Tips Penting Antisipasi Arus Balik Lebaran 2016

Diperkirakan arus balik Lebaran terjadi pada Sabtu dan Minggu (9-10 Juli) mengingat Senin (11/7) para karyawan harus bekerja kembali. Apa saja yang perlu dipersiapkan agar arus balik lancar?

Bayangan kemacetan saat arus balik bisa jadi menghantui para pemudik. Maklum sajasaat mudik kemarin perjalanan terganggu macet parah terutama di pintu keluar Brebes Timur exit atau yang dikenal dengan istilah Brexit.

Mencoba Tol Baru

Menanggapi kemacetan panjang yang terjadi saat puncak arus mudik beberapa hari lalu, menurut Jonan Ignasius, Menteri Perhubungan, terjadi karena pemudik ingin mencoba menggunakan tol yang baru dan keluar di pintu tol Brebes Timur (Brexit).

"Saya perkirakan Sabtu dan Minggu (9-10/7) terjadi arus balik dan semoga tidak macet parah. Akan ada 4 pintu yang akan menjadi lokasi penumpukan kendaraan saat puncak arus balik nanti. Salah satunya adalah pintu tol Cikarang Utama di KM 29 Tol Jakarta-Cikampek, pintu masuk tol Pasteur di Bandung, pintu tol Karang Tengah, dan pintu Tol Cimanggis, Depok," ujar Jonan.

Dia pun meminta pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berupaya lebih keras lagi untuk mencegah kemacetan parah tak terjadi saat puncak arus balik nanti.

Rekayasa Lalu Lintas & Bebas Tol

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Inspektur Jenderal Puji Hartanto Iskandar, mengantisipasi kemacetan di ruas jalur Cikarang Utama akan menjadi titik pertemuan kendaraan. "Arus balik konsentrasi ujungnya di Cikarang Utama. Sebelum Cikarang Utama, banyak jalur yang bisa dialihkan dari mulai Karawang Timur dan Karawang Barat," ujarnya.

Arus balik Lebaran 2016 akan diberlakukan rekayasa lalu lintas pada Km 61-41. Ini dikarenakan penumpukan kendaraan biasa terjadi pada tempat istirahat (TIP) Km 62. Untuk itu akan dilakukan rekayasa lalu lintas, selain itu juga peralihan ke Bekasi Barat guna mengurai kemacetan.

"Sedangkan strategi PT Jasa Marga (Persero) dalam mencegah kemacetan di ruas tol Cikampek saat arus balik pada Lebaran 2016, adalah membebaskan pungutan tol pada gerbang Cikarang Utama. Pembebasan pungutan tol ini agar tidak terjadi antrean panjang kendaraan yang ingin membayar tol seperti yang terjadi pada arus mudik," jelas Adityawarman, direktur utama Jasa Marga.

Tips agar perjalanan arus balik lancar:

Untuk antipasti arus balik kali ini, baik dari Kemenhub, PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol, serta Korps Lalu Lintas memberikan beberapa tip:

- Persiapkan kondisi fisik apalagi jika harus menempuh jarak yang cukup jauh. Bawalah obat-obatan atau vitamin yang mungkin diperlukan, serta makan dan istirahat yang cukup. 

- Pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik dan laik jalan. Jika menggunakan bus, pastikan pada kaca depan bus terdapat stiker lulus uji keselamatan dari Kemenhub. Kalau menggunakan kendaraan pribadi, pastikan mesin dalam kondisi prima dan tanki bensin sudah diisi penuh.- Rencanakan perjalanan dengan baik. Pastikan Anda tahu rute perjalanan yang akan diambil serta kondisi rute tersebut.

- Untuk pengendara mobil pribadi, sebaiknya siapkan kartu bayar elektronik untuk mempersingkat waktu transaksi.

- Untuk pengendara sepeda motor, hindari perjalanan malam hari karena dapat membahayakan keselamatan dan keamanan Anda. Terakhir, patuhi selalu peraturan lalu lintas demi keselamatan.

- Pengemudi juga diminta untuk lebih sigap dalam mengatasi kemacetan di antaranya menyiapkan makanan kecil dan mengisi bahan bakar kendaraan secukupnya, jangan sampai kehabisan.

- Pengemudi juga diimbau untuk tidak berlama-lama bila berhenti pada TIP, agar pengendara kendaraan lain juga dapat memanfaatkannya.

- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyarankan pemudik juga memilih menggunakan Jalur Selatan selain Tol Brebes Timur-Cipali saat arus balik Lebaran 2016. Hal tersebut untuk mencegah kemacetan parah seperti yang terjadi saat arus mudik Lebaran.


- Mohon tidak hanya menggunakan Jalan Tol Cipali, tetapi juga gunakan jalan lain, termasuk jalur selatan melalui Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Nagrek, dan Bandung, termasuk juga jalur Pantura yang lama.

Baca juga :

6 Fakta Menarik Mudik Lebaran 2016

Ini 5 Tempat Tradisi Lebaran Unik dan Berbeda

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama