penjelasannya!

Zakat sebagai salah satu rukun Islam hukumnya wajib ditunaikan. Pelaksanaan Zakat di Indonesia pun semakin mudah dengan dukungan teknologi yang lebih maju. Kini, zakat bisa dibayarkan secara online.

Inovasi pelayanan zakat online pastinya lebih praktis buat Anda. Selain itu, apalagi manfaatnya?

zakat online

Online Lebih Cepat dan Tepat Sasaran

Lewat online, membayar zakat dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Sistem ini tentu saja memudahkan Anda yang tidak sempat mampir Badan Amil Zakat.

Berbagai badan amal dan yayasan amal pun sudah banyak yang menyediakan layanan ini. Anda cukup menggunakan akses yang diberikan dan kewajiban rukun Islam keempat ini pun berhasil Anda tunaikan.

Baca juga: Zakat Bisa Meringankan Bayar Pajak, Ini Penjelasannya!

Melalui cara online, Anda juga sekaligus berkontribusi membantu penyaluran zakat secara merata dengan jangkauan area yang lebih luas. Jika Anda terbiasa untuk menyalurkan amal di lingkungna sekita tempat tinggal Anda, penerimanya punya hanya yang berasal dari orang setempat.

Tetapi dengan menggunakan zakat online manfaat hasil pembayaran tersebut bisa disalurkan ke berbagai daerah hingga area yang terpelosok.

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan apabila bersedekah melalui lembaga resmi adalah Anda bisa mendapatkan keringanan bayar pajak penghasilan tahunan. Sebab, nominal zakat yang Anda bayarkan akan terhitung sebagai potongan penghasilan saat nanti pengisian SPT.

Jenis-Jenis Zakat yang Bisa Dibayarkan Online

zakat fitrah online

Pada dasarnya seluruh zakat yang diwajibkan, pembayarannya bisa dilakukan secara online. Untuk zakat fitrah disesuaikan dengan ketentuan dari nisab, yaitu sebesar 2.5 kg dari nilai makan pokok yang dikonsumsi sehari-hari.

Sedangkan, untuk zakat maal atau zakat harta dibayarkan sesuai bila sudah mencapai nisabnya. Untuk menghitung nisab dari zakat maal biasanya sudah disediakan kalkulator nilai zakat harta yang harus dikeluarkan.

Anda cuma perlu mengisi angka yang sesuai dengan harta kepemilikan. Lalu, sistem akan menghitung dan mengeluarkan nilai zakat yang harus Anda bayar.

Cara Praktis Pembayaran Zakat Online

Bayar zakat tidak perlu repot! Ada beberapa pilihan cara untuk Anda melaksanakan ajaran Agama, di antaranya:

1. Transfer ATM antar bank. Yang harus Anda ketahui adalah nomor rekening tujuan untuk melakukan pembayaran. Jangan sampai tertukar, beberapa lembaga zakat menyediakan nomor rekening khusus untuk pembayaran zakat.

2. Gunakan internet banking atau mobile banking. Jika tak sempat ke ATM, Anda bisa melakukan transfer melalui internet banking atau mobile banking. Caranya hampir sama dengan transfer ATM, pastikan rekening tujuan yang sudah ditentukan oleh lembaga atau yayasan pengelola zakat adalah benar.

Baca juga: Cara Mudah Menghitung Bunga Tagihan Kartu Kredit

3. Manfaatkan aplikasi khusus. Beberapa lembaga pengelola zakat sudah melengkapi sistem pembayarannya dengan apps yang bisa Anda download melalui App Store maupun Google Play Store. Pembayaran zakat pun semakin praktis!

4. Bantuan situs crowdfunding atau situs lainnya yang sudah bekerja sama dengan badan zakat. Melalui situs-situs tersebut nantinya hasil pembayaran zakat yang dilakukan akan disetorkan langsung kepada lembaga-lembaga tersebut.

Siapa Saja Lembaga Pengelola Zakat di Indonesia?

1. BAZNAS

Salah satu lembaga resmi yang menyediakan layanan bayar zakat online adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang dikelola oleh Pemerintah Indonesia, dibawah Kementerian Agama Republik Indonesia.

Layanan dari BAZNAS ini cukup menyeluruh karena memiliki berbagai saluaran untuk melakukan pembayaran zakat secara manual maupun melalui sistem online yang bekerja sama dengan berbagai pihak.

Baca juga: 7 Persiapan Mudik Lebaran Lebih Aman

2. Yayasan Dompet Dhuafa

Yayasan ini merupakan sebuah lembaga amal yang dibentuk oleh sebuah perusahaan media di Indonesia yang berfungsi menyalurkan dana zakat dari masyarakat. Layanan yang dimiliki oleh Dompet Dhuafa juga termasuk lengkap. Mulai dari transfer ATM, setor tunai hingga layanan jemput donasi.

3. Rumah Zakat.

Lembaga swasta ini merupakan organisasi nirlaba yang memiliki tujuan untuk mengelola zakat di masyarakat. Untuk layanan pembayaran zakatnya, Rumah Zakat menyediakan layanan host to host payment melalui ATM dan juga online payment gateway.

Setiap dari pengelola zakat tersebut memiliki program masing-masing yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat. Nah, sudah tertarik untuk mulai menggunakan pembayaran zakat secara online?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama