UMP Meningkat, Waktunya Rintis Usaha

Upah buruh meningkat di 34 provinsi. Artinya, daya beli masyarakat meningkat dan cukup menjadi alasan untuk merintis usaha yang pas dikembangkan di daerah-daerah menjanjikan.

Upah Minimum Provinsi (UMP) meningkat di 34 provinsi. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menyebut, kenaikan upah pada tahun 2017 sebesar 8,25% ditetapkan berdasarkan asumsi inflasi 3,07% dan pertumbuhan ekonomi tahun 2017 sebesar 5,18%.

ilustrasi uang

UMP 2017 akan resmi berlaku per 1 Januari mendatang. Provinsi DKI Jakarta masih tercatat sebagai provinsi dengan UMP tertinggi yakni Rp3.355.750, naik Rp255.750 dibandingkan upah tahun 2016. Posisi berikutnya ditempati Papua pada angka Rp2.663.646, naik Rp228.646.

Sementara provinsi dengan UMP paling rendah dari 34 provinsi adalah Yogyakarta dengan rincian UMP 2016 sebesar Rp1.237.700 menjadi Rp1.337.645 pada 2017. Di atasnya, Jawa Tengah berada di posisi ke-33 dengan angka Rp1.265.000 menjadi Rp1.367.000.

Penetapan UMP 2017 pada 34 provinsi tersebut bisa dijadikan pertimbangan sebagai waktu yang tepat merintis usaha. Dengan kenaikan tersebut berarti daya beli masyarakat ikut meningkat. Atau, bisa juga melihat UMP sebagai tolok ukur menentukan daerah-daerah mana yang cukup representatif untuk membuka usaha.

Bagi para pengusaha, UMP tentu jadi pertimbangan khusus untuk menghitung modal yang dibutuhkan jika ingin melebarkan sayap di sebuah daerah. Apalagi bagi para pengusaha pemula yang ingin merintis usaha di sebuah daerah.

daftar ump 2016-2017

Prospek Bisnis Layak Dilirik

bisnis kue cubit

Jika masih bingung usaha apa ingin dikembangkan, barangkali rekomendasi Diplomat Success Challenge yang digagas Wismilak Diplomat dan Wismilak Foundation ini pantas dipertimbangkan. Dikatakan, generasi muda pada kisaran usia 20 – 45 tahun saat ini berlomba menjadi wirausaha.

Lantas bidang usaha apa saja yang menjanjikan, terutama usaha yang banyak diincar para calon pebisnis pemula? Jawabannya ternyata kuliner. Bisnis kuliner masih menempati urutan teratas bidang usaha yang diincar dan menjanjikan bagi para pebisnis pemula. Selain kuliner, industri kreatif juga cukup banyak menarik peminat.

Fakta ini seperti gayung bersambut dengan himbauan Presiden Joko Widodo untuk berinvestasi di tempat-tempat wisata. Hal ini disampaikan Jokowi saat berbicara di depan 400 CEO dunia pada acara Forbes Global CEO Conference 2016.

'Indonesia memiliki ribuan lokasi indah seperti Bali, Raja Ampat di Papua, Mandalika di NTB, dan Pulau Komodo di NTT. Anda mungkin ingin membeli properti di daerah sana, ayo beli sebelum harganya naik,' ajak Jokowi dalam forum tersebut.

Bukan rahasia lagi jika wisata selama ini bersahabat karib dengan kuliner. Saat sebuah destinasi wisata banjir pengunjung, saat itu juga kuliner setempat ikut berjaya.

Seperti disebutkan Esthy Reko Astuti, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara pada Kementerian Pariwisata, daya tarik kuliner mencapai 30 hingga 50% dan menyerap tenaga kerja hingga 30%. Data menunjukkan, hampir 50% wisatawan menghabiskan waktu dan budget untuk wisata kuliner.

Kartu Kredit Harga Mati

kartu kredit bisnis

Bagi para pebisnis, terutama pebisnis pemula, piranti finansial seperti kartu kredit adalah harga mati. Bagaimana bisa berdaya mengembangkan bisnis jika tak melengkapi diri dengan piranti ini.

Contoh paling mendasar, jika Anda ingin mengajukan kredit, kelengkapan mesin uang plastik ini jadi syarat pertama. Kartu sakti ini jadi indikator seberapa berdaya Anda untuk mengajukan kredit. Ingat, jika kuliner adalah sahabat karib destinasi wisata, maka kartu kredit adalah soulmate pengusaha.

Anda mengaku pengusaha atau ingin merintis usaha namun belum punya kartu kredit? Segera ajukan aplikasi online ke KreditGoGo dan nikmati bonus yang akan menambah gairah usaha Anda.

Produk KTA bersahabat

Jika Anda pemilik kartu kredit dengan proven track record, jangan sangsi mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan (KTA) pada lembaga yang juga sudah teruji untuk merintis atau mengembangkan usaha. Standard Chartered Bank KTA misalnya.

Produk ini tercatat sebagai produk KTA yang sangat bersahabat. Tak hanya memiliki kemudahan dalam pengajuan namun juga hadir denga bunga ringan. Bahkan, dengan cicilan tetap yang tidak memberatkan dengan waktu pelunasan yang fleksibel.

Yang menarik lagi, dana pinjaman yang diajukan cair tiga hari jika aplikasi Anda disetujui. Artinya, setelah itu Anda bisa segera tancap gas mengembangkan usaha atau merintis usaha yang menjanjikan. Nah, tunggu apalagi? Sambut hadirnya tahun 2017 dengan keputusan tepat dan jadilah juara!

#UpahUMP

Baca juga:
Lancar Kelola Dana Bisnis UKM
Gurihnya Bisnis Agen Travel Online

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama