Waspada Serangan 'Vampir Elektronik' di Rumah Anda

Hati-hati ketika Anda terlelap ancaman 'vampir elektronik' menghantui tagihan listrik setiap bulannya. Ketahui siapa saja yang berperan menyedot energi dari barang elektronik di rumah.

'Vampir Elektronik' atau sebutan lain dari alat-alat elektronik yang sering kali menyedot energi listrik cukup besar walaupun tidak terpakai. Siapa sangka, ketika Anda tertidur pulas di malah hari, berbagai barang elektronik menyedot konsumsi listrik, padahal Anda sudah yakin mematikannya.

alat elektronik antik

Seperti dikutip oleh Brightnest, Department of Energy di Amerika Serikat, menyatakan sebagian penduduk Amerika menghabiskan empat miliar dollar AS per tahun karena ulah 'vampir elektornik'.

Siagakan Barang Elektronik di Rumah Anda

Dari konsumsi tersebut akan berkontribusi pada tagihan listrik di akhir bulan, jadi pastikan barang-barang berikut ini sudah padam sebelum Anda terlelap!

1. Elektronik dengan Remote Control

Barang pertama yang harus Anda jaga dari serangan vampir elektronik adalah barang-barang yang memiliki remote control. Setiap barang elektronik yang dilengkapi dengan remote control, memiliki alat khusus yang terus menunggu dan siap merespons jika salah satu tombolnya ditekan.

Menurut Brightnest, dari jenis barang-barang dengan remote control, TV plasma adalah barang elektronik paling banyak mengonsumsi energi. Penggunaan tenaga listrik untuk mode standby saja menghabiskan 165 dollar AS setiap tahun. Ini berarti meskipun dipadamkan, Anda masih harus membayar sejumlah uang.

Oleh karena itu, Anda perlu mematikan alat-alat tersebut dengan tombol yang ada pada alat elektronik (misalnya televisi, radio, atau decoder), bukan dari remote control-nya.

lampu hemat energi

2. Matikan Tombol Stop Kontak

Kemudian untuk yang kedua, jika Anda memiliki stop kontak dengan banyak lubang yang terhubung dengan beberapa alat lainnya pastikan Anda menggunakan jenis stop kontak yang memiliki tombal padam atau power strip. Jadi Hanya sekali tekan, Anda bisa memadamkan semua alat elektronik yang terhubung padanya.

3. Lepaskan Charger Ketika Selesai Pakai

Ketiga adalah charger, alat ini juga menjadi salah satu ‘vampir elektronik’ yang sering kali luput dari perhatian Anda. Lepaskan charger setelah selesai mengisi baterai alat elektronik. Sebisa mungkin Anda mengisi barang seperti baterai telepon genggam, tablet, atau kamera beberapa jam sebelum tidur.

Dengan cara inilah, ketika Anda ingin beristirahat, proses pengisian baterai sudah selesai. Sehingga Anda bisa mematikan telepon genggam dan melepaskan charger dari stop kontak selama tidur. Anda mungkin saja lupa ketika men-charger smartphone sambil tidur, dan tetap terhubung hingga pagi.

pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair

4. Jangan Lupakan Alat Dapur

Tidak hanya sampai sampai di situ saja, dapur Anda memiliki barang elektronik, Anda mungkin saja malas mematikannya ketika ingin tidur. Seperti microwave dan coffee maker gunakan teknologi energy-saving outlet switches untuk alat-alat dapur tersebut.

Teknologi ini mampu membuat Anda mematikan alat-alat elektronik, tetapi seolah membuatnya tetap berada dalam posisi stand by. Jadi ketika ingin dinyalakan, waktunya akan kembali berjalan seperti biasa.. Meski relatif mahal, alat ini akan membantu hemat energi.

mesin fotokopi hemat listrik

5. Printer dan Perangkat Multi Fungsi

Vampir elektronik tersembunyi juga biasa ditemukan pada alat seperti printer dan perangkat multifungsi. Produk lama biasanya 20 watt – agar dapat segera mencetak dan menerima fax. Namun ada model barang yang membutuhkan koneksi jaringan dan menghisap 5 watt pada sleep mode.

Alat tersebut bisa menghabiskan sekitar Rp190 ribuan per tahun, dan biayanya bisa dua kali lipat bila berada pada standby mode. Untuk printer jaringan dan perangkat multi fungsi, disarankan untuk memperpendek waktu standby dan sleep mode melalui setting.

Nah, jadi sekarang Anda sudah tahu apa saja yang perlu dilakukan agar tak rugi tersedot  'vampir elektronik'. Tidak ada lagi protes ketika tagihan listrik tiba-tiba saja naik, Anda pun bisa mengontrol anggaran untuk biaya listrik hanya dalam satu kemudahan.

Mudah Bayar tagihan Listrik dengan Kartu Kredit

Dengan menggunakan kartu kredit Anda bisa menjadikan setiap tagihan listrik bulanan dalam satu tagihan. Anda pun bisa juga menggabungkan dengan berbagai tagihan rutin lainnya seperti air, internet dan telepon.

Beberapa kartu kredit biasanya menyediakan fitur ini untuk memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah Kartu Kredit Citibank Cash Back Visa Platinum, melalui fitur Citibank 1 Bill akses pembayaran pembayaran kebutuhan rumah tangga Anda seperti listrik, telepon, TV kabel, dan internet, dapat dibayarkan.

Lalu ada juga Citibank Isi Pulsa dimana Anda dapat mengisi pulsa secara online melalui ponsel Anda, dan Citibank Online yang selalu memberikan informasi mengenai tagihan-tagihan yang Anda miliki dan informasi umum.

Kemudahan transaksi dihadirkan di mana saja, dan Anda bisa mengaksesnya secara cepat. Jika tertarik untuk medapatkan satu kemudahan Anda bisa mengajukan kartu kredit secara online melalui KreditGoGo, dapatkan bonus High Fashion OLED Smart Watch ketika kartu kredit disetujui!

Baca juga:
Trik Jitu Hindari Pemborosan Listrik Prabayar
Gunakan AC Hemat Listrik Agar Tagihan Tak Membengkak

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama