Waspadai 5 Modus yang Sering Ada di ATM Ini!

Penting sekali untuk mengenali modus-modus 5 modus yang sering ada di ATM ini. Sehingga akan membantu Anda mengetahui jika ada sesuatu yang janggal pada ATM yang Anda akan gunakan.

ATM tarik tunai

ATM adalah layanan perbankan paling populer dan banyak sekali digunakan oleh para nasabah bank dalam berbagai kegiatan keuangan. Mesin ATM sudah menjadi bagian dari kesaharian banyak orang untuk mempermudah transaksi perbankan.

Tidak hanya tempat mengambil uang, Automated teller machine atau ATM juga tempat berlangsungnya berbagai macam urusan keuangan, seperti transfer dana, membayar berbagai macam tagihan dan yang paling sering adalah menarik dana tunai.

Semakin besarnya penggunaan ATM oleh sebagian besar masyarakat menimbulkan peluang bagi orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kriminal yang berujung pada kehilangan uang para pengguna. Dan sayangnya belum banyak yang tahu mekanisme dan informasi untuk melindungi diri dari tindakan modus di ATM.

Berbagai modus akan mengintai para penggguna ATM di mana pun berada, karena itu cermati dan waspadai beberapa modus yang kerap dilakukan oleh para pelaku oknum ATM berikut ini:

1. Pengganjalan Mesin ATM

crime in ATM

Modus ini dilakukan oleh beberapa oknum dengan meletakan sesuatu yang tidak mudah terlihat pada slot kartu, ini akan menyebabkan kartu ATM Anda terperangkap di slot tersebut. Pada umumnya, korban akan melakukan sejumlah usaha untuk mengeluarkan kartu tersebut sebelum akhirnya gagal.

Kemudian Jika ATM terletak di luar cabang bank, korban biasanya akan langsung meninggalkan ATM untuk mencari bantuan. Pada saat itulah sang pelaku beraksi, mereka sudah mengawasi Anda saat memasukan pin. Lalu ia akan melepaskan kartu dari perangkap yang dibuat.

Setelah itu memasukkannya lagi berserta PIN yang benar untuk mengambil uang. Atau, ia bisa berpura-pura membantu korban dengan mengeluarkan kartu dan menyuruh Anda untuk mencoba memasukkannya lagi sambil mengecek PIN. Disaat ini, ia akan mengingat-ingat PIN Anda.

2. Skimming

Modus ini tergolong canggih karena menggunakan sejumlah peralatan, seperti alat pemindai magnetik yang disebut skimmer, dudukan slok kartu di mesin ATM, serta kamera. Alat ini bisa dipasang disamping slot kartu atau bahkan diatasnya. Satu alat bisa menyimpan data dari ratusan kartu dan si pelaku akan baru melepasnya jika sudah penuh.

Ketika Anda sedang bertransaksi, secara otomatis data yang dimiliki tercatat melalui alat pindai tersebut. Pelaku bisa dengan mudah mengakses data ATM korbannya. Data itu kemudian dimasukan ke dalam kartu palsu dan kemudian digunakan untuk bertransaksi.

Baca juga: Kemudahan Transaksi dengan Menggunakan EDC

3. Penukaran Uang

money changer fraud

Modus ini digunakan pelaku dengan berpura-pura memerlukan bantuan kepada Anda. Pelaku akan memohon kepada Anda untuk mentransfer sejumlah uang ke sebuah rekening. Sebagai gantinya, pelaku menyerahkan uang tunai kepada Anda sebagai pengganti dengan nominal yang sama.

Namun, uang tunai yang digunakan ternyata adalah uang palsu. Bahkan ada beberapa kasus yang dilakukan oleh sindikat tertentu yang menyasar orang-orang yang sudah dewasa atau tua dan terlihat mapan.

4. Nomor Call Center Palsu

Modus semacam ini juga sering terjadi, pelaku menempelkan selebaran informasi berupa nomor panggilan darurat atau call center kepada nasabah bank. Pelaku terlebih dulu memastikan jika ATM dalam kondisi rusak atau sengaja dibuat rusak.

Kondisi tersebut bisa membuat kartu ATM korban tertahan di dalam mesin. Ketika korban panik maka yang akan dilakukan adalah langsung menghubungi call center palsu. Pelaku kemudian mengarahkan korban untuk melakukan perintahnya.

5. Pemasangan keypad palsu

faux keypad atm

Ini juga merupakan modus yang sering dilakukan oleh para pelaku. Dengan memasang keypad palsu di atas keypad yang asli, maka pelaku dapat merekam PIN yang telah dimasukkan oleh korban saat melakukan transaksi di ATM.

Saat ini modus seperti ini sudah semakin beragam, dan bisa menyasar siapa saja. Termasuk ketika Anda mengambil uang di ATM, yang seharusnya berjalan dengan aman berkat perlindungan dari pihak bank. Jadi, tingkatkan kehati-hatian Anda, jangan sampai menjadi korban yang selanjutnya.

Baca juga: Mengenal Rekening Bersama Dalam Bertransaksi Online

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama